Sumpia Abon

sumpia isi abon
sumpia abon
Posting resep mudah juga kali ini, resep sumpia abon. Cemilan yang murah meriah, cepat dan praktis pula. Nah kalau penggemar snack gurih tentu tidak asing kan dengan cemilan satu ini. Saya termasuk penggemar sumpia ini. 

Dulu suka beli, tetapi sudah lama sekali tidak pernah beli lagi. Hmmmm ketika buat kerupuk spring roll ada ide untuk membuat sumpia ini. Kebetulan ada stok abon ikan tuna. Tada...dengan sedikit proses jadilah sumpia abon ini.

Kalau beli sih isinya bukan abon ya..isinya udang kering yang ada rasa manis sedikit. Tetapi dengan abon sudah lumayan deh rasanya. Untuk kulitnya sendiri saya gunakan kulit popiah atau spring roll pastry siap pakai. Tetapi kali ini saya gunakan ukuran yang besar yaitu 20cmx20cm. Hanya 1 lembar kulit tersebut saya bagi lagi menjadi 4 bagian.

Kulit popiah/spring roll ini biasa kita temui di swalayan ya, di bagian makanan beku, nah biasa ada berbagai merk dan biasa ada 2 ukuran, satu yang kecil dan satu lagi yang besar. Nah yang belum punya gambaran kulit popiah/spring roll itu, bisa lihat bentuk kemasannya di bayam lasagna cup ya...resep ini saya gunakan juga kulit popiah/spring roll.

Nah untuk membentuk sumpia abon ini pada dasarnya sama saja dengan membentuk lumpia ya, lipat bentuk amplop. Kemudian tinggal digulung saja, kemudian ujungnya rekatkan dengan larutan tepung (bisa tepung terigu, tapioka ataupun maizena).

Okey, sekarang lanjut ke resep, silakan....

Sumpia Abon
untuk 32 buah sumpia
Bahan :
  • 8 lembar kulit spring roll ukuran 20cmx20cm
  • abon secukupnya (abon ikan/abon ayam/abon daging sapi)
  • 1 sendok makan tepung tapioka larutkan dengan 50 ml air
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Potong-potong 1 lembar kulit spring roll menjadi 4 bagian sama besar menjadi ukuran kurang lebih 10cmx10cm, lakukan semua hingga menjadi 32 lembar
  2. Ambil satu lembar kulit spring roll, isi dengan 1/2 sendok teh abon, lipat bentuk amplop, gulung, kemudian rekatkan dengan larutan tepung dengan menggunakan kuas sambil sedikit ditekan supaya benar-benar merekat
  3. Lakukan sampai habis
  4. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil supaya benar-benar garing sampai ke bagian dalam sumpia
  5. Goreng sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan
  6. Dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara

Nah mudah kan resep sumpia abon ini, selamat mencoba...semoga sesuai dengan selera.... 

NewerStories OlderStories Home

4 comments:

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.