Ayam Goreng Tepung Krispi

ayam goreng tepung kfc
ayam goreng tepung krispi
Ini ceritanya demo masak dari bogasari dengan sponsor panci/penggorengan merk mcc, nah resep yang dipraktekkan adalah ayam goreng tepung krispi, atau kalau ibu-ibu komplek bilangnya ayam goreng kfc. Nah saya lihat menu-menunya ada aneka cake, ayam goreng kremes, ayam coca cola. Nah karena ibu-ibu komplek rata-rata minta ayam goreng tepung, ya sudah jadi menu seragam, ayam goreng tepung kfc.

Jadi mereka random ke beberapa rumah, satu orang satu rumah...nah kebetulan yang ke rumah saya adalah mas Ricky, kalau Sophie bilang oom..Wah dapat ilmu baru nih...membuat ayam goreng tepung yang bumbunya meresap sampai ke dagingnya, tepungnya renyah dan ayamnya matang sampai ke dalam. Dan tanpa perlu tambahan kaldu bubuk/penyedap..ternyata bisa enak juga.

Tentu saja dengan bumbu bawang putih yang lumayan banyak. Wah kalau ditambah kaldu bubuk ya pasti enak sekali. Nih cocok buat yang mau jualan. Si oom Ricky sih tanya dulu, mba biasa pakai ma**ko tidak? hmmm saya bilang tidak..ok..kalau begitu kita sesuaikan saja garamnya ya...nah pas sekali kalau begini.

ayam goreng tepung kriuk
ayam goreng tepung kfc
Jadi bumbunya hanya bawang putih, kemiri, sedikit kunyit, garam, merica. Bahan lainnya telur, tepung dan air es. Jadi tanpa baking powder ataupun baking soda. Nah si oom bilang kalau pengembang alaminya hanya air es. Ayam goreng tepung akan krispi syaratnya adalah tangan harus kering, sehingga tepung tidak bantat. Jadi ketika digoreng tepung akan mekar. Nah ketika mencelupkan ke air es, sebentar saja, asal basah dan tidak berulang, jadi celup lalu angkat.

Selain itu supaya tepung mekar, maka ketika digoreng ayam harus terendam minyak semua. Jika ada yang tidak terendam maka tepung tidak akan mekar. Nah kalau sudah terendam minyak semua, ayam tidak perlu dibalik, nanti akan merata dengan sempurna....nah ini sih kalau menggunakan panci penggorengan mcc ya..he he he..kalau menggunakan penggorengan teflon biasa, tetap saya balik juga...tetapi ya perlahan dan hanya sekali balik, jangan berulang-ulang.

Ketika satu potongan ayam sudah selesai dilumuri tepung, langsung goreng, jangan didiamkan dulu untuk mengerjakan potongan berikutnya. Hal ini supaya tepung tidak sempat basah sehingga akan menyebabkan tepung tidak mekar.

Nih satu lagi yang penting, ketika melumuri ayam dengan tepung, sambil dicubit-cubit dengan penuh perasaan..kalau tidak tepungnya tidak mekar..ha ha ha...nah tambahan lagi..katanya kalau lagi galau ataupun lagi marah sebaiknya tidak membuat ayam goreng tepung ini...hi hi hi..yang ini saya ya hanya bisa tertawa saja...

Untuk 1 kg daging ayam, menggunakan 800 gr tepung terigu serbaguna, dan yang saya gunakan adalah tepung segitiga biru. Ternyata menurut saya ya terlalu banyak deh tepungnya, masih banyak tepung sisa. Lain kali sepertinya cukup hanya 500 gr. 

Supaya bumbu lebih meresap, maka sebaiknya ayam dikerat-kerat dengan pisau tajam. Dan kalau mau meresap lagi, diamkan dulu sekitar 30 menit. Nah karena ini demo masak, maka ayam tidak didiamkan dulu, langsung digoreng. Tetapi tetap enak kok.

Untuk penambahan garam, nih karena si oom sudah terbiasa, jadi dia bisa menyesuaikan garamnya, kan walaupun ada garam halus dengan tekstur halus ataupun tidak begiu halus. Jadi untuk kita yang belum terbiasa, sebaiknya ya tes rasa dulu sebelum ayam digoreng, bisa campur sedikit bumbu rendaman dengan tepung lalu goreng. Nah tinggal disesuaikan deh...karena tingkat keasinan makanan juga kembali ke selera masing-masing ya....

Okey..berikut resepnya .....silakan...

Ayam Goreng Tepung Krispi

Bahan :
  • 1 kg daging ayam, bagi menjadi 10 potong, bisa tanpa kulit ataupun dengan kulit (sebagian saya buang kulitnya)
  • 3 sendok makan air jeruk nipis
  • 800 gr tepung terigu serbaguna
  • 750 ml air es
  • 2 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • minyak yang banyak untuk menggoreng

Bumbu rendaman :
  • 2 bongkol bawang putih, atau sekitar 20 butir
  • 6 butir kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 3 butir telur ukuran sedang

Cara membuat :
  1. Lumuri potongan daging ayam dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 20 menit, bilas lalu kerat-kerat potongan daging ayam
  2. Uleg bawang putih, kunyit serta kemiri (tidak perlu begitu halus), sebaiknya tidak gunakan blender, gunakan batu gilingan saja.
  3. Campur bumbu halus dengan ayam, kemudian tambahkan telur, garam, merica, aduk rata, diamkan selama kurang lebih 30 menit
  4. Siapkan tepung, beri garam dan merica, aduk rata
  5. Ambil satu potongan ayam, masukkan ke dalam tepung, cubit-cubit sehingga tepung menempel, celupkan ke dalam air es, masukkan kembali ke dalam tepung, cubit-cubit kembali hingga tepung menempel dan kelihatan keriting
  6. Goreng dalam minyak yang banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan api sedang-besar, pastikan ayam terendam semua dengan minyak
  7. Goreng hingga kecoklatan, jika merasa perlu dibalik, balik perlahan
  8. Angkat lalu tiriskan
cara membuat ayam goreng kfc
membuat ayam goreng tepung krispi

Nih dibawah foto oom Ricky sedang beraksi, mencubit-cubit ayam dengan penuh perasaan..ha ha ha... terima kasih ya om ilmunya...Sophie senang makan ayam beginian. Nanti sering-sering buat deh emaknya....

ayam gorneg kfc by om Ricky
om Ricky beraksi
Nah semoga resep ayam goreng tepung krispi ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...





NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. bener2 ky ayam kfc ya...mau ah kapan2 coba. Coba ini.itu banyak niatnya aja saya, pelaksanaannya ngga tau deh:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. renyah2 tepungnya sih iya mba..trus dagingnya empuk berbumbu...ayam kfc abal2 ini mba..he he he.. namanya ibu-ibu..ayam goreng tepung begini bilangnya ayam goreng kfc..
      aku juga gitu mba..banyak sekali yang mau dicoba..eh pas yang dicoba malah lain..nah kalau sedang mood mencoba resep, ya bisa 2 atau 3 resep dicoba sekaligus, kalau malas ya beli..he he he...

      Delete
  2. Ya ampun mbak...itu ayam cantik bgt. Kayak ayam kfc beneran. Saya tu masih bingung ya mbak, kalo dicubit2 itu gmn..sialnya slama ini bikin bantat mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Puji,
      he he he iya mba tepungnya mekar gitu ya, waktu buat juga senang deh...
      cubit-cubit itu caranya tekan ringan dengan ujung jari mba supaya tepung menempel..
      semoga berhasil mba next time...asal goreng dengan minyak banyak dan semua bagian ayam terendam minyak bisa menghindari bantat..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.