Resep Kaastengels ala NCC

resep kastengels ncc
Kue kering yang tidak ketinggalan dalam semarak hari raya, apalagi kalau bukan kaastengels atau kastengels ini. Berbagai resep berseliweran, sudah banyak juga yang coba berbagai resep kaastengels, dan jika sudah mencoba beberapa resep tentu sudah dapat resep yang paling disuka.

Pada dasarnya sih kastangels ini bentuknya batangan keju, hanya makin kesini makin banyak modifikasi dan namanya tetap kastengels atau kaas tengels. Seperti yang saya lakukan seperti biasanya, kali ini saya buat yang bentuk bundar saja. Yang mau membaca sedikit tentang kastengels bisa lihat di posting saya terdahulu ya, kastengels.

Nah kalau suka sekali dengan rasa yang ngeju, pastinya lebih enak kalau menggunakan keju edam di adonannya. Kalau menurut saya yang suka keju, saya suka dengan kastengels yang menggunakan keju edam. Tetapi ada juga yang suka tidak terlalu kuat rasa kejunya, maka bisa gunakan keju cheddar saja.

Di resep kastengels yang terdahulu, saya gunakan keju edam, nah kali ini saya gunakan keju cheddar saja. Secara memang tidak ada stok keju edam, dan sedang tidak ada keinginan buat beli keju edam, jadi coba pakai keju cheddar saja. Dan rasanya...tetap enak donk, walaupun rasa kejunya tidak sekuat kalau menggunakan keju edam.

Kalau keju cheddar banyak ya kita temui di pasaran, nah kalau keju edam cukup jarang dan pastinya harganya lebih mahal. Biasanya keju edam itu berbentuk bola dengan bungkusan berwarna merah. Nah dinamakan keju edam ternyata karena pertama kali keju ini dibuat di daerah Holland Utara/Belanda yang bernama Edam.

Di Indonesia sendiri sudah ada sih produk lokal keju edam, harganya lebih murah, hanya saja di Batam sangat jarang ketemu dengan keju ini. Nah daripada pusing dengan urusan keju edam, ya sudah pakai keju cheddar saja.

Oh iya sekedar info, di Batam ada kok toko bahan kue yang menjual keju edam, saya pernah lihat di toko Pak Raden, Batuaji. Ternyata memang penggunaan keju edam sudah cukup meluas ya, sehingga stok keju edam pun ada di toko bahan kue.

Untuk resep kaastengels kali ini saya mau coba yang menggunakan full butter, karena yang terdahulu sudah pernah coba yang campur margarin. Mengenai rasa, kalau menurut saya sih tidak ada perbedaan signifikan. Sama-sama enak.

Resep kaastengels kali ini masih pakai resep dari blognya Mba Nina-Catatan Nina- kaastengels ala NCC setelah sebelumnya coba resep putri salju klasik dari blognya mba Nina. Dengan bahan yang sederhana sudah bisa buat kastengels yang enak. Tengkyu mba....

Okey deh, berikut resepnya ya, silakan....

Kaastengels

Bahan :
  • 300 gr butter 
  • 200 gr keju tua/edam (saya gunakan keju cheddar)
  • 400 gr tepung terigu (saya gunakan tepung terigu protein rendah/kunci biru dan diayak terlebih dahulu)
  • 2 sendok makan susu bubuk (saya ganti dengan maizena)
  • 2 kuning telur

Olesan :
  • 2 kuning telur, kocok lepas (saya tambahkan 1/4 sendok teh madu)
  • keju cheddar parut secukupnya 

Cara membuat :
  1. Kocok butter dan kuning telur sebentar saja kurang lebih 1 menit dengan mixer kecepatan rendah, matikan mixer
  2. Masukkan keju, aduk rata dengan spatula atau sendok kayu
  3. Kemudian masukkan tepung terigu dan susu bubuk/maizena, aduk rata kembali dengan spatula/sendok kayu
  4. Ambil adonan secukupnya, letakkan di atas plastik wrap, timpa kembali dengan plastik wrap, gilas adonan dengan ketebalan kurang lebih 4-5mm, cetak adonan dengan cookie cutter sesuai dengan selera
  5. Letakkan di atas loyang beralas kertas baking/kertas roti
  6. Lakukan hingga semua adonan habis
  7. Olesi permukaan dengan kuning telur dan taburi dengan keju parut
  8. Panggang di oven dengan suhu 120-130 derajat celcius sampai berwarna coklat keemasan (saya panggang dengan oven suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 15-20 menit) - sesuaikan dengan oven masing-masing
  9. Keluarkan dari oven, dinginkan, setelah dingin masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara
resep kastengels ncc
resep kaastengels ala ncc

Nah semoga resep kaastengels/kastengels ala NCC ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...
NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Pasti ngeri banget.Mau,mbak Monic.Tahun ini ga bikin Kastengel;-))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok ga buat kastengels? sudah kebanyakan buat cookies yang lain ya...he he

      Delete
  2. Aakkkkk mauuuu nyobaaaa... Kalau g pake margarin cuma mantega gitu enak g . Dulu pas mpasi pake butter soalna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mba Echa dicoba...justru ga pake margarin enak mba, full butter/mentega lebih mantap rasanya...tentu bagi penyuka butter ya, resep yang ini pake butter semua kok mba

      Delete
  3. salah satu kue favorit pas lagi lebaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kue ini memang favorit ya.. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  4. wahh mau coba kaya nya enak bgt tuh bhan2 nya mudah d dpet lg jd gausah beli kastangel yg mahal2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, mudahnya buat kukis sendiri, bahan mudah dan murah tapi rasanya sesuai selera, daripada beli mahal-mahal

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.