Roti Tanpa Diuleni (LAGI) dengan Buah Kering Campur

resep roti tanpa diuleni sangjin ko
Masih tentang obsesi saya membuat aneka roti dengan adonan dasar roti tanpa diuleni metode Sangjin Ko, nah kali ini buat roti dengan aneka buah kering campur. Ide buat roti ini sih ketika nonton acaranya Anna Olson - baked with Anna Olson di Asian Food Channel.

Ketinggalan dengan resep dasar adonan rotinya, hanya lihat cara dia membentuk rotinya dan tentunya menggunakan buah kering juga. Ternyata mudah juga membuatnya dan hasilnya juga cantik, jadilah latah ingin coba buat juga. Sedikit beda di olesan rotinya, saya pakai yang mudah dan biasa saja deh, pakai kuning telur, susu cair dan madu. Taburi gula pasir, sedangkan Anna Olson taburi dengan brown sugar kristal.

Seperti biasa ya, roti tanpa diuleni ini walaupun tanpa telur tetapi jangan kuatir, rotinya tetap empuk lembut. Jadi kalau mau coba tentu tidak akan menyesal deh, malah mungkin jadi ikutan seperti saya yang kegandrungan dengan resep roti tanpa ulen ini.

Nah kalau lihat postingan saya, sudah cukup banyak deh resep roti tanpa ulen ini, jadi yang mau intip-intip resepnya silakan lihat saja di kategori roti ya. 

Okey deh sekarang langsung ke resep saja ya, silakan...

Roti dengan Buah Kering Campur

Bahan roti : 
  • 220 ml susu cair hangat (pastikan tidak panas karena kalau panas ragi akan mati)
  • 2 sendok makan gula pasir butiran halus
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan
  • 2 1/3 cup tepung terigu protein tinggi
  • 1/3 cup tepung terigu protein rendah
  • 2 sendok makan gula pasir butiran halus
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan mentega/margarin, dilelehkan

Bahan isian :
  • 100 gr buah kering campur (bisa beli di toko bahan kue)

Bahan olesan :
  • 1 kuning telur
  • 1/4 sendok teh madu
  • 1 sendok teh susu cair

Bahan taburan :
  • gula pasir secukupnya

Cara membuat :
  1. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur susu cair dan gula pasir, aduk sebentar sampai gula pasir sedikit larut, tambahkan ragi instan, aduk rata dan biarkan selama kurang lebih 5-10 menit sampai ragi berbusa
  2. Di mangkuk yang lain campur tepung terigu, gula dan garam, aduk dengan sendok saja
  3. Ketika larutan susu ragi sudah berbusa, masukkan campuran tepung ke dalam larutan susu ragi, aduk rata dengan sendok kayu
  4. Masukkan margarin cair, aduk rata dengan sendok kayu kembali, kemudian dengan tangan aduk adonan hingga rata kurang lebih selama 1 menit sampai benar-benar tercampur
    membuat roti sangjin ko
    adonan roti sangjin ko
  5. Bulatkan adonan, tutup mangkuk dengan plastik wrap, diamkan selama 20 menit
  6. Setelah 20 menit adonan akan mengembang, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan, diamkan kembali selama 20 menit
  7. Setelah 20 menit kempiskan adonan kembali dan bulatkan, diamkan lagi selama 20 menit, kempiskan adonan, siap dibentuk
    roti tanpa telur
  8. Ambil adonan, letakkan di meja atau alas bertabur tepung tipis, gilas adonan membentuk persegi panjang dengan ketebalan kurang lebih 5mm
  9. Taburi setengah bagian dengan buah kering, lipat adonan menutupi buah kering, gilas lagi perlahan hingga buah kering menempel pada adonan roti
  10. Rapikan tepi adonan, dengan cara memotongnya sedikit saja
  11. Potong adonan menjadi 2 bagian memanjang, kemudian bagi lagi menjadi 6 bagian sehingga total ada 12 bagian
  12. Ambil satu bagian, iris bagian tengah dengan menggunakan pisau tanpa putus, kemudian satu sisi diputar dengan cara dimasukkan ke bagian tengah dan dikeluarkan lagi sehingga kelihatan terpuntir
  13. Letakkan di loyang beralas kertas roti, lakukan untuk semua bagian
    cara membuat roti buah kering
    cara membentuk roti buah kering
  14. Biarkan mengembang lagi selama kurang lebih 20 - 30 menit
  15. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  16. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, taburi dengan gula pasir
  17. Panggang selama kurang lebih 12-15 menit sampai permukaan roti kecoklatan
  18. Keluarkan dari oven dan dinginkan

resep roti tanpa diuleni dan tanpa telur
roti buah kering campur

Nah semoga resep roti tanpa diuleni dan tanpa telur  dengan buah kering ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya....
NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Cantik banget,mbak Monic.Hebat euy....selalu semangat posting resep.Dua bulan ini aku malas posting,mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he makasih mba Yuyu....iya ini sih sebenernya menyemangati diri sendiri buat rajin posting, kadang-kadang ya males juga neh...
      Ayo mba Yuyu..semangat.. ditunggu postingannya...itu resep kacang disko mana? he he he...

      Delete
  2. wuiiii....bikin ngiler bener ini apalagi udah lama nggak ngeroti. Lagi kumat malesnya nih hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rina mah walaupun ga ngeroti tapi masak rajin banget...he he he...

      Delete
  3. Mba Monica, aku pengen coba ah roti tanpa ulen ini, secaraaa paling males kalo suruh nguleni hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sama..paling males kalau mesti nguleni, kerasa banget beratnya walaupun cuma buat sedikit...
      sejak ketemu dan coba resep roti tanpa ulen ini jadi suka deh, he he he..iya kudu nyoba biar ga penasaran, siapa tau suka dengan hasilnya...

      Delete
  4. lama-lama berkunjung di blog ini jadi ngiler gan...jadi laper liat gambar rotinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung mas, silakan dicoba resepnya... sukses selalu ya dengan usaha oven gasnya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.