Ekado Ala-Ala

resep ekado kulit popiah mudah

Membuat ekado ala-ala nih, secara kalau dari bakunya ekado ya tidak begini kan...yang saya buat adalah ekado dengan menggunakan kulit popiah dan bukan dengan kembang tahu. Nah dulu sih pernah buat juga hanya tanpa telur puyuh, kali ini walaupun tetap dengan kulit popiah tetapi ada telur puyuhnya.

Kalau bicara ekado, salah satu makanan yang ada di resto jepang Hoka Hoka Bento atau biasa disingkat hokben. Wah terus terang nih selama ini saya baru 3 kali makan di hokben. Dua kali ditraktir dan sekali mentraktir, he he he.

Biasa ya waktu pertama kali ke Bandung, banyak sekali kata-kata wow keluar dari mulut saya, biasa ya orang Palembang yang jarang-jarang keluar rumah juga, eh tiba di Bandung, banyak sekali yang dilihat. Jadi karena tinggal di Dago dan tempat yang sering dikunjungi adalah jalan Merdeka, di mana ada yang namanya BIP (Bandung Indah Plaza), kemudian ada yang mencuri perhatian, Hoka-hoka Bento, dari gambarnya di muka sudah tahulah ya kalau itu resto Jepang. Ada juga Hanamasa, sampai saat ini belum kesampaian makan di sana, he he he..

Belum lagi, bakery yang terkenal dengan nama sus merdeka, hmmm kalau beli satu atau dua masih sanggup. Dan memang kue sus merdeka ini enak, hanya vlanya saya kurang begitu suka, terlalu tajam rasanya.

Yang namanya masih mahasiswa dengan uang bulanan pas-pas-an ya mana mungkin donk ya bisa makan di hokben. Jadi hanya bisa melihat saja orang yang keluar masuk hokben, sambil mupeng begitu...ngeces..ha ha ha...

Aih akhirnya pucuk dicinta ulam tiba, adalah salah seorang saudara teman satu rumah saya yang datang ke Bandung, nah si saudara ini masih lajang dan statusnya adalah karyawan. Uhuy...jadilah saya ketimpa rejeki diajak makan bareng di hokben, yipi...bahagia tidak terkira, akhirnya walaupun tidak dengan uang sendiri saya bisa juga masuk ke hokben ini.

Dan akhirnya saya mencicipi juga tuh menu hokben yang sebelumnya tidak terbayangkan di lidah saya, dan ternyata menu hokben itu kebanyakan gorengan..he he he dan gorengannya enak, tapi saya tidak ingat apa saja yang saya makan waktu itu, hanya tentu saja saya keluar dari hokben dengan senyum sumringah, he he he...

Pindah ke Surabaya, ada teman kuliah yang cukup dekat dan suka mengajak makan, ha ha ha, secara dia kuliah sambil kerja, jadi ada uang buat traktir-traktir, tapi sayang tidak ada hokben, kan lumayan ya kalau ada hokben.
Nah ceritanya ke Bekasi, ketemu deh dengan teman kuliah dulu di Bandung, dia tahu status saya yang bukan pekerja lagi, jadi diajak makan deh di hokben, akhirnya...ditraktir lagi, he he he..

Eh ternyata di Batam tidak ada yang namanya Hoka Hoka Bento, jadi dengan gaji yang cukup kalau hanya untuk makan di hokben, tetapi bagaimana mau makan di hokben orang tidak ada. Hmmm suatu saat ke Jakarta dan untuk memuaskan rasa penasaran akhirnya saya mengajak saudara sepupu saya makan di hokben, dan ternyata yang saya rasakan adalah makanannya biasa saja.

Entah karena mengalami penurunan rasa, ataupun karena saya membeli dengan uang sendiri tetapi kesan enaknya yang luar biasa tidak ada, wakakak...atau jangan-jangan saya ini baru menikmati rasa kalau gratisan, ha ha ha...

Di Batam sendiri, sampai sekarang hokben tidak pernah muncul, wendys, dunkin donuts tidak pernah ada. Nah yang namanya Mc Donald saja hanya 1, tetapi jangan ditanya kalau yang namanya KFC, bertebaran di mana-mana.

Jadi peluang bisnis yang mantap setelah melihat pasaran batam, memang KFC layak deh diperhitungkan, orang Batam suka sekali dengan KFC. Dan walaupun buka di pelosok tetap saja laris manis...

Kembali lagi ke resep ekado ala-ala ini, setelah jauh sekali cerita kemana-mana, resep ini sih mirip dengan resep ekado yang pernah saya buat sebelumnya, kali ini bukan dengan daging sapi dan daging ayam tetapi dengan daging ayam dan udang. 

Untuk kulit popiah sendiri, seperti biasa saya gunakan yang siap pakai. Kulit popiah / spring roll pastry ini bisa dibeli di swalayan di bagian makanan beku. Dengan 2 ukuran, satu yang besar dan kecil. Jika belum digunakan, kulit popiah ini harus disimpan di freezer, begitu juga jika tidak habis, simpan dalam kemasan tertutup dan simpan di freezer.

kulit popiah siap pakai
kulit popiah / spring roll pastry

Nah berikut resep ekado yang mudah dibuat ini ya, silakan...

Ekado dengan kulit popiah

Bahan :
  • 15 lembar kulit popiah ukuran 12.5cm x 12.5cm
  • 15 butir telur puyuh rebus
  • 100 gr udang tanpa kulit tanpa kepala
  • 100 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang
  • 3 sendok makan bawang merah goreng
  • 1 butir telur ukuran sedang, kocok lepas
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Haluskan udang dan daging ayam serta bawang merah goreng (saya gunakan chopper)
  2. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan telur, tepung tapioka, merica bubuk, garam, aduk rata
  3. Ambil sedikit adonan, goreng dan cicipi rasanya
  4. Ambil satu lembar kulit popiah, beri 1 sendok makan adonan isi, tambahkan telur puyuh rebus, tutup adonan dengan cara merapatkan kulit popiah dan menekan-nekannya secara perlahan sehingga kulit tidak membuka
    ekado kulit popiah
    cara membuat ekado
  5. Lakukan hingga selesai
    cara membuat ekado mudah
    membuat ekado
  6. Goreng dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, goreng dengan api sedang hingga matang, kelihatan garing dan kuning kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan

Nah semoga resep ekado ala ala ini bisa tetap bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok ya dengan selera...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. hahaha judulnya ekado ala-ala, kekinian sekali mbak monica..

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... habis bingung buat judulnya, ala-ala aja biar gampang...

      Delete
  2. Kabita ah......mau mbak Monic hehehe

    ReplyDelete
  3. Hallo lagi mba, ini saya vanni. Saya mao comment pake google account, cm lg eror. Hehehe... oya mba, soal chocoball ubi bsk mao saya coba mumpung ada stok ubi yg ga abis2 dri 2hri yg lalu. Oya mba, klo pake oreo bs jg ya? Krim nya ikut apa cm biskuit oreonya saja.
    Nah, skrg b'alih k ekado bsk jg saya mao buat mba. Cm yg mao saya tanyakan bedanya kulit lumpia sama kulit pangsit apa ya mba? Soalnya ne dpt 1bks kulit pangsit dri tmn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Vanni, sebelumnya saya mohon maaf ya mba, lama baru bisa balas komentar mba Vanni, berhubung kesibukan offline neh, jadi baru bisa online sekarang...
      kalau mau pake oreo bisa juga, mau pakai krim atau tanpa krim bisa, sesuai selera, hanya saja kalau pakai krim tentu lebih manis rasanya, kalau tidak masalah dengan rasa yang terlalu manis, silakan pakai krimnya mba//
      beda kulit lumpia dan pangsit itu, kalau kulit lumpia lebih tipis mba, jadi hasil gorengannya benar-benar renyah, kulitnya tipis renyah, kalau kulit pangsit bisa renyah juga hanya lebih tebal dan terkadang kalau menggunakan kulit pangsit suka muncul gelembung di permukaan kulitnya... begitu mba..

      oh iya mba... kalau butuh fast respon dari saya seputar pertanyaan resep, silakan boleh email saja mba..
      terima kasih mba Vanni

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.