Resep Savory Bread Pudding

resep savory bread pudding

Ceritanya beli roti tawar, nah biasanya pada mau makan roti tawar pakai selai, nah lho sudah mau expired kok belum tersentuh saja roti tawarnya. Akhirnya coba deh manfaatkan roti tawar ini jadi puding roti. Nah karena sudah cukup sering buat yang manis, hanya sekali dulu buat yang gurih, maka coba buat puding roti gurih lagi deh, jadilah savory bread pudding ini saya buat. 

Dulu kan buat savory bread pudding pakai isian bayam, nah inginnya buat pakai bayam lagi, cari bayam dulu ke pasar, ealah kalau dicari kok tidak ada ya, penjual sayur di pasar juga bilang, hari ini bayam kosong, kemarin-kemarin melimpah soalnya. 

Nah tetap ingin buat yang ada sayurannya, jadilah beli brokoli dan wortel saja deh, dan lihat ada jagung manis yang cukup banyak di pasar, jadi beli jagung juga. Sophie ternyata lihat ada jagung yang banyak, tetapi dia tidak lihat kalau saya beli jagung juga. Begitu sudah selesai belanja, dia minta jagung, dia bilangnya bukan jagung awalnya, bilangnya popcorn tapi menunjuk jagung. Oh jagung saya bilang, iya jagung katanya. Ini sudah beli kok kata saya, aman segera meluncur pulang ke rumah. 

Sambil menyiapkan puding roti ini, sekalian merebus jagung pesanan Sophie, sudah tidak sabar dia menunggu jagungnya, beberapa kali menghampiri menanyakan jagungnya.

Untuk isian puding roti gurih kali ini selain sayuran yang saya campurkan ke dalamnya, juga pakai daging ayam cincang dan sosis, hmmm makin mantap deh rasanya. Jadi begitu matang, biarkan dingin sejenak, begitu sudah mulai dingin, baru deh potong-potong, lazizzzz...

Nah berikut resepnya ya, yang mau coba buat juga...

Savory Bread Pudding

Bahan :
  • 10 lembar roti tawar dengan kulit, masing-masing bagi 8 bagian (sesuai selera besarnya potongan roti)
  • 2 cup susu cair
  • 3 butir telur ukuran besar
  • 50 gr dada ayam cincang
  • 3 buah sosis ayam, iris tipis melintang
  • 50 gr brokoli, potong ukuran kecil atau bisa dicincang
  • 1 buah wortel ukuran kecil, parut kasar
  • 1 buah jagung ukuran kecil, sisir
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 50 gr keju cheddar parut

Cara membuat :
  1. Siapkan loyan ukuran 20x20cm, olesi dengan minyak bagian dasar dan tepinya
  2. Panaskan oven, set di suhu 190 derajat celcius
  3. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam cincang dan sosis, masak hingga daging ayam berubah warna
  4. Tambahkan wortel, brokoli dan jagung, beri merica bubuk dan garam, aduk rata, masak hingga sayuran matang tetapi masih kriuk (jangan kematangan)
  5. Angkat dan sisihkan
  6. Di mangkuk ukuran sedang, kocok lepas telur, masukkan susu cair, aduk rata hingga tercampur
  7. Tempatkan roti tawar di wadah cukup besar, tuangkan larutan telur dan susu cair, biarkan sejenak hingga roti tawar menyerap cairan
  8. Tuangkan bahan tumisan, aduk perlahan hingga tercampur rata
  9. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan keju parut
  10. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit sampai permukaan kecoklatan dan kering (tergantung oven masing-masing)
  11. Keluarkan dari oven, dinginkan sejenak, keluarkan dari loyang dan potong-potong
  12. Sajikan dengan saus sambal, saus tomat dan bila suka dengan mayonnaise

resep puding roti tawar asin
savory bread pudding

Mudah bukan resep savory bread pudding dengan brokoli, wortel dan jagung ini dibuat, silakan berkreasi dengan jenis protein dan sayuran yang disuka, sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.....



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. wah aku belum pernah bikin savoury puding nih. Kalo puding mesti bikin yang manis. Kapan-kapan aku contek yah idenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mba Rina, rasanya beda deh pokoknya...

      Delete
  2. Laparrrrrrrr bagi atuh mbak Monic hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he habis mba Yuyu...sok atuh buat sendiri..dijamin gampil deh...dan enak rasanya...

      Delete
  3. Wah musti coba nih mba, kapan-kapan coba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Lys, silakan dicoba, beda deh rasanya...enak gurih dan lembut...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.