Nasi Bakar Ayam Teri & Jamur Tiram



nasi bakar teri ayam ala NCC

Resep nasi bakar ini sudah lama sekali ingin saya eksekusi, nah baru kesampaian tadi, benar-benar semangat untuk membuatnya. Nah yang saya buat ini adalah nasi bakar ayam, teri & jamur tiram. Wah suka deh dengan nasi bakar ini, puas rasanya, akhirnya saya coba juga.

Waktu beberapa waktu yang lalu makan di luar rumah, ada sebuah resto di Mega Mall Batam Centre. Tadinya sih tidak ada niat ke sana, ealah tapi nih si Sophie ribut saja minta ayam kupuk, atau ayam goreng tepung krispi. Di Mega Mall ada yang jual, uppss ada KFC dan ada AW, nah berhubung waktu itu harinya hari libur, jadi yang namanya Mega Mall penuh sesak.

Jadi baik AW dan KFC penuh sesak, dan setelah saya amati penuh sesaknya malah lebih banyak oleh pengunjung dari negara tetangga. Yup, secara ya, mudah sekali memang mencapai Mega Mall ini dari pelabuhan feri Batam Centre. Jadi memang ada jalan khusus masuk dari pelabuhan ke Mega Mall. Dan biasanya hari libur penuh dengan pengunjung dari Singapore.

Nah dari mana saya tahu? wakakak...sangat mudah menyimpulkan apakah orang Batam ataukah orang Singapore. Dari penampilan dan tentu saja dari bahasa, dan satu lagi, biasanya pengunjung dari Singapore ini selalu membawa tas ukuran cukup besar seperti layaknya pelancong atau turis.

Memang kalau mau belanja, Batam cukup menjanjikan deh, secara harga barang di Batam ya tergolong murah jika dibandingkan dengan harga di Singapore, apalagi dengan kurs sekarang, 1 SGD setara dengan 9 ribu rupiah lebih. Nah dengan kurs itu tentu lebih menguntungkan belanja di Batam kan, apalagi untuk belanja pakaian, sepatu bahkan mainan anak. Dengan kualitas barang yang tidak kalah, tentu pada memilih belaja di Batam.

Jadi karena Sophie benar-benar maunya ayam kupuk, jadi kami masuk ke sebuah resto, tetapi sebelum memastikan mau makan di sana atau tidak, kami pastikan dulu apakah ada menu ayam goreng krispinya, dan ternyata ada. Sippp kami masuk dan memilih tempat yang cukup nyaman, dengan pemandangan pelabuhan feri di mana banyak feri lalu lalang.

Dan ketika membaca daftar menu, ada nasi bakar teri, dan harga tercantum 15 ribu rupiah (belum termasuk pajak). Lihat harga 15 ribu langsung tuing tuing, murah nih...akhirnya pesan 2 buah nasi bakar. Dan dengan beberapa menu lain tentunya dan yang utama adalah ayam goreng krispi kemauan Sophie.

Tetapi ternyata nasi bakarnya imut sekali, dan isinya juga tidak banyak, walaupun dari segi rasa sudah lumayanlah, tidak begitu mengecewakan. Hmmmm jadinya waktu itu memang berniat harus buat sendiri nih nasi bakarnya biar puas, nanti dibuat besar dan isinya harus banyak, ha ha ha....

Okey deh, jadi tadi mulai beraksi, dengan resep contekan, resep yang terkenal sekali dan sudah banyak yang coba, apalagi kalau bukan resep nasi bakarnya ibu Fatmah Bahalwan. Nah akhirnya karena ada jamur juga, ada teri dan ayam juga, jadinya intip resepnya di blognya teh Ayudiah Respatih - nasi bakar isi teri dan jamur. Nuhun teteh resepnya, dan terima kasih juga ibu Fatmah, duh memang resepnya top deh.

Dari resep tersebut, tentu saya tidak ikut sama persis ya, ada sedikit modifikasi, tapi tidak banyak kok modifikasinya, tapi saya tuliskan resep asli bu Fat ya, dan ada resep yang saya modifikasi, silakan suka-suka pakai yang mana, nah nanti itu pun bisa dimodifikasi juga sesuai selera dan ketersediaan bahan di rumah, sippp yang mana suka saja.

Oh iya, di resep yang teh Ayu tulis, neh untuk bahan isian kan ada bawang putih, eh tapi di cara membuat kok bawang merah ya, duh kelamaan deh kalau tanya lagi, jadinya saya pakai bawang merah serta bawang putih juga, hehehe...

Di bahan isian saya tidak tambahkan kaldu bubuk, gula dan air, yang suka silakan pakai ya, jadi kalau pakai air, begitu semua bahan sudah dimasukkan kecuali garam, kaldu bubuk dan gula, baru tambahkan air, masak hingga air kering dan meresap.

resep nasi bakar Fatmah Bahalwan NCC

Okeh, berikut resepnya ya, silakan...

Nasi Bakar ala ibu Fatmah Bahalwan NCC

Bahan :
  • 500 gr beras, cuci, tiriskan
  • ½ sendok makan garam
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang sereh
  • 600 ml santan
  • 50 gr bawang merah iris
  • 1 sendok kaldu bubuk
  • 6 sendok makan minyak untuk menumis.
  • Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Bahan isian :
  • 150 gr daging ayam, potong dadu
  • 100 gr teri medan, cuci, goreng
  • 3 buah bawang putih
  • 2 buah cabe hijau, iris serong
  • 2 buah cabe merah besar, iris serong
  • 4 buah cabe rawit merah, iris serong
  • 1 batang daun bawang, iris kasar
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 4 sdm minyak goreng untuk menumis

Nah berikut resep nasi bakar yang saya buat ya....

Nasi Bakar Ayam Teri Jamur

Bahan :
  • 500 gr beras, cuci bersih dan tiriskan
  • 1 sendok teh garam
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 600 ml santan (saya gunakan 2 buah santan instan @65ml + air sehingga menjadi 600ml)
  • 8 butir bawang merah, iris
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • daun pisang dan tusuk gigi secukupnya untuk membungkus

Bahan isian :
  • 100 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong dadu
  • 150 gr jamur tiram, cuci bersih, sobek-sobek dan peras airnya
  • 100 gr teri nasi, goreng garing
  • 2 genggam daun kemangi
  • 3 siung bawang putih, geprek lalu iris
  • 3 butir bawang merah, iris
  • 3 buah cabai hijau, iris serong
  • 3 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 5 butir cabai rawit merah, iris serong
  • 1 batang daun bawang, iris kasar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :

Nasi :
  1. Tumis bawang merah sampai harum dan kecoklatan, masukkan daun salam dan serai, aduk rata dan masak hingga daun salam berubah warna, masukkan santan, aduk rata
  2. Masak hingga mendidih, tambahkan garam dan kaldu bubuk jika pakai, lalu masukkan beras, aduk rata dan masak hingga santan terserap beras, kukus dengan api sedang selama kurang lebih 20-30 menit hingga nasi matang, cicipi apakah sudah matang, angkat

Isian :
  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang merah, tumis sampai harum dan berwarna kecoklatan, masukkan cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit, aduk rata
  2. Masukkan daging ayam, aduk rata dan masak hingga berubah warna, lalu tambahkan jamur tiram, masak hingga layu, masukkan kemangi, daun bawang, aduk rata
  3. Tambahkan garam, aduk rata dan masak hingga daun kemangi layu, cicipi rasanya, angkat

Penyelesaian :
  1. Ambil satu lembar daun pisang, beri nasi matang secukupnya, di tengah beri bahan isian kurang lebih 2 sendok makan (atau sesuai selera), bungkus lalu sematkan dengan tusuk gigi ujung-ujungnya
  2. Bakar dengan pan datar atau teflon hingga harum, balik dan bakar sisi sebaliknya, angkat dan siap disajikan
cara membuat nasi bakar NCC


nasi bakar teri jamur NCC



resep nasi bakar Fatmah NCC


Nah semoga resep nasi bakar ayam, teri dan jamur tiram ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya....


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Jamur di goreng aja udah enak loh Mbak Monic,,,, apalagi di modifikasi wuih enaknya seperti apa ya? Ow iya, besok kalau ke Batam tak pakai tas besar lah, biar di sangka orang Singapura, hahaha.,,, Wah jadi ingin belanja di Batam soalnya harganya murah - murah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Anis, olahan jamur mah mesti enak ya..
      ha ha ha, eh harga murah itu dibanding harga Singapura lho, kalau dibanding harga di tempat lain di Indonesia ya ga jamin murah mas...

      Delete
  2. pagi pagi sukses bikin lafaarrrrr... T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punten pisan atuh teteh, komennya masuk spam euy..ini baru cek spam eh ada komen teteh....
      Top memang nasi bakar ini, saya lihat ini sekarang jadi lapar, he he he...

      Delete
  3. Mba monic. Saya desti nih sering mampir tapi baru bs koment
    Mba saya abis ada acara nasi nya masih banyak. Saya kepengen buat nasi bakar.. Kira kira bisa juga ga ya.. Secara nasi nya kan g pake bumbu serai salam dan santan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Desti, terima kasih ya krena sering mampir.. bisa kok mba pakai nasi sisa, tanpa santan, salam dan serai juga tetp enak, ada aroma bakarnya, tapi kalau mau berbumbu, campur nasi dengan daun salam dan serai, isi dengan bahan isian, bungkus lalu kukus kurang lebih 15-20 menit, baru deh dibakar, atau kalau mau campur saja nasi dengan bahan isian yg sudah ditambah serai dan daun salam, kukus baru dibakar, yang ini juga enak, nah alternatif lain masak bahan isian dengan sedikit santan, masak hingga tidak basah, campur dengan nasi, beri daun salam dan serai, baru kukus lalu bakar.. alternatifnya begitu mba.. yang mana suka saja mba.. semoga membantu ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.