Granola Bars Tanpa Oven



granola bars tanpa oven

Akhirnya kesampaian juga buat granola bars, versi yang tanpa oven, setelah sejak lama ingin buat snack yang satu ini. Nah ketika beberapa hari yang lalu lihat tayangan bake with Anna Olson, jadilah saya buat ini tadi pagi. Pas memang sedang ada stok rolled oat juga, wah terealisasi juga nih buat ganola bars.

Tapi kali ini saya tidak mau buat granola bars menggunakan oven, jadi kali ini tanpa oven, jadi rolled oats saya sangrai sampai kecoklatan dan garing, kacang mete juga hanya saya sangrai. Nah memang membutuhkan kesabaran juga sih, harus sering mengaduk supaya matangnya merata. Tapi tidak lama kok, paling hanya 15 menit masing-masing disangrai.

Okey, yang belum punya oven dan ingin makan granola bars, mari merapat ke sini, ini resep granola bars yang cukup mudah dibuat. Dan tada, akhirnya bisa juga menikmati granola bars ini. Oh iya resep granola bars ini tanpa tambahan gula ya, pemanisnya hanya madu dan ada tambahan manis dari kismis. Jadi rasanya menurut saya tidak begitu manis. Yang suka manis silakan tambahkan gula sendiri, bisa ditambahkan ketika proses memanaskan madu dan selai kacang sambil diaduk hingga rata. Jadi bisa tambahkan gula ke dalam campuran madu dan selai kacang. Banyaknya sesuai selera, mungkin sekitar 2 sendok makan sudah cukup.

Tidak mau menambahkan gula? silakan perbanyak jumlah kismis, atau kalau mau gunakan juga kurma, atau hanya gunakan kurma dengan takaran yang lebih banyak, kalau yang ini bakalan manis alami deh.

resep granola bars unbaked

Yang sudah punya oven, silakan gunakan oven untuk mematangkan rolled oat dan mete, jika malas harus melakukan proses sangrai. Jadi proses ini kembali kepada masing-masing ya, maunya bagaimana. Resep ini khususnya bagi yang belum memiliki oven tetapi ingin menikmati snack yang satu ini.

Untuk kacangnya silakan gunakan kacang jenis apa saja, hanya tentu yang sudah matang ya. Bisa gunakan kacang tanah, almond, walnut, dll. Untuk kismis, bisa diganti kurma, buah kering lainnya. Atau bisa dimodifikasi sendiri bahan-bahannya, tambahkan biji-bijian juga bisa...

Okey deh tanpa lama-lama lagi berikut resep granola bars yang saya buat ya...silakan...

Granola Bars 

Bahan :
  • 160 gr rolled oat
  • 50 gr kismis, cincang
  • 50 gr chocochips
  • 50 gr kacang mete
  • 4 sendok makan selai kacang
  • 4 sendok makan madu

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ukuran 20cmx20cm, beri alas plastik wrap atau kertas baking, lebihkan hingga ke sisi loyang supaya nanti memudahkan mengangkat granolanya,sisihkan
  2. Sangrai rolled oat sampai garing dan kecoklatan dengan api kecil selama kurang lebih 15 menit sambil sering diaduk, angkat lalu letakkan di dalam mangkuk
  3. Sangrai kacang mete hingga matang dan kecoklatan (saya bagi 2 kacangnya tepat di garis bagi kacang, sehingga kacang bisa cepat matang)
  4. Di panci, campur selai kacang dan madu, panaskan sebentar dengan api kecil sambil diaduk hingga tercampur, angkat jika sudah tercampur
    membuat granola bars
  5. Di mangkuk berisi rolled oats, tambahkan kismis cincang, chocochips dan kacang mete, aduk perlahan, kemudian tuang campuran madu selai kacang, aduk hingga tercampur rata
  6. Masukkan ke dalam loyang, ratakan dengan tangan sambil disebarkan merata di loyang, tekan-tekan dengan bagian bawah gelas supaya adonan granola padat
    resep granola bars
  7. Simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 15-20 menit sampai mengeras, keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat platik wrap yang berlebih di sisi loyang, potong-potong sesuai selera (saya potong menjadi 15 bagian)
  8. Siap dinikmati, atau bisa disimpan di wadah kedap udara (saya masukkan ke dalam wadah kedap lalu saya masukkan ke dalam kulkas kembali)

resep granola bars praktis tanpa oven

Nah semoga resep granola bars praktis tanpa oven yang sangat mudah dibuat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya....


Selamat mencoba.......


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Sepertinya saya nggak asing dengan kue yang satu ini, tapi lupa kapan menikmatinya mbak. Ow, biasanya pakai oven tow Mbak Monic untuk membuatnya? berarti kayak kue babonan itu ya, ah apalagi bahasa indonesianya, luffa, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo...kapan coba diingat lagi makan yang beginian..he he he..
      ada yang versi pake oven mas, kalau pake oven, rolled oatnya ga perlu disangrai dulu, bisa mentah, ntar begitu bahan semua sudah tercampur baru deh dipanggang...
      kue babonan itu yang mana ya....*garuk2 kepala

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.