Sambal Tempe



resep sambal tempe simpel

Ya mba...sambal tempe saja loh pakai diposting, he he he....ini sih sebenarnya masih masuk kategori dibuang sayang, jadi kebetulan tumben-tumbenan buat sambal tempe saja tanpa embel-embel bahan lainnya, dan sedang mood foto-foto, walaupun fotonya juga seadanya, tetap deh masuk di draft juga. Nah kalau sudah tampil di draft jadi dibuang sayang, ha ha ha....

Okey deh, para master memasak, maklum saja ya dengan resep ini, nah jadi resep ini diperuntukkan khusus buat para pemula yang sangat pemula, yang baru saja coba-coba memasak di dapur, bisa kok resep sambal tempe ini dijadikan batu loncatan sebelum memasak yang lebih susah dan lebih banyak bahan serta teknik memasak yang dibutuhkan, halah....

Kalau bicara tempe, sebenarnya saya ini bukan penggemar berat tempe, kalau ada saya makan dan kalau tidak ya sudah. Jadi kalau ke pasar beli tempe itu kalau mata saya kebetulan melihat tempe yang dipajang. Hmmmm aneka ukuran sih dan berbeda pembuatnya, biasanya saya sudah coba semua, nah kebetulan beberapa hari yang lalu beli tempe ukuran jumbo, ternyata lumayan enak. Ketika ke pasar lihat tempe ini lagi, eh beli lagi deh.

Terkadang saya juga beli tempe, nah biasanya suka lupa kalau ada tempe, dan setelah ingat tempenya sudah over fermentasi, sudah jadi tempe semangit. Hmmmm pernah coba buat dulu sambal tumpang pakai tempe semangit ini, tapi lupa pakai resep siapa, eh hanya saya yang makan, dan saya keblenger makan sendirian, akhirnya tidak pernah mengolah tempe semangit lagi.

Nah kalau bicara mengenai sambal-sambalan, saya hanya suka sambal yang simpel, duo bawang, cabai merah+cabai rawit, tomat, garam. Hmmm pernah saya tambahkan daun salam, daun jeruk, ataupun jahe, tetap kembali ke selera asal, hanya suka yang simpel. Oh iya terkadang saya suka menambahkan sekitar 2-3 butir asam kandis atau 1 sendok makan air jeruk nipis ke dalam sambal begini, hmmm yang ini juga masih saya suka, ada sedikit rasa asam di sambal. 

Okey deh kembali ke resep sambal tempe yang simpel ini, berikut resepnya...semoga tetap bermanfaat ....


Sambal Tempe

Bahan :
  • 1 papan tempe jumbo, berat 500gr, potong kotak lalu goreng garing
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1-2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan sambal :
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 5 butir cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran sedang

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus sampai harum dan kering, masukkan tempe, aduk rata, tambahkan garam, aduk rata kembali, cicipi rasanya
  2. Angkat dan siap dihidangkan


resep sambal lado tempe


Benar kan...resepnya sangat simpel...tetapi tetap ya harapan saya semoga resep sambal tempe kali ini bisa tetap bermanfaat, khususnya buat pemula, selamat mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hahaha,,, aku juga kurang suka mbak ama yang namanya sambal tempe. Lebih baik tempe di goreng pakai tepung terigu, lalu di santapi di pagi hari sambil minum kopi,,, sruputttt hemmm segernya nggak ketulungan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha...itu mah gorengan mas...yo enak kalau pagi2 makan gorengan sambil minum kopi..

      Delete
  2. mauuuuu.....disini baru aja hujan dueres dan duingen buangettt....cucok nih sambel tempenya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mba....he he he... wah enak di Ciledug hujan aja...di sini panas eh mba, belum hujan2 lagi... gerah-gerah ga jelas

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.