Kastengels Roti Tawar (dengan Mayonnaise & Oregano)



resep kastengels roti tawar mayonnaise

Roti tawar sisa bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan lain yang jadinya sedap. Sebut saja puding roti manis yang bisa dikreasikan dengan bahan-bahan manis, seperti pisang, coklat, apel, strawberry, tape, kismis dll, lalu ada puding roti gurih, dengan bahan-bahan seperti sosis, kornet, ayam atau daging cincang yang dicampur juga dengan sayuran, sebut saja wortel, brokoli ataupun bayam. 

Nah selain itu ada juga yang namanya french toast yang bisa juga dikreasikan dengan berbagai bahan lainnya, french toast pisang, jeruk, original ataupun mangga, lalu diisi selai, ditaburi kayumanis, dll. 

Lalu ada olahan roti tawar goreng, isi ragout, isi sosis bahkan roti tawar goreng isi es krim, hmmm banyak kan ya..

Jadi ceritanya karena sudah cukup banyak olahan roti tawar yang sudah saya buat neh, saya bingung juga mau dibuat apa lagi secara ada cukup banyak roti tawar yang sepertinya tidak ada tanda-tanda ada yang mau makan begitu saja dengan selai. 

Setelah saya ingat-ingat lagi, dulu itu sempat trend dengan namanya kastengels roti tawar, ahai saya coba yang ini saja deh, kan lumayan buat nambah-nambah variasi olahan roti tawar. Tadinya saya pikir mau dioles butter atapun margarin saja buat perekat roti keju di permukaan roti tawarnya, tapi coba googling dulu, penasaran juga dengan kastengels roti tawar booming itu.

Ternyata kebanyakan menggunakan yang namanya vla keju, nah karena malas menghinggapi, maunya yang praktis, eits lihat lagi neh, ada resep kastengels roti tawar yang dibuat mba Yuyu - Dapoer Yuyu. Terima kasih inspirasinya mba Yuyu...Praktis tidak pakai masak-masak vla lagi, olesannya cukup dengan mayonnaise, ahai ini dia neh yang cocok. Akhirnya saya pakai mayonnaise juga, tapi saya tambahkan juga oregano kering sebagai campurannya. Hmmm jadi rasanya ngeju dan berasa roti ala Italian, he he he...

oregano kering

Kalau mau disajikan di toples sebagai suguhan di hari raya bisa juga neh, jadi ini namanya kukis keju praktis dan ekonomis. Hanya memang kalau menurut saya, kalau mau disajikan untuk pengisi toples supaya lebih cantik sebaiknya gunakan roti tawar tanpa kulit. Kalau yang saya buat ini menggunakan kulit dan kulitnya juga tidak cantik, ada yang begitu coklat, jadi ketika dipanggang eh malah makin coklat yang jadinya malah mengganggu penampilan. 

Untuk dinikmati sebagai cemilan sendiri sih tidak masalah ya kalau menggunakan roti tawar kulit, malah saya sukanya dengan roti tawar kulit begini. Nah jadi deh varian baru kue kering hari raya, yang bisa juga dimanfaatkan untuk dijual, tada... kastengels roti tawar.

Berikut langsung ke cara membuatnya ya...silakan...

Kastengels Roti Tawar dengan Mayonnaise dan Oregano

Bahan :
  • 5 lembar roti tawar dengan kulit
  • 5 sendok makan mayonnaise
  • 1 sendok teh oregano kering
  • 80 gr keju cheddar parut
bahan membuat kastengels roti tawar

Cara membuat :
Campur oregano dan mayonnaise, aduk rata, oleskan di tiap permukaan roti, bagi 8 atau 10 bagian (saya bagi 10 bagian), beri keju parut di atas masing-masing potongan roti, susun di loyang beralas kertas roti (saya tidak alasi kertas roti), lakukan sampai selesai. Panggang selama kurang lebih 25 menit di suhu 150 derajat celcius (lamanya memanggang tergantung oven masing-masing). Ketika keju sudah mulai kekuningan dan roti sudah kelihatan garing, boleh dimatikan ovennya dan kastengelsnya dikeluarkan dari oven.

cara buat kastengels roti tawar praktis

Nah semoga resep kastengels roti tawar dengan mayonnaise dan oregano ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Makasih mbak Monic,udah cobain resepnya:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga mba Yuyu resepnya...praktis mba kalau gini he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.