Memasak dengan Bumbu Dasar : Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh



resep sambal goreng kentang telur puyuh

Setelah membuat bumbu dasar yang terdiri dari 4 bumbu dasar, yaitu bumbu dasar putih, kuning, merah dan bawang, saatnya menggunakannya pada masakan. Nah untuk resep pertama menggunakan bumbu dasar ini, jatuh pada masakan yang simple dan sudah bukan merupakan resep baru lagi dan merupakan resep yang sudah sering dimasak di dapur kita kan, apalagi kalau bukan sambal goreng kentang dan telur puyuh.

Nah untuk memasak sambal goreng ini, yang dibutuhkan adalah campuran bumbu dasar merah dan kuning. Hanya lebih dominan bumbu dasar merahnya ya. Untuk sambal goreng ini silakan jika suka bisa ditambahkan terasi, ataupun serai yang dimemarkan, tapi karena saya mau yang versi tanpa tambahan kedua bahan tersebut, jadi untuk bumbu hanya menggunakan kedua bumbu dasar tersebut.

Untuk bumbu dasar sendiri, jika disimpan dalam kulkas dan ditutup rapat, bisa bertahan kurang lebih 1 minggu ya, itu yang menurut yang saya baca-baca, nah setelah membuat bumbu dasar ini maka baru akan saya coba tahan berapa lama neh bumbu-bumbu dasarnya.

Kalau mau lebih awet lagi, sebaiknya simpan bumbu di freezer, dalam kemasan kecil, supaya ketika proses mencairkan bumbu, hanya porsi kecil yang kita butuhkan yang kita cairkan. Supaya sesuai dengan kebutuhan dan tidak butuh waktu lama untuk mencairkan bumbunya.

Di resep sambal goreng kentang telur puyuh ini, saya mencampurkan santan di sambalnya, yang tidak suka, boleh diskip, hanya memang dengan santan rasa sambal goreng ini menjadi lebih gurih ya. Kembali lagi ke selera masing-masing.

Okey deh langsung ke resep ya, silakan....

Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh
silakan lihat resep bumbu dasar di 4 bumbu dasar

Bahan :
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong-potong, goreng
  • 20 butir telur puyuh, rebus, goreng sebentar hingga berkulit
  • 125 ml santan (campuran 65ml santan instan + air hangat, aduk rata hingga tercampur)
  • 4 sendok makan bumbu dasar merah
  • 2 sendok makan bumbu dasar kuning
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • (gula dan garam, sesuai selera), saya tidak menambahkan lagi garam dan saya tidak menambahkan gula

Cara membuat :
Panaskan minyak, tumis bumbu dasar merah dan kuning, aduk rata sampai harum, tambahkan santan, aduk rata kembali dan masak hingga kuah mulai mengental, masukkan telur puyuh dan kentang goreng, aduk rata dan masak sampai mengental, angkat dan siap dihidangkan.


Nah semoga resep dengan menggunakan bumbu dasar ini yaitu sambal goreng kentang telur puyuh bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.