Hot Cross Buns



resep roti hot cross buns

Roti lagi ya, nah kali ini saya posting resep roti yang termasuk sudah cukup lama juga ingin saya buat, yup hot cross buns. Roti ini sudah cukup lama saya tahu, mulanya tahu dari lagu anak, hot cross buns, one a penny two a penny hot cross buns, hayo... siapa yang hafal lagu ini...

Pada dasarnya hot cross buns ini dibuat dengan ditambahkan bumbu di dalam adonannya seperti kayumanis dan pala atau bahkan jahe. Nah tapi kali ini saya mau buat yang sedikit beda, tambahkan kulit lemon parut saja, yang dicampurkan ke dalam adonan berikut dengan kismisnya, seperti halnya standar hot cross buns.

Untuk tanda cross ini banyak macam, ada yang menggunakan pastry, ada yang hanya menggunakan custard, ada juga yang menggunakan pasta berupa campuran tepung terigu dan air dan ada juga yang menggunakan glaze saja yang diletakkan setelah roti matang. Nah dari beberapa metoda tanda cross ini, saya menggunakan pasta tepung dan setelah roti matang ditambahkan glaze juga.

Untuk adonan rotinya, tetap... pakai resep roti andalan, roti tanpa ulen. Jadi dengan resep roti ini saya bisa membuat aneka jenis roti tanpa repot menguleni tapi saya mendapatkan roti yang empuk dan lembut sesuai selera saya, enak kan... setelah mencoba beberapa kali membuat roti dengan adonan yang ini, saya belum bisa pindah ke lain hati, " sungguh kuakui, tak bisa ke lain hati " sambil nyanyi lagunya Kla Project, he he he....

Dari segi bentuk, hot cross bun ini pada dasarnya ada yang bulat sendiri-sendiri, jadi ketika ditata di loyang diberi jarak sehingga ketika mengembang dan dipanggang tidak menempel, ada yang menempel sedikit, jadi sobekan antar roti sedikit saja, ada juga yang benar-benar menempel sepeti halnya roti sobek. Kalau saya lebih suka yang menempel sedikit, jadi bentuk roti masih ada bulat-bulatnya sedikit. 

Untuk hal ini kembali kepada selera ya...nah setelah roti dibulatkan, saya tata dengan jarak kurang lebih 1-2cm antar bulatan. Kalau jarak sesuaikan dengan besar kecilnya bulatan yang dibuat ya. Untuk 1 resep di bawah, saya bagi menjadi 9 bagian, karena saya menggunakan loyang bujur sangkar, yang menggunakan loyang persegi panjang, bisa bagi menjadi 8 bagian, atau 10 atau malah 12 bagian.

Okey sippp, langsung ke resep ya, resep rotinya sama dengan resep roti sebelumnya misalnya resep roti isi selai nanas..

Hot Cross Buns
untuk 9 buah roti

Bahan roti :
  • 125 ml susu cair hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar, golden eagle (saya gunakan merk golden eagle dari bungasari)
  • 50 gr tepung terigu protein sedang (misal merk segitiga biru, bola salju, saya gunakan bola salju)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan

Campuran di adonan roti :
  • 50 gr kismis
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon

Bahan olesan :  campur rata
  • 1 kuning telur + 1/4 sendok teh madu

Bahan pasta cross : campur rata
  • 3 sendok makan tepung terigu protein sedang
  • 3 sendok makan air

Bahan lemon glaze : campur rata
  • 50 gr gula halus
  • 2 sendok teh susu cair
  • 1/2 sendok teh parutan kulit lemon 
  • 1 sendok teh jus lemon

Cara membuat :
  1. Di mangkuk cukup besar, tuang susu cair hangat, beri gula, aduk sampai gula larut. Taburkan ragi instant, tunggu sampai ragi instant larut kurang lebih 5 menit, lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata (kalau saya diamkan dulu lagi kurang lebih 5 - 10 menit sampai mucul gelembung-gelembung di permukaan yang menandakan ragi masih aktif)
  2. Di mangkuk yang lain campur terigu, gula dan garam, masukkan ke dalam larutan ragi instan, tambahkan kuning telur, aduk hingga membentuk adonan yang kenyal (saya gunakan sendok kayu)
  3. Beri mentega/margarin cair, aduk kembali dengan sendok kayu sebentar, lalu supaya rata saya aduk dengan tangan (mirip menguleni hanya tetap di dalam mangkuk dan hanya sampai tercampur rata, kira-kira selama kurang dari 1-2menit saja), tambahkan kismis dan parutan kulit lemon, aduk kembali hingga rata
  4. Bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap (saya tutup dengan piring plastik saja), diamkan selama kurang lebih 20 menit
  5. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan dengan cara menarik bagian atas ke bawah sehingga membentuk bola. Lalu fermentasikan lagi selama 20 menit. Lakukan sampai 3 x proses ini, jadi total waktunya 1 jam ya
  6. Setelah proses 3x fermentasi, kempiskan adonan, bagi menjadi 9 bagian, bulatkan masing-masing. Letakkan di loyang bersemir margarin, tata dan beri jarak sesuai selera, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga mengembang
  7. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. 
  8. Buat pasta tepung, campurkan bahan pasta, aduk rata dan masukkan ke dalam kantong segitiga, gunting ujungnya ukuran kurang lebih 3-4 mm (sesuai selera besarnya)
    cara buat hot cross buns
  9. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, semprotkan pasta tepung di atas adonan roti secara menyilang membentuk cross
  10. Panggang selama kurang lebih 10- 12 menit atau sampai permukaan roti kecoklatan, keluarkan dari oven, dinginkan sejenak, beri glaze lemon di atas tanda cross, biarkan hingga sedikit mengeras, siap disantap (selama memanggang bahan glaze bisa disiapkan)
    resep hot cross buns tanpa ulen

Tips supaya permukaan roti tampak mengkilat, begitu sudah dikeluarkan dari oven, panas-panas oleskan dengan sedikit mentega atau margarin tipis saja. Saya melakukannya untuk beberapa roti yang saya buat (itu kalau saya tidak lupa atau tidak malas, he he he).

Tips membagi adonan dengan timbangan, timbang dulu adonan setelah dikempiskan, lalu bagi hasil tersebut dengan jumlah yang diinginkan, baru kemudian adonan dibagi dan ditimbang sesuai dengan hasil perhitungan.


resep hot cross buns tanpa diuleni

Nah semoga resep hot cross buns tanpa diuleni ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. wah banyak resep roti,anak saya suka sekali roti

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mba, saya suka sekali ngeroti pakai resep roti tanpa ulen sih selama ini, itu-itu saja resepnya hanya jenisnya dibuat beda-beda mba biar ada variasi he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.