Steamed Mixed Fruits Cake (Cake Buah Kukus)




Saya itu suka dengan yang namanya buah kering campur, jadi rasanya suka kalau mengolah buah kering campur ini menjadi cake, cookies ataupun roti. Rasanya ada asam-asam manis lalu ada aroma buah yang khas yang ternyata tidak begitu disukai oleh putri semata wayang saya, Sophie yang gembul itu. Jadi kalau makanan begini, alhasil hanya kesukaan emaknya, seperti halnya cake yang saya buat ini yaitu steamed mixed fruits cake.

Yang suka dengan buah kering, mari merapat, boleh lihat-lihat resep cake kukus yang sangat mudah membuatnya ini tapi rasanya beuh.. jangan ditanya...enak. Nah tidak terasa kan sekarang sudah masuk ke penghujung tahun 2016. Sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan Natal, hmmm kalau di luar-luar neh, Christmas itu identik dengan yang namanya fruits cake. Jadi bagi yang ikutan juga tren fruits cake boleh donk ikutan buat cake ini. Nah mau yang versi mudah, sipp, cake kukus buah bisa jadi solusinya.

Cake ini bisa juga dijadikan konsumsi sendiri, sebagai hantaran atau juga menjadi bakulan/jualan. Sippp... yang mau bakulan, tentu beli bahannya borongan donk ya, kalau istilah kerennya itu grosir atau kulakan, he he he. Nah yang bingung mau grosiran di mana, dan maunya tentu harganya murah kan ya, ini dia nih solusinya, temukan jawabannya di sini neh :  TOKO WAHAB       (upppsss maaf ada pesan sponsornya neh). 

Jadi ceritanya, saya juga baru tahu kalau ada yang namanya Toko Wahab ini, secara ya, saya kan tidak tinggal di Jakarta. Nah Toko Wahab ini adalah toko bahan kue yang terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Gunung Sahari I No.40 Senen, Jakarta Pusat. Hmmm dulu itu waktu browsing-browsing toko bahan kue di Jakarta, waktu mau cari cetakan coklat, ada sih muncul beberapa nama toko yang ada di Jakarta, tapi namanya juga hanya sekedar browsing ya, jadi terlupakan begitu saja

Okey deh ceritanya Toko Wahab ini membuka divisi baru khusus untuk membantu UKM-UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk mendapatkan harga murah dan grosiran. Nah pas sekali kan kalau mau berbisnis belanja di sini. Toko Wahab ini bisa diakses online, jadi pembelian bisa secara online ya, bagi yang berdomisili di luar Jakarta bisa bertransaksi juga neh. Pengiriman akan dilakukan dengan jasa ekspedisi. Untuk yang tinggal di Jabodetabek, ada ketentuannya ya, silakan ketahui lebih lanjut dengan mengeksplore website toko Wahab. Atau malah ada yang berniat membuka toko bahan kue dan masakan di daerah, silakan hubungi toko Wahab.

Untuk masalah produknya, jangan kuatir, bahan-bahan kue dan masakan tersedia di sini dan produk yang dijual juga halal ya. Untuk produk bahan kue umum bahkan yang sedikit nyeleneh bagi orang seperti saya di sini, sebut saja pumpkin seeds, buah peach kaleng karena saya belum pernah lihat yang begini di sini...ini saya yang kuper atau apa ya..

Yang penasaran apa saja sih bahan-bahan kue dan masakan yang dijual di sini, monggo, silakan klik link di atas ya, temukan bahan-bahan kue dan masakan yang sekiranya dibutuhkan. Dapatkan harga murah di sini ya.

Nah kembali ke resep cake buah kukus ini, untuk campuran buahnya saya menggunakan buah kering campur yang saya beli kemasan 100 gr, lalu saya tambahkan lagi cherry merah dan hijau yang tidak bertangkai. Nah cherry tidak bertangkai ini termasuk manisan kering, jadi cocok dicampur dengan manisan buah kering lainnya atau juga kismis. Bisa sih pakai cherry tangkai tapi sebaiknya dilap dulu airnya ya, tapi sayang juga euy kalau pakai yang bertangkai, secara yang bertangkai harganya lebih mahal, itu kalau saya ya.. kalau cherry bertangkai itu hanya saya pakai sebagai hiasan, pemanis di atas cake ulang tahun he he he..
buah kering campur
buah kering campur + cherry hijau & merah tanpa tangkai yang dipotong dadu kecil

Untuk membeli buah kering campur, cherry merah dan hijau ini, monggo silakan klik link ini ya : produk buah Toko Wahab. Untuk cherry merah dan hijau merk Royal Willamette, buah kering campur merek Aptunion. Selain cherry tidak bertangkai, ada juga cherry bertangkai, buah kaleng dll. Temukan bahan lainnya juga di link tersebut ya.

Sippp, silakan yang belanja-belanja keperluan bakulan atau jualan, temukan bahan-bahan yang dibutuhkan di TOKO WAHAB ya...

Berikut saya tuliskan resep cake buah campur kukus yang saya buat ya... silakan..

Steamed Mixed Fruits Cake
resep hasil modifikasi sendiri
untuk loyang diameter 18 atau 20cm

Bahan :
  • 250 gr gula pasir 
  • 75 ml air matang suhu ruang
  • 200 gr buah kering campur
  • 200 gr margarin atau mentega (saya gunakan blueband cake n cookie)
  • 300 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang *campur dengan menggunakan balloon whisk
  • 1 sendok teh baking soda *
  • 3 butir telur ukuran sedang (berat dengan cangkang kurang lebih @60gr)
  • 1/2 sendok teh vanila bubuk

Cara membuat :
Masak gula pasir hingga mencair dengan api kecil, tambahkan air, aduk hingga gula larut, masukkan mentega/margarin, aduk kembali hingga mencair, tambahkan buah kering, aduk-aduk dan biarkan hingga mendidih, angkat dan biarkan hangat kuku. Sementara itu panaskan kukusan, siapkan loyang, olesi dengan minyak.
Begitu sudah hangat kuku, masukkan campuran tepung secara bertahap (2 atau 3 tahap), aduk rata dengan cepat. Di mangkuk lain, kocok telur hingga berbuih, masukkan bubuk vanila, kocok lagi sebentar. Tuangkan kocokan telur ke dalam adonan tadi, aduk rata. Tuangkan ke dalam loyang, alasi tutup kukusan dengan kain lap bersih.
adonan cake buah kukus
adonan sebelum dikukus
Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 1 jam. Lanjutkan kembali mengukus selama kurang lebih 1/2 jam dengan api kecil. Matikan api, biarkan cake dingin di dalam kukusan. Keluarkan jika sudah dingin, keluarkan dari loyang dan siap dipotong-potong.

Catatan : 
Cake ini sebenarnya membutuhkan waktu kukus yang lama sekitar 4-6 jam untuk membuat cake lebih tahan lama, walaupun hanya membutuhkan waktu 1-2 jam saja untuk mematangkan cake. Untuk membuat cake lebih lembab, setelah dingin, tusuk-tusuk cake dengan tusuk sate, beri olesan jus jeruk atau jus apel untuk melembabkan cake. Tutup kembali cake dengan alumunium foil. Cake akan terasa lebih enak jika sudah didiamkan selama semalaman atau lebih.
 


Nah semoga resep cake buah campur kukus (steamed mixed fruits cake) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. Hadeeeeuhh...dibuat ngiler lg ni sm mba Monic. Jd pengen bikin jg, gagal diet deh klo gini hahaaàa. Semalam aq bikin bingka labu tp buat mengunjungi mertua mba. Gk sempat bikin buat di rumah.

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he lupakan sejenak dietnya mba..oh iyakah sudah buat ya bingka labunya? sukses deh kalau gitu sampai dibawa mengunjungi mertua, lain kali buat untuk di rumah mba he he he..

      Delete
  2. Oiya mba, aq dah pernah screenshot resep ini dr malaysian foody blogger. Krn ngukusnya dibuat sekitar 4 jam jd mo bikin niatnya masih maju mundur cantik hehe. Oiya mba, kek lumut dr dayang jack malaysia jg bikin ngiler. Tp ngukusnya jg 4 jam.

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, cake kukus yang lama ngukus emang buat bikin keder duluan ya.. oh iya kek lumut memang buat ngiler ya..banyak yang sudah coba juga, eh mba malah aku lihat di dayang jack ada juga kek terasi, itu juga ngilerin penampakannya..

      Delete
  3. Wuih... Buah keringnya aduhai banget, mbak.
    Terimakasih banyak atas infonya tentang Toko Wajah ya, mbak.
    Itu toko punya bapak saya dong, nama bapak saya juga Wahab, Abdul Wahab tepatnya, heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, buah keringnya itu ya..he he he..
      wah sama donk namanya...sama2 mba..semoga info tentang toko Wahab ini bisa bermanfaat ya buat pembaca yang lain

      Delete
  4. Oiya mba....warna cake nya kok bs merah ya kyk pake brown sugar atau gula palem gitu. Apa pengaruh dr cherry ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan pake gula yang dibuat karamel mba, jadi warnanya gelap, warna dan rasanya juga mirip dengan cake karamel/cake sarang semut, hanya yang ini ga nyarang, tapi padat

      Delete
  5. Oiya, dikaramel...aq gk simak sih mba. Soalnya dah pernah aq screenshot tp blm dieksekusi. Bener mba, kek belacan bikin ngencess liatnya hahaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba.. buat ngences memang ya... tapi entah neh mau buat apa ga ya...he he he

      Delete
  6. Klo gk salah kek belacan itu pake horlicks ya, mba...? Di sini gk masuk horlicks, mba.

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini, pakai horlicks, tapi kalau baca2 horlicks bisa diganti ovaltine atau milo mba, kalau penggunaanya sedikit tidak begitu berasa walaupun ovaltine atau milo lebih manis, kalau tidak malas bisalah mungkin dibuat dengan ala2 kita sendiri he he he... tapi telurnya kok banyak ya ha ha ha..

      Delete
  7. Krn telurnya bnyk makanya lembab bgt keliatan cakenya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga kali ya mba karena jumlah telurnya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.