Bolu Gulung Ekonomis Selai Kacang Coklat



resep bolu gulung ekonomis

Hari ini itu sebenarnya maju mundur buat bolu gulung ini, soalnya belum pernah coba sekali pun buat bolu gulung, bisa tidak ya.. was-was takut gagal. Secara proses menggulungnya itu kan buat saya berpikir kemungkinan yang terburuk, bolu gulungnya pecah.

Nah kepikirannya sih waktu beli loyang kemarin itu adalah kapan-kapan mencoba membuat bolu gulung, masak sih  belum pernah membuat bolu gulung, begitu kata saya dalam hati. Kebetulan memang sih lihat ada loyang di toko bahan kue langganan, Aneka Rasa yang ada di dekat rumah. Hmmm lantas saya beli saja deh, siapa tahu mood kan tinggal buat tuh si bolu gulung.

Eh kemarin malamnya browsing cari-cari resep bolu gulung yang simpel, hmmm tertambat dengan resep bolu gulungnya mba Tintin Rayner, ah coba yang ini saja, bahannya tidak begitu banyak, telurnya juga hanya 6, hitung-hitung kalau gagal kan tidak begitu membuat kecewa.

Jadi tadi itu habis masak masih juga maju mundur buat tidak ya, semua bahan sih ada di dapur, tinggal buat saja. Akhirnya memberanikan diri dan membuang rasa malas dan rasa takut gagal, segera eksekusi, dan tada... saya berhasil kakak.. duh senangnya, apalagi ketika sudah dicicipi rasanya, enak...enak.. terima kasih resepnya mba Tintin.. lain kali ingin coba resep black forest gulungnya juga he he he.

Nah tadinya saya itu mau gunakan kalau tidak selai nanas ya selai blueberry, ealah ternyata Sophie maunya selai kacang coklat, ya sudahlah walaupun menurut feeling saya kok enak kalau pakai selai buah ya.. lain kali saja saya coba pakai selai buah.

Tadi Sophie ikutan membantu mengoleskan selai di bolu gulung ini, wah bahagia sekali dia, apalagi ketika diberi satu potong, mmmm enak begitu katanya.

Oh iya bolu gulung ini membuatnya menggunakan metode all in ya, jadi semua bahan kecuali butter/margarin cair dikocok sampai kental berjejak, jadi ingat bolu jerman kalau begini. Kalau mengocok metode begini lama euy kalau pakai mixer saya he he he, lumayan pegal apalagi mixer saya itu yang hand mixer bukan yang standing, jadi kebayang kan pegalnya, jadi setelah selesai proses pengocokan tangan ini masih bergetar ha ha ha...

Nah maaf ya, kali ini tanpa proses step by step karena baru pertama kali buat jadi masih ketar ketir jadi boro-boro bawa kamera ke dapur. Lain kali ya kalau saya buat lagi saya usahakan ada step by stepnya. Kalau mau lihat foto langkah-langkahnya boleh mampir ke cookpadnya mba Tintin Rayner ya..

Okeh deh, berikut resep bolu gulung yang saya buat kali ini ya, dengan sedikit modifikasi saja.. ini dia, silakan...

Bolu Gulung Ekonomis Selai Kacang Coklat
Bahan :
  • 6 butir telur utuh
  • 90 gr gula pasir
  • 70 gr tepung terigu protein sedang, bisa merk segitiga biru atau bola salju atau merk lainnya
  • 10 gr tepung maizena
  • 10 gr susu bubuk
  • 1 1/2 sendok teh emulsifier, bisa SP atau TBM atau ovalet
  • 1/4  sendok teh vanili bubuk
  • 120 gr butter (saya gunakan blueband cake n cookie), lelehkan (jangan sampai mendidih, cukup gunakan api sangat kecil, sambil sesekali panci diangkat supaya tidak terlalu panas) kemudian diamkan sampai mencapai suhu ruang baru gunakan
  • 2 sendok teh coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas (atau gunakan pasta coklat)

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang bolu gulung (saya gunakan loyang ukuran 27cmx32cmx3cm), mba Tintin gunakan ukuran 24cm, olesi dengan margarin/butter, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin/butter berikut dengan sisi-sisi loyang
  2. Kocok semua bahan kecuali butter leleh sampai mengembang, kental berjejak, kurang lebih selama 15-20 menit (itu mixer saya, beda merk bisa berbeda waktu mengocok), matikan mixer, ambil kurang lebih 2 sendok sayur adonan, masukkan ke wadah berisi butter leleh, aduk hingga rata, tuangkan campuran ini ke dalam adonan, aduk pakai spatula
  3. Ambil 2-3 sendok makan adonan, campur dengan pasta coklat atau larutan coklat, aduk rata, masukkan ke dalam kantong segitiga
  4. Tuangkan adonan putih ke dalam loyang, ketuk loyang perlahan untuk membuang udara terjebak, lubangi kantong segitiga kurang lebih 3mm, buat motif dengan membentuk garis lurus diagonal, kemudian dengan sumpit tarik motif.
  5. Panggang dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu di suhu 190 derajat celcius, panggang selama kurang lebih 15-20 menit, tergantung oven masing-masing, tapi perhatikan jangan sampai overbaked ya. Jika permukaan sudah kecoklatan muda, dan permukaan jika disentuh sudah membal menul-menul, dan bagian tepi sudah mulai kecoklatan, segera keluarkan dari oven.
  6. Diamkan kurang lebih selama 5 menit (catatan : bolu yang saya buat ini ketika agak dingin agak turun tapi tidak begitu signifikan)
  7. Sementara itu siapkan plastik wrap, letakkan di meja atau alas yang lebih besar dari ukuran cake, balikkan cake ke meja atau alas, lepaskan perlahan kertas rotinya, hangat-hangat olesi dengan selai, gulung perlahan sambil sedikit dipadatkan, biarkan beberapa waktu dalam kondisi tergulung, kurang lebih selama 5-10 menit.
  8. Buka plastik wrap dan potong sesuai selera

Nah semoga resep bolu gulung ekonomis 6 telur ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. enaaaaaaaaaakk......pokoknya kalo barang keliatan pasti bisa mbaa! jangan bilang ga bisa sebelum mencoba, tuuh kan hasilnya bagus lhoo mbaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya mba Esti, terima kasih..

      jadi pengen buat juga nougat roll cake setelah lihat nougat roll cakenya mba Esti he he he

      Delete
    2. ayooo mbaa bikin nougat roll cakenya dong, perjuangan di pencarian gula pasir lokal yang bisa di buat karamel, secara sekarang kan banyak gula refinasi, kalo di panasin bukane leleh palah keras. aku provokatori neh buat ngenougat hiihii..nti posting ya mba di blog..

      Delete
    3. ah mba Esti pinter memprovokasi neh, tahu ga mba, sudah ada loh bahannya semua buat nougat roll cake ini, tinggal eksekusi he he he..
      oh gulanya kudu yang lokal ya.. lah ini gulaku gula jenis opo toh yo.. semoga bisa

      Delete
    4. gula yang kasar alias butirannya gede-gede, kalo yang butirannya halus di panasin bukannya meleleh malah mengeras mbaa hahaha...

      Delete
    5. wah mba.. gulaku butirannya ga kasar banget sih..tapi ga halus moga aja bisa neh..
      bahan sudah ada, tinggal mood datang.. belum juga eksekusi sekarang he he he..

      Delete
  2. Klo dah bisa bikin malah jd ketagihan mo bikin lg ya mba. Sampe skrg aq blm pede bikin bolgul mba. Ya proses gulungnya itu bikin cemas duluan takut gatot malah retak2 cakenya hhihi....
    ntar deh ngumpulin keberanian dulu hahaaa....

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini bener deh, kalau bisa jadi pengen buat lagi he he he.. coba deh mba pake resep ini, pasti bisa asal ikutin resepnya

      sipp kumpulin dulu keberanian.. he he he

      Delete
  3. Duh...., senangnya bila percobaan pertama langsung sukses. Saya sudah dua kali mencoba dan dua-duanya gagal, hehehe..., soalnya nekat buat bolu gulung padahal tidak punya loyangnya ditambah modif sana-sini juga, jadi wajar kalo gatot, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, senang sekali rasanya, sukses begini kan jadinya semangat.. he eh kalau modif sana sini untuk resep tertentu suka gatot hi hi hi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.