Pizza Cone Chicken Broccoli



resep pizza cone

Ah.. akhirnya hari ini saya punya waktu untuk ngeblog, setelah beberapa hari sibuk dengan urusan sekolah Sophie, ya masih penyesuaian juga di saya neh dengan irama waktu sekolah Sophie. Nah kemarin di sela waktu senggang sore hari saya sempatkan membuat pizza cone ayam brokoli ini.

Sudah beberapa hari yang lalu sih sebenarnya ingin buat, secara penasaran juga mau coba setelah dapat komentar di fb dari Ummu Sireen, wah terima kasih Ummu, kalau tidak kan mana kepikiran saya mau coba buat pizza cone ini. Ternyata memang membuatnya membutuhkan usaha lebih terutama buat yang tidak punya cetakan seperti saya ini. 

Cetakan pizza cone ini sebenarnya ada yang jual, pernah lihat ketika browsing tapi lupa di mana, satu set ada 3 buah terdiri dari cutter pencetak adonan, cone dan penyangga cone. Harganya lumayan mahal kalau menurut saya, dan untuk membuat satu resep membutuhkan paling tidak 6 set, kebayang kan berapa banyak kocek yang harus dikeluarkan demi cetakan ini.

Okelah, pakai cara yang ribet sedikit tapi murah meriah, sangat murah malah. Pakai karton yang dilapisi alumunium foil. Tonton beberapa video youtube, kebanyakan memang tutorial membuat cone-nya tapi untuk penyangga cone ada yang menggunakan kawat silender, cetakan muffin panjang atau malah ada yang menggunakan gelas tahan panas. 

Ada juga yang versi simple sekali, tanpa cetakan cone ini, jadi sekaligus, menggunakan kaleng softdrink. Bedanya kalau menggunakan kaleng ini, adonan langsung dibentuk manual saja seperti halnya membentuk samosa, baru deh diletakkan di kaleng softdrink lalu dipanggang berikut sudah dengan topping pizza, saus dan keju.

Setelah saya pikirkan, akhirnya saya coba buat yang saya mau saja, saya gunakan cone dari karton berbalut alumunium foil, penyangga juga dari karton berbalut alumunium foil hanya berbentuk silinder dan untuk pemotong adonan saya tidak gunakan hanya manual saja.

Untuk ukuran sendiri tergantung selera ya, kalau saya baru coba-coba dan ternyata dengan ukuran cone yang saya buat ini dengan resep pizza pan yang biasa menghasilkan 6 buah, ih pas deh secara memang saya buat hanya 6 set cetakan cone dan 6 penyangga silinder ini.

Cara membuat cetakan cone serta penyangganya yang saya lakukan :
  1. Untuk cone : siapkan karton cukup tebal, potong ukuran 18cm x 11cm, gulung bentuk cone/kerucut, rekatkan dengan staples. Lakukan untuk cone berikutnya, jumlah sesuai selera, di sini saya hanya membuat 6 buah. Rapikan bagian dasar cone dengan cara mengguntingnya sehingga didapatkan dasar yang rata sehingga ketika digunakan cone bisa berdiri rata di loyang. Siapkan alumunium foil dengan ukuran lebih besar dari ukuran karton cone, di sini saya lupa ukur, kurang lebih 22x15cm. Bungkus karton dengan alumunium foil sehingga semua permukaan karton tertutupi, masukkan sisa berlebih alumunium foil ke bagian dalam cone sehingga bagian dasar menjadi rapi.
  2. Untuk penyangga : siapkan karton cukup tebal, potong ukuran 20cm x 8cm, gulung dan rekatkan dengan staples. Ukuran diameter silinder dipaskan dulu dengan ukuran cone, dicoba sehingga ketika cone dimasukkan ke dalam lubang silinder bisa tertahan kurang lebih 1/2-3/4 bagian cone. Bungkus silinder dengan alumunium foil, lebihkan di bagian atas dan bawah sehingga sisa alumunium foil bisa dimasukkan ke bagian dalam silinder.
cara membuat cetakan pizza cone

Bagaimana cara membuat pizza cone ini? okeh begini neh urutannya, jadi setelah adonan pizza sudah siap, adonan digilas persegi panjang, bagi sesuai yang diinginkan, kira-kira saja sesuai dengan ukuran cone. Lalu adonan dibalutkan ke cetakan cone, dicubit-cubit di bagian sambungan supaya tidak membuka, dan ditekan-tekan supaya mengikuti bentuk cone ini. Tata di loyang dan diberi jarak. Di sini saya menggunakan loyang pizza saja.

Setelah selesai baru dipanggang, gunakan saja api bawah, panggang selama kurang lebih 6-8  menit dengan suhu 200 derajat celcius sampai permukaan terlihat kering dan mulai kecoklatan, keluarkan dari oven, dinginkan sejenak sampai bisa dikeluarkan dari cetakan, dorong atau tarik sedikit kalau agak sulit gunakan sendok untuk mendorong tapi jangan sampai merusak roti pizza cone ini. 

membuat roti pizza cone

Kemudian letakkan roti pizza cone di penyangga yang disusun di loyang, isi dengan keju mozarella parut, lalu saus pizza lalu topping, kemudian saus lagi terakhir keju mozarella parut. Catatan : untuk susunan pengisi cone kembali lagi kepada selera ya demikian juga untuk bahan-bahannya, sesuai selera  dan ketersediaan bahan saja.

pizza cone


bahan pizza cone
Setelah itu baru dipanggang dengan suhu 200 derajat celcius menggunakan api bawah selama kurang lebih 5 menit sampai keju mulai terlihat meleleh, lalu lanjutkan dengan api atas selama kurang lebih 2 menit sampai permukaan roti pizza bagian atas terlihat kecoklatan. Kalau yang ini tergantung selera dan oven juga, kalau dengan api bawah saja dirasa cukup, tidak perlu gunakan api atas lagi.

pizza cone after baked

Oh iya untuk adonan resep di bawah menghasilkan adonan yang lengket, jadi selalu taburi alas kerja dengan tepung, lumuri kayu penggilas/rolling pin dengan tepung demikian juga tangan. 

Nah bagaimana rasanya? walaupun adonan sama dan topping begitu saja tapi rasanya lebih sedap loh.. he he he.. itu menurut saya dan Sophie. Hmmm Sophie sudah boleh makan pizza lagi, secara emaknya berpikir dia sudah mulai capek sekolah, pergi pagi pulang siang dengan kegiatan belajarnya jadi sekali-sekali diberi cemilan pizza, masak oatmeal terus he he he..

Makanya dia sangat senang sekali dengan pizza cone ini, ribut saja menanyakan kapan bisa makan pizza cone, mulai dari saya membentuk sampai pizza di dalam oven. Akhirnya setelah matang dengan sangat bahagia dia menyantap pizza ini. Begitu habis langsung mengatakan kayaknya Pipi mau satu lagi deh pizza cone-nya. Nah untungnya buat pizza ini tidak seragam ukurannya, maklum lah ya baru pertama kali coba, ya kan.. jadi untuk Pipi beri pizza ukuran kecil saja, biar tidak terlalu banyak juga dia makan, walaupun dia tidak diet lagi.

Okeh deh, berikut lanjut ke resep ya... silakan..

Pizza Cone Chicken Broccoli

Bahan roti pizza :
  • 125 ml air hangat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3/4 sendok teh ragi instan
  • 160 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan topping ayam brokoli :
  • 150 gr dada ayam rebus, suwir-suwir
  • 150 gr kuntum brokoli yang dipotong kecil
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris memanjang atau sesuai selera
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan saus : (campur jadi satu)
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh oregano kering

Bahan taburan :
  • keju mozarela secukupnya, parut kasar

Cara membuat :
  1. Di mangkuk kecil larutkan gula pasir dengan air hangat, beri ragi instan, aduk dan biarkan hingga berbusa. Di mangkuk cukup besar, campur tepung terigu dan garam, tuangkan larutan ragi instan, aduk rata dengan tangan atau sendok, tambahkan minyak, aduk rata kembali dan uleni hanya hingga tercampur rata (adonan sangat lengket, gunakan sarung tangan plastik atau lumuri tangan dengan minyak), tutup dan biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Siapkan topping, tumis bawang putih sampai keemasan, masukkan bawang bombay, tumis hingga transparan, masukkan brokoli dan ayam suwir, tambahkan kecap asin, saus tiram, minyak wijen dan merica bubuk, masak hingga matang, cicipi rasanya, angkat dan dinginkan sejenak.
  3. Kempiskan adonan, taburi alas kerja atau meja kerja dan juga rolling pin dengan tepung, gilas adonan membentuk persegi panjang, potong 6 bagian, dirasa-rasa cukup untuk menutup cetakan cone, atau bisa dicoba dulu ya, kalau kurang atau berlebih bisa digilas lagi lalu dibagi lagi (saya pun begitu, 2x percobaan ukuran karena memang belum tahu pasnya)
  4. Ambil satu bagian, tutupkan adonan ke permukaan cone, cubit-cubit bagian sambungan, permanis bagian atas dan juga bagian bawah, usahakan ketebalan sama di semua bagian, lalu di bagian bawah usahakan rata supaya bagus bentuknya. Lakukan hal ini dengan cara menekan-nekan adonan. Letakkan di loyang, beri jarak (di sini saya menggunakan loyang pizza). Lakukan sampai selesai.
  5. Panggang selama kurang lebih 6-8 menit sampai permukaan terlihat kering dan sedikit kecoklatan, keluarkan dari loyang dan dinginkan sejenak, keluarkan roti pizza dan tata di silinder penyangga, isi dengan keju mozarela, saus, topping, saus kembali dan keju mozarela. Panggang dengan api bawah suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 5 menit sampai keju terlihat meleleh, lalu lanjutkan dengan api atas sampai terlihat permukaan roti bagian atas kecoklatan.

resep pizza cone ayam brokoli mudah

Nah semoga resep pizza cone ayam brokoli kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...



Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Bikin yg ribet2 gini sih cocok buat mba Monic yg rajin. Tp nggak buat aq yg pemalas gini...hihihi

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... mba Rini bisa aja, sedang mood aja tuh mba, kalau sedang kumat malasnya, malah malas buat apa-apa he he he

      Delete
  2. Pizza cone ini dipanggang 2 kali yah ? Pertama untuk membuat wadahnya (kulitnya). Yang kedua dipanggang lagi setelah diisi, begitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup... benar sekali mba Rina....100 buat mba Rina he he he

      Delete
  3. Duh, ribet juga ya kalau mau buat pizza cone? Sepertinya saya tak akan pernah membuatnya, padahal bentuknya unik. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm ga juga ribet sih mba sebenarnya, hanya kelihatannya saja ribet, tapi kalau sudah dikerjakan tidak sebegitu ribet kok

      gimana kabar mba Ima? sudah lebih baik? semoga cepat pulih ya mba Ima

      Delete
  4. mba monic kreatif banget lucu lo saya suka saya suka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ani di Semarang kan ini.. he he he inget lambang kupu2nya..
      ayo mba dicoba buat, beda loh sensasi rasanya menikmati pizza cone dibanding pizza pan

      Delete
  5. Masha allah hebat bgt sih mba.. bisa bikin yg super susah gitu.. pasti wktu jaman sekolah nilainya bagus nih pelajaran KKTK nya heheee.. sukses bgt buat aku ngeceeessss hahahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he mba Lina bisa aja, buatnya sih asal juga sih mba, pakai kira2 pas gulungnya, jadi kalau di pelajaran KKTK juga pasti nilainya jelek tuh kalau dikumpulin, ga sama besar ha ha ha..

      jangan ngecessss aja mba, buat sendiri jadi ga penasaran lagi he he he..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.