Crispy Chicken Black Burger



resep crispy chicken black burger

Halo... apa kabar semua? semoga tetap asyik dan sehat selalu ya... nah saya muncul lagi dan kali ini saya posting resep crispy chicken black burger. Jiahhh... namanya ya.. secara baru ada kesempatan untuk membuat roti hitam begini.

Padahal black burger ataupun black pizza sudah lama kan ya ngetren, saya selalu ketinggalan untuk mencobanya. Nah ini juga kebetulan, kalau tidak ada Sophie yang punya ide, saya mana kepikiran dan belum niat untuk membuat black burger ini.

Ceritanya ketika malam hari nih, saya ke swalayan dekat rumah dan saya pergi dengan Sophie. Ketika saya sedang sibuk melihat-lihat margarin dan butter, ealah tiba-tiba dia datang dengan membawa pewarna hitam. Ibu, lihat, ini ada black coloring, bisa buat black pizza, begitu katanya. Lalu saya lihat kemasannya, botol kecil dan ini adalah pewarna merk kupu-kupu, yang hobi baking tentu sudah tahu kan kalau merk ini memang banyak di pasaran. Botolnya kecil, kemasan 30ml. Dan di botolnya terdapat gambar black burger... nah saya kepikiran percobaan pertama adalah membuat chicken burger.

Nah sebenarnya sih, untuk membuat roti hitam begini, selain dengan pewarna hitam, tentu saja dengan menggunakan bubuk charcoal atau bubuk arang atau dengan tinta cumi-cumi. Berhubung saya adanya pewarna hitam ini ya sudah saya gunakan saja yang ini, dan membuat black burger ini hanya untuk menghilangkan penasaran saja.

Sebelum membuat roti yang hitam begini, dulu itu ketika sedang ngetrennya black burger atau black pizza, bapaknya Sophie mengatakan, coba buat pakai norit saja, kan sama saja tuh... hi hi hi... iya juga ya kata saya, tapi saya belum niat deh, dan belum mencari tahu lebih jauh apa bisa pakai norit. Secara di rumah ya menyetok norit, buat kita sekeluarga termasuk buat kucing gembul adul bedul. 

Oh iya, untuk resep rotinya sih mirip dengan resep roti homemade burger bun yang pernah saya posting sebelumnya, sedikit modifikasi saja dan masih roti tanpa ulen. Dan untuk isian burger bunnya, saya menggunakan ayam goreng tepung, coleslaw, irisan tomat dan juga acar timun.

Okeh, tanpa berlama-lama berikut resep crispy chicken black burger ya... silakan..

Crispy Chicken Black Burger

Burger Bun

Bahan :
  • 75 ml air hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 50 ml air *
  • 12 ml pewarna hitam cair atau sekitar 1 sendok makan * (*campur jadi satu)
  • 175 gr tepung terigu protein tinggi
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan butter atau margarin, lelehkan

Bahan Olesan :
  • susu cair

Bahan taburan :
  • wijen putih

Cara membuat :
  1. Di mangkuk cukup besar, tuang 75 ml air hangat, beri gula, aduk sampai gula larut. Taburkan ragi instant, tunggu sampai ragi instant larut kurang lebih 5 menit, lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata (kalau saya diamkan dulu lagi kurang lebih 5 - 10 menit sampai mucul gelembung-gelembung di permukaan yang menandakan ragi masih aktif)
  2. Di mangkuk yang lain campur terigu, gula dan garam, masukkan ke dalam larutan ragi instan, larutan pewarna, tambahkan kuning telur, aduk hingga membentuk adonan yang kenyal (saya gunakan sendok kayu)
  3. Beri mentega/margarin cair, aduk kembali dengan sendok kayu sebentar, lalu supaya rata saya aduk dengan tangan (mirip menguleni hanya tetap di dalam mangkuk dan hanya sampai tercampur rata, kira-kira selama kurang dari 1-2menit saja)
  4. Bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 20 menit
  5. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan dengan cara menarik bagian atas ke bawah sehingga membentuk bola. Lalu fermentasikan lagi selama 20 menit. Lakukan sampai 3 x proses ini, jadi total waktunya 1 jam ya
  6. Setelah proses 3x fermentasi, kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian, bulatkan masing-masing kemudian tekan sedikit supaya agak gepeng. Letakkan di dalam loyang bersemir margarin, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga mengembang
  7. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, taburi dengan wijen
  8. Panggang selama kurang lebih 15- 20 menit atau sampai wijen mulai terlihat kecoklatan dan bagian bawah roti terlihat kecoklatan
  9. Angkat dan dinginkan, siap digunakan untuk membuat burger kesukaan

Crispy Fried Chicken

Bahan :
  • 2 buah dada ayam, potong hingga menjadi 8 bagian melebar
  • 100 ml susu cair + 1 sendok makan air jeruk nipis, aduk rata
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan baluran tepung :
  • 125 gr tepung terigu serbaguna
  • 125 gr tepung bumbu ayam krispi (saya gunakan merk kobe)

Cara membuat :
Rendam potongan dada ayam di campuran susu air jeruk nipis serta garam dan merica bubuk, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Ambil potongan ayam, balurkan ke dalam tepung, cubit-cubit hingga tepung menempel. Goreng dengan minyak panas yang banyak sampai garing, angkat dan tiriskan.


Coleslaw

Bahan :
  • 1 buah wortel ukuran berat kurang lebih 100gr
  • 100 gr kol
  • 3 sendok makan mayones
  • 2 sendok makan mayones pedas
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Iris halus wortel dan kol, campur semua bahan jadi satu, cicipi rasanya.


Penyelesaian :
Ambil burger bun, bagi 2, panggang sebentar bagian potongan di teflon yang diberi sedikit margarin. Tata tomat, acar timun, ayam krispi dan coleslaw, kemudian tutup dengan bagian atas potongan burger bun, siap disantap. Jika suka bisa diberi saus tomat dan saus sambal.

resep burger hitam ayam kriuk

Nah semoga resep crispy chicken black burger ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba..


NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Burger pakai norit ? Keren idenya tuh hihihi....

    Seumur umur belum pernah bukin roti hitam legam gini. Tiap kali ke TBK mau beli charcoal kok lupa mulu. Kalo gada ya beli pewarna hitam. Diriku selalu dan selalu bikin pake jus pandan. Lha di rumah punya nya daun pandan ajah. Dah gitu orang rumah pada demen roti pandan deh (alesan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... iya hitam2 arang begitu mengingatkan bapaknya Sophie dengan norit..

      iya nih mba karena kebetulan aja nih ketemu pewarna hitam jadi deh buat, kalau ga kapan lagi dicoba
      gpp mba, selagi orang rumah doyan pandan, dan stok pandan ada terus, buat roti pandan aja, wangi dan tentunya ga bosenin he he he

      Delete
  2. Mupeeeeeng, Mbak....
    Di sini ada yang jual tapi isinya daging/ayam. Sementara saya tidak boleh makan itu. Andai sudah bisa masak-masak, saya bisa bikin burger isi ikan.

    Iiihh..., Sophie pintar banget deh. Udah tahu bahan-bahan makanan seperti itu.

    Norit itu apa, Mbak? Kok bisa buat si Adul Bedul?

    Oh iya, Mbak. Makan burger dengan isi sebanyak di atas, harus siap buka mulut lebar-lebar. Aaaaaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak juga tuh mba kalau buat burger ikan, semoga secepatnya mba Ima bisa pulih seperti sedia kala ya, jadi bisa masak2 lagi

      iya mba, sekarang dia bisa aja yang ginian, tahu aja bahan-bahan begitu..

      norit itu karbon aktif mba, berasal dari tumbuh-tumbuhan yang diaktifkan, berguna buat mengatasi diare atau perut kembung, buat Adul Bedul bisa juga pas ketika dia diare

      aih aih benar sekali mba Ima, harus mangap yang selebar-lebarnya ha ha ha...

      Delete
    2. Saya sudah Googling, Mbak. Jadi tidak penasaran sama norit lagi. Orang sini sepertinya tidak ada yang menggunakan norit, Mbak. Entahlah kalau saya yang kudet, heheheh.

      Delete
    3. he he he... sudah ya googling ya..saya saja baru tahu sejak kenal dengan bapaknya Sophie kok mba tentang norit ini, dulu mana tahu

      Delete
  3. Hahahaha ..., ide bapaknya Sophie pakai norit buat bikin warna burger jadi hitam bagus juga 🤣

    Mungkin, dengan pemakaian tinta cumi-cumi burger akan lebih terasa enak ya, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya mas Himawan, boleh juga ya idenya...

      iya mas kalau pakai tinta cumi rasanya tentu lebih gurih mas.. jadi lebih enak deh

      Delete
  4. Crispy Chicken Black Burger merupakan menu vaforit Neng, kalau lihat bahan dasarnya terasa cepat cepat mau bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, cepat kok buatnya... dan mudah tentu saja

      terima kasih sudah mampir mas

      Delete
  5. Wahwah sepertinya nikmat sekali ya kak Burgernya.. Dulu aku pernah nyoba di daerah Bogor, tapi ga cuma hitam si, ada juga warna warni dan motif gitu, tp lupa nama restorannya apa ehehe.

    Btw Bapaknya Sophie ngakak amat.. masa dipakein Norit :D yang ada malah susah buang air ntar

    Fajarwalker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Fajar, enak ini burgernya.. wah keren donk warna-warni dan bermotif juga...

      he he he iya idenya gitu deh mas, he eh buat orang tertentu efek sampingnya ya susah bab ya mas norit itu

      terima kasih kunjungannya ya mas Fajar

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.