Nastar Jambu



resep nastar jambu

Hai... hola..wah tidak berasa sudah berada di penghujung bulan Agustus ya.. hmmm saya sempatkan diri untuk posting dulu. Kali ini resep nastar jambu, tapi ini buatnya sudah beberapa waktu yang lalu, sudah habis tentu saja, walaupun menghabiskannya dengan cara dicicil..he he he.. untung kue kering ya jadi walaupun lama habisnya tidak masalah.

Nastar adalah salah satu kue kering yang saya suka sekali, tapi tidak dengan Sophie, dia sama sekali tidak suka, kalau bapaknya suka ya tidak, tidak suka ya tidak juga. Kalau dia mau makan ya makan. Nah sedang iseng buat nastar begini, sedang terobsesi dengan nastar jambunya Holland bakery. Nastar jambunya itu loh menurut saya enak sekali, tapi kalau beli tentu saja mahal, beli per biji seharga 6 ribu rupiah. Bisa jebol kantong, nah mumpung mood, buat saja.. pas juga sedang ada stok butter, jadi apa salahnya kan. Tapi salahnya itu membuat begini butuh waktu yang tidak sebentar. Butuh ketelatenan kalau saya katakan.

Walaupun menurut saya hasilnya masih belum seragam, olesannya juga retak-retak, tapi tidak masalah, rasanya sedap he he he..puas deh, di tengah kesibukan akhirnya saya bisa juga membuat nastar jambu yang sudah lama ingin saya buat. Nah supaya lebih mirip dengan nastar jambu Holland bakery, baiklah saya pakai juga cherry hijau, jiahhhh...

Wokeh... yang mau merepotkan diri mencoba membuat nastar ini juga, mari.. ini dia resepnya, silakan..

Nastar Jambu
untuk 45 buah

Bahan :
  • 130 gr butter (saya gunakan butter merk golden churn)
  • 120 gr blueband cake n cookie
  • 50 gr gula halus (saya gunakan gula pasir diblender)
  • 2 butir kuning telur
  • 350 gr tepung terigu protein rendah
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • selai nanas, bulatkan kurang lebih berat 5-6 gr
  • cherry hijau secukupnya, 1 buah dibagi 16 bagian (untuk tangkai)
  • 1 kuning telur + 1/4 sendok teh madu + 1/2 sendok teh air (untuk olesan)

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu dan susu bubuk, sisihkan
  2. Kocok sebentar butter dan blueband cake n cookie dengan balloon whisk sampai lembut, masukkan gula halus, kocok sebentar lagi hingga tercampur rata, masukkan kuning telur, kocok sebentar saja asal rata
  3. Tambahkan campuran tepung, aduk rata dengan sendok kayu, kalau perlu aduk dengan tangan beralas sarung tangan plastik sebentar saja asal tercampur 
  4. Ambil sedikit adonan, timbang seberat kurang lebih 14-15gr, pipihkan tanpa perlu dibulatkan dulu, isi selai lalu bentuk jambu (catatan : proses ini harus dilakukan dengan cepat supaya tidak terlalu lama adonan bersentuhan dengan tangan yang cukup panas, hal ini untuk mencegah nastar melebar kala dipanggang). Timbang jika ingin seragam, di sini saya hanya timbang untuk sekitar 5 adonan pertama, selebihnya hanya kira-kira.
  5. Tata nastar jambu di loyang tanpa dioles butter/margarin, lakukan sampai selesai, beri potongan cherry hijau di atasnya.
  6. Panggang di oven suhu 150 derajat celcius yang sudah dipanaskan sebelumnya, panggang selama kurang lebih 20 menit, keluarkan dari oven, olesi dengan bahan olesan, panggang kembali sampai matang (kurang lebih selama 15-20 menit, tergantung oven masing-masing)
  7. Keluarkan dari oven dan dinginkan

adonan nastar jambu

Selai Nanas

Bahan :
  • 1 buah nanas berat 1.3kg dengan kulit
  • 200 gr gula pasir
  • 3 batang kayu manis @4cm (kurangi atau skip jika tidak suka)
  • 8 butir cengkeh (kurangi atau skip jika tidak suka)

Cara membuat :
Kupas dan bersihkan nanas, parut dan masak hingga tidak berair lagi, masukkan gula pasir, kayu manis dan cengkeh, masak hingga kering, dinginkan, masukkan sebentar ke dalam kulkas hingga memadat (kurang lebih selama 30 menit), keluarkan dari kulkas dan bulatkan dengan besar sesuai selera


nastar jambu holland bakery wanna be

Nah semoga resep nastar jambu ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Tampilan nastarnya beda sama yang udah pernah kulihat sebelumnya..., diolah jadi unik bentuknya oleh kak Monica.
    Keren 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Himawan, ini sedikit beda dengan nastar kebanyakan yang bulat-bulat, terinspirasi dengan nastarnya holland bakery yang bentuk jambu begini he he he...

      Delete
  2. Saya juga suka tidak suka sama nastar, Mbak. Kalau ada yang lain, nastar dicuekin dan kalau disuruh milih, saya milih bikin kue yang lain daripada bikin nastar, heheheh.

    Trus, soal olesan kuning telur, yang saya tahu ada dua pendapat, Mbak. Ada yang suka olesan mulus dan ada juga yang suka kalau olesannya retak-retak. Kalau saya sendiri sukanya yang mulus, Mbak. Tapi nastar buatan Mbak Monic menurut saya bentuknya unyu-unyu. Baru tahu ada nastar bentuk jambu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dulu sama Pipi..he he he.. yang sama2 tidak suka nastar

      olesan kuning telur kalau saya semua tidak masalah, semua saya suka, ha ha ha.. soalnya suka sama nastarnya itu, paduan kulit dan selai nanas di dalamnya itu loh hi hi hi..satu ga pernah cukup

      makasih mba Ima, walaupun kalau dari segi bentuk masih jauhlah dari bentuk rujukan aslinya

      Delete
  3. Wuih rajiiiinnn.... Diriku kalo disuruh bikin kukis males, tapi kok rajin bikin onde-onde ya hahahah...padahal sama sama panjang prosesnya.

    Kalo deketan aku minta nastarnya deh. Barter sama onde-ondenya ya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh dia mba Rina.. nah daku kalau disuruh buat onde-onde mikir dulu.. trus buat kue-kue tradisional lainnya, mikir 2x ha ha ha

      ahai iya bisa barter ya kalau deketan he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.