Pempek Udang Versi Pempek Adaan

pempek adaan udang
pempek udang

Walaupun tidak ada ikan tenggiri, apalagi ikan gabus dan apalagi ikan belida...tetap bisa buat pempek..he he he..yup pempek udang yang dibuat versi pempek adaan. Maksa tidak ya..

Lagi ingin makan pempek tetapi adanya cuma udang, hmmm tidak masalah ya...Nah sudah beberapa hari ini ingin membuat pempek adaan. Ketika melihat foto pempek adaan di fb teman kecil saya di Palembang..jadi ingin buat sendiri. Nah dari penampakan fotonya maka tentu saja membuat ngiler..he he he...
Segera minta resepnya..hu hu hu..tidak di reply-reply...hmm sibuk kali ya...lagian tidak sopan kali ya saya ini..sudah lama tidak kontak eh begitu kontak minta resep..ha ha ha..dasar...

Ya akhirnya saya coba saja sendiri deh...secara kan sudah sering makan pempek adaan ini...Nah menurut saya nih kalau membuat pempek..walaupun ada resep di tangan tetapi tetap harus beberapa kali mencoba sampai didapatkan resep yang benar-benar pas.

Berdasarkan pengalaman membuat pempek..yang secara baru saya mulai sejak tahun 2008..kemana saja buk? Ya harusnya memang ketika saya di Palembang sudah harus coba membuat pempek sendiri ya..lha kok ini sudah pernah tinggal di Bandung, Bekasi, Surabaya dan Batam. Eh baru di Batam ada keinginan membuat pempek sendiri. Jadinya ya susah kan...

Dulu prinsipnya banyak sekali yang jual pempek enak...ngapain repot buat sendiri...nah ketika di Batam ya susah cari pempek enak seenak yang di Palembang. Ya repot kalau setiap ingin makan pempek harus delivery dari Palembang.

Nah ada pempek favorit keluarga kami dulu..namanya pempek Mang Din. Karena dulu tinggal di Plaju, jadi ya cukup mudah untuk ke Kertapati pusat jualan Mang Din. Kenapa kami pilih Mang Din? secara pempeknya enak tetapi harganya cukup bersahabat. Rasa-rasanya ya miriplah dengan pempek Candy yang terkenal itu.

Di Batam pernah saya sempat tiap hari selama seminggu lebih mencoba mengutak-atik resep pempek supaya dapat tekstur yang menyamai pempek Mang Din. Saya catat perubahannya..nah dulu mana kepikiran ya untuk catat di buku apalagi di komputer. Jadi catat di hape. Eh karena saya pikir gampang di hape ada..jadi tidak pernah berpikir kalau memory card bisa rusak...hmmm hilang deh hasil eksperimen saya...hiks...

Untuk mencoba lagi sepertinya saya belum mood...nantilah tunggu mood datang dan pastinya ada stok ikan tenggiri...he he he..

Oh iya kembali lagi ke pempek udang ini ya...nah pempek ini saya buat menggunakan bumbu pempek adaan yang saya reka-reka sendiri. Tentu saja setelah browsing juga beberapa resep di internet..tetapi saya tidak menggunakan salah satu resep tersebut..

Nah hasilnya adalah..walaupun pempeknya enak..pastinya tanpa penyedap ya...tetapi teksturnya saya belum terlalu suka. belum pas menurut saya. Lain kali saya akan coba lagi. Tetapi tidak ada salahnya berbagi resep ini ya..siapa tahu ada yang mencoba membuatnya dan suka dengan teksturnya. Pempeknya lembut sih hanya ya tetap kenyal. Nah saya maunya lembut dan tidak begitu kenyal.

Hmmm semoga saja nih ada orang Palembang...ataupun bukan orang Palembang yang membaca posting saya ini dan mau memberi masukan resep pempek Adaan yang enak seperti yang dijual di Palembang....semoga..berharap..he he he..

Membuat pempek ini tidak saya bulat-bulatkan, malasnya datang nih...saya gunakan saja 2 buah sendok untuk membentuk pempek ini. Seperti kalau membuat bakso. Hanya kalau membuat bakso dengan sendok maka bakso bisa membulat ya ketika sudah dimasak, tetapi ini tidak bisa bulat sempurna..he he he..

Untuk cukonya saya tetap gunakan resep cuko yang pernah saya posting sebelumnya pada resep pempek godo-godo khas Palembang.

Nah sepertinya sudah terlalu panjang ya cerita saya..berikut resepnya saja ya...

Pempek Udang Versi Pempek Adaan

Bahan :
  • 250 gr udang, buang kulit dan kepala (jadinya tidak 250 gr lagi ya)
  • 1 1/2 cup tepung tapioka (170 gr)
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 65 ml santan kental instan
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 ml air es
  • minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Haluskan udang dan bawang merah serta bawang putih, saya gunakan chopper
  2. Masukkan santan. garam dan gula pasir ke dalam chopper dan proses kembali hingga menyatu
  3. Tuangkan ke dalam mangkuk
  4. Beri air es, aduk rata
  5. Tambahkan telur dan daun bawang, aduk rata kembali
  6. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai didapat kekentalan yang dirasa pas
    pempek udang adaan
    adonan pempek
  7. Ambil adonan dan bentuk bulat dengan 2 buah sendok (atau ambil secukupnya tekan hingga keluar dari jempol dan telunjuk seperti membuat bakso, atau juga ambil adonan dan bulatkan dengan tangan yang diberi tepung tapioka)
  8. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang supaya matang sampai ke tengah
  9. Begitu sudah kecoklatan angkat dan tiriskan

pempek adaan udang
pempek udang versi pempek adaan
Siap dinikmati dengan cuko pempek....nah resep cuko bisa lihat di resep pempek godo-godo khas Palembang ya..pempek godo-godo ini adalah pempek yang sangat mudah untuk dibuat lho....

Nah semoga resep pempek udang versi pempek adaan ini bermanfaat ya..semoga tertarik utnuk mencobanya sendiri dan semoga suka ya...


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.