Martabak Manis dengan Teflon (Mudah)

martabak manis teflon
martabak manis dengan teflon
Aih..aih..jadi juga nih martabak manis dengan teflon yang saya buat...biarpun ini edisi martabak perdana. Hmm lumayan...dan yang penting tanpa loyang khusus martabak sudah bisa juga membuat martabak sendiri.

Ini nih kalau suka latah dengan member grup masak, jadi suka ikutan penasaran...seperti halnya seblak, saya coba juga dan tidak ketinggalan yang paling heboh..pom pom potato lalu puding roti tawar..wah sepertinya bakal ada lagi nih yang saya mau coba...he he he...

Nah dari beberapa resep, ada resep martabak yang saya baca-baca dan menurut saya paling mudah untuk dibuat. Hmmm terima kasih untuk mba Dessy Nur Widyaningrum. Begitu melihat hasil eksekusi mba Dessy serta hasil ujicoba member yang lain dengan resep ini, maka saya menimbang akhirnya memutuskan bahwa saya harus mencoba juga...

Martabak yang saya buat bersarang, dan tentunya enak menurut saya lho...hanya saja toppingnya hanya keju parut, sepertinya kalau toppingnya meses atau meses kacang bakalan lebih enak deh, atau meses keju, secara kalau beli martabak manis, ini topping favorit saya. Kalau bapaknya Sophie doyannya topping ketan hitam kelapa..yang ini juga enak. Kalau kami beli ya mesti 2 rasa ini, ya jadinya 2 loyang..ha ha ha...

Kali ini buat sendiri, nah kalau buat sendiri suka takut-takut kalau kebanyakan beri olesan margarin, tambahin gula pasirnya, atau beri susu kental manisnya..hadeuhh..padahal enaknya di situ kan ya...tadi jadinya beri topping seadanya saja. Yang suka dengan topping yang banyak silakan berkreasi sesuai selera ya....

Ok deh, sekarang lanjut ke resepnya ya..silakan...
Martabak Manis dengan Teflon (Mudah)

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein sedang (saya gunakan merk segitiga biru)
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh soda kue (penting : masukan soda kue sebelum adonan dituang di teflon)
  • 350 ml air
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/4 sendok teh garam

Pelengkap :
  • gula pasir
  • margarin
  • susu kental manis
  • keju parut
  • meses
  • kacang

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur terigu, gula pasir, ragi instan, telur, garam, tuang air perlahan
  2. Aduk dengan balloon whisk hingga adonan mulus dan tidak bergerindil lagi (catatan : adonan cukup kental tetapi masih bisa dituang ya)
  3. Diamkan selama kurang lebih 20 menit (saya diamkan 30 menit, tanpa ditutup)
  4. Panaskan teflon dengan api sedang (pastikan benar-benar panas, dengan catatan, teflon tidak perlu dioles minyak atau margarin)
  5. Beri soda kue ke adonan, aduk rata
  6. Tuang ke dalam teflon sebanyak 3 sendok sayur, sesuaikan dengan ukuran teflon masing-masing (saya gunakan teflon ukuran 16cm)
  7. Ratakan dengan bagian dasar sendok sehingga adonan bisa menyebar sampai ke tepi teflon
  8. Begitu sudah mulai bersarang (muncul pori-pori), tutup teflon lalu kecilkan api
  9. Begitu sudah mulai kering permukaan, taburi dengan gula pasir (optional), lalu tutup lagi sebentar hingga bagian tepi mengeras
    resep martabak manis teflon
    martabak manis dengan teflon
  10. Angkat, lalu beri olesan margarin, beri topping sesuai selera
  11. Lipat dan potong-potong sesuai selera

Cukup mudah kan membuat martabak manis dengan teflon ini...semoga tertarik dengan resepnya ya..silakan dicoba...semoga suka ya...


NewerStories OlderStories Home

29 comments:

  1. Aaarghh...
    Kmrn aku bikin bersarang mba, tp legam dan gosyoong dgn suksesnya T_T :D
    Kynya krn jarak api ama teflonnya tlalu deket, hrs diganjel sesuatu..hiks
    mb Monic jd brp loyang ini? Dari awal pake api kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Oki,
      aku pk api sedang kecil waktu pertama kali sampai mulai bersarang, abis itu baru pk api kecil banget sampai tepi2nya garing
      itu aku jd 4 loyang diameter 16cm
      ayo cb lg..he he he..

      Delete
  2. Mau nyoba juga... klo teflon 22cm nuangnya brp sdm ya mba... terimakasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Dian,
      kalau teflon 22 cm, bisa coba adonan dibagi 2 saja mba, baru masing-masing dituang

      Delete
  3. saya nyoba resep ini, tapi koq ga berlubang gitu ya saat Di taruh di Teflon... padahal udah sesuai resep... rasanya jadi kurang lembut

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh begitu ya mba, biasanya kalau tidak berlubang itu karena soda kue/baking sodanya tidak aktif lagi mba, kalau mau coba tes baking soda, isi gelas atau mangkuk dengan air panas, kemudian masukkan sekitar 1 sendok teh baking soda, nah kalau masih berbusa tandanya baking sodanya masih aktif.
      kalau mengenai resep sih banyak yang sudah coba duluan mba, malah hasilnya lebih bagus dan bersarang daripada yang saya buat, makanya saya penasaran coba juga resep ini.
      semoga membantu ya mba Egha jawaban saya, terima kasih sudah coba resepnya walaupun hasilnya tidak memuaskan

      Delete
  4. Tks..jeng atas resepnya..barusan tak coba..sayang kekeringan shg tuk nglipatnya agak sulit..besok mau takcoba lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Itus,
      wah kekeringan ya buatnya, wah semoga percobaan kedua berhasil ya....semangat....
      terima kasih sudah coba resepnya dan kasih info hasilnya ya...

      Delete
  5. Terima kasih banyak resepnya ya Mbaak. Sudah dicoba. Enaak ^_^
    Izin share di blog-ku yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wiwit,
      sama-sama mba..silakan share di blog mba
      duh senangnya jadi ya martabaknya, saya sudah mampir ke blognya mba Wiwit, cantik ya sarangnya banyak...kelihatan empuk ya... jadi ngiler saya
      terima kasih sudah coba resep martabak manis ini dan kasih info hasilnya ya...

      Delete
  6. Hai, makasih...udah dicoba dan lumayan oke untuk hasil pertama. Bisa bersarang, tapi masih perlu latihan ngatur apinya. Yang pertama terlalu hitam di base nya, yang kedua basenya coklat cantik tapi atasnya agak kelembekan. Tapi resepnya berhasil.....dan gampang dibuat tanpa mixer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nantan,
      Wah makasih ya sudah coba resepnya, walaupun belum sempurna hasilnya.
      Memang api yang digunakan harus sangat kecil supaya dasarnya tidak gosong tetapi matang sampai ke bagian atasnya.

      Delete
  7. Wuihhh kelihatannya mantap nih mbak, kalau adonan nya kira kira berapa lama kuatnya mbak? Ter inspirasi buat jualan mbak, hehe. Ade

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Ade...
      kalau berapa lama tahan adonannya belum pernah nyoba sih, buat adonan langsung diolah neh..
      karena adonan pakai ragi mungkin tidak tahan lama sekali...hanya kalau berapa lamanya saya kurang tahu...maaf ya...
      Kalau mau coba dulu buat adonan sedikit kemudian dicoba bisa tahan berapa lama...
      semoga bisa tahan lama dan cocok buat jualan...terima kasih sudah mampir ya..

      Delete
  8. Mbak kl pk teflon uk 32 cm kra2 adonany dbgi 2 atau sekwli tuang y,makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo...
      kalau untuk telfon 32cm sepertinya 2x tuang, kalau sekali tuang sepertinya bisa saja hanya jadinya nanti tebal, tetapi tetap bisa kalau mau tebal, tetapi harus pastikan benar-benar menggunakan api yang sangat kecil supaya permukaan atas matang tetapi bagian bawah todak gosong

      Semoga membantu ya...terima kasih sudah mampir..

      Delete
  9. Telor kocok lepas itu maksutnya gmna tante? Maaf saya masih blm tau apa2 tentang bikin kue tan, ini pertama kali saya mau coba bikin kue hehehe btw aku masih 18 th tan. Thanks tante monica atas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai...
      telur dikocok lepas itu maksudnya, hanya asal dikocok sampai kuning telurnya pecah dan menyatu dengan putih telur, jadi tidak perlu dikocok sampai berbuih apalagi sampai mengembang dan pucat, cukup gunakan garpu ataupun sendok

      semoga mengerti ya, dan tetap semangat walaupun masih muda sudah mau belajar, salut ah...

      nanti kalau bingung-bingung silakan tanya-tanya lagi ya, kalau bisa saya jawab, ya saya jawab...
      terima kasih juga sudah mampir ya...

      Delete
  10. sempat salah tuang soda kue kebanyakan dan sekeluarga langsung keracunan , ada gak bahan yg bisa di ganti utk tdk pke soda kue t,t

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau buat martabak memang pakai soda kue supaya bersarang, bahan pengganti saya tidak tahu ya mba...
      sebaiknya jangan dituang soda kuenya, tapi ditakar pakai sendok, untuk resep ini hanya pakai 1/4 sendok teh, jadi sangat sedikit, kalau kebanyakan biasanya akan pahit
      nah lho sekeluarga keracunan, seberapa banyak soda kue yang dituang? pasti banyak sekali....hmmmm kalau sudah kejadian begitu sebaiknya jangan coba-coba dipaksakan untuk diolah, karena sudah menyalahi resep..

      untuk bahan-bahan tambahan seperti soda kue, baking powder, ragi instan atau apapun bahan yang tercantum di resep, sebaiknya ikuti ya mba, gunakan sendok takar yang seharusnya...berbeda takaran akan beda hasil...

      Delete
  11. Mba... utk air diganti susu cair gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Silvia,
      bisa kok mba airnya diganti susu cair, tentu rasanya akan lebih enak

      Delete
  12. Wahh resepnya cukup gampang ya. Mau nyoba tapi teflon saya sudah hilang anti lengketnya, tp kata mbak sebaiknya tidak boleh pakai mentega untuk mengolesi teflon. Kira2 bgaimana ya solusinya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Alfanita, iya mba resep ini termasuk cukup gampang. Alasannya teflon tidak perlu dioles margarin atau mentega supaya permukaan bawahnya mulus mba, tidak seperti pancake. Kalaupun mau pakai mentega, silakan pakai mba, oleskan tipis saja, tapi hasilnya tidak akan semulus tanpa mentega, tapi tidak masalah mba selama teksturnya tetap ok dan rasanya juga akan sama saja.

      Delete
  13. Sy nyoba semalam mbak, bwt sarapan anak2. Alhamdulillah berhasil sukses :), bertekstur berongga2, tapi menul2 empuk...Dan lbh sehat krn gak berminyak banget. Sy pke double pan jadi dibuat 2 porsi, soda kue sy mix dg baking powder,jd yg di resep 1/4 soda kue sy paroh, soda kue+baking powder. Makasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Shanti, wah saya ikutan senang deh kalau sukses...
      sama-sama mba Shanti, terima kasih ya sudah memberikan info tentang hasilnya di sini... hug hug..

      Delete
  14. Mbak terima ksih resepnya.. Aq udah coba, berhasil dan enak mbak.. Sma suka... Ijin tulis ulang resepnya ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Ida, aih senangnya kalau berhasil dan disuka.. rasanya sesuatu buat saya, terima kasih ya mba..

      silakan mba Ida ditulis ulang resepnya, terima kasih

      Delete
  15. Mbak udsh dicoba resepnya.. Makasih.. Ijin tulis ulang ya di IG ku 😊

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.