Resep Kue Favorit : Getas Ketan Hitam

cara membuat getas ketan hitam
getas ketan hitam
Hari ini posting resep kue favorit saya, yup getas ketan hitam. Kue ini sudah dari saya kecil sudah makan dan suka sekali dengan kue ini. Ya pada dasarnya saya suka dengan kue apapun yang berbahan dasar ketan, baik itu ketan putih atau hitam.
Sebut saja onde-onde, kue lupis, ketan serundeng, lemper apalagi..maniak..lemang...waduh...banyak deh pokoknya. Nah kalau di Palembang kue ini saya tidak tahu namanya, secara kalau di Palembang getas ya bukan kue ketan balut gula ini, tetapi jenis kerupuk bulat-bulat kecil, atau kerupuk silinder. Nah kalau di sana ya terkenalnya getas bangka.
Ketika jalan-jalan ke dapur maya mba Arik, ketemu deh resep getas ini, hmmm langsung deh punya keiinginan untuk membuat sendiri, secara dari segi bahan dan cara membuat ya kok sederhana ya. Hmm sudah dibookmark resepnya.
Kalau saya kangen makan getas, untungnya tidak perlu repot selama ini, walaupun tinggal di Batam, tetap bisa menemui getas ketan hitam ini. Pagi hari kue ini dijual di tempat khusus jualan aneka kue. Hmm harganya seribu perak, hanya selama yang saya amati kok ukurannya makin kecil saja ya..he he he...ya wajar ya..semakin hari harga barang dan kebutuhan semakin melambung.
Nah kalau mau puas ya buat donk ya..bisa buat yang besar-besar..ha ha ha..makan bisa sesuka hati sepuasnya. Dan kapan saja kalau lagi ingin makan tinggal buat....mantap...
Nah yang tertarik dengan resepnya, ini dia ya...
Resep Kue Favorit : Getas Ketan Hitam
(saya gunakan hanya 1/2 resep di bawah untuk 12 buah)

Bahan :
  • 200 gram tepung ketan putih 
  • 200 gram tepung ketan hitam
  • 200 gram kelapa parut kasar 
  • 1/2 - 1 sendok teh garam 
  • 250-300 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa, bisa pakai santan dingin (mba Arik pakai santan instan, saya juga)
  • minyak untuk menggoreng 

Bahan Pelapis:
  • 150 gram gula pasir 
  • 75 ml air

Cara membuat :
  1. Campur tepung ketan putih, tepung ketan hitam, kelapa parut kasar, dan garam. Aduk rata. Tuang santan sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. (Adonan tidak lengket).
  2. Ambil sedikit adonan. Bentuk oval pipih.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat dan dinginkan. 
  4. Pelapis: panaskan gula pasir dan air sambil diaduk sampai berbusa dan kental. (sampai air gula menjadi busa2 semua). Masukkan getas yang sudah digoreng. (klo larutan gula masih encer jangan buru2 dimasukkan getasnya). Aduk sampai terbalut. Kecilkan api. Aduk terus menerus sampai getas terbalut gula dan air gula mengering/gula mengkristal. Angkat dan sajikan

Karena hubby tidak suka dengan getas yang dibalut gula, jadi hanya 4 buah yang saya balut gula, sisanya tanpa balutan gula. Dan akhirnya saya yang menghabiskan semua getas berbalut gula...mantap..benar-benar mantap..ha ha ha...
cara membuat kue getas ketan hitam
getas ketan hitam

Nah semoga resep  kue favorit saya getas ketan hitam ini bermanfaat ya..silakan dicoba..semoga suka..
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. sukses getasnya ya mbak Monic....sy juga sama suka kue-kue tradisional dan jadul, jd inget masa kecil dulu deh...hehee...
    sukses terus ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Arik,
      iya mba sukses getasnya, enak...makasih resepnya ya...
      sukses jg ya mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.