Sambal Dabu Dabu Khas Manado

sambal dabu dabu khas manado
sambal dabu dabu

Wah siapa sih tidak tahu dengan yang namanya sambal dabu dabu khas Manado ini. Sekarang sudah umum sekali ya dengan yang namanya sambal dabu dabu. Paling enak menyantap sambal ini dengan ikan bakar..hmm yummy deh.

Nah menurut saya nih, sambal ini tidak hanya enak disajikan dengan ikan bakar, dengan lauk apa saja enak. Nih bahkan kala saya sedang mengurangi goreng-gorengan, menyantap sambal dabu dabu dengan telur rebus saja ya kok rasanya sudah enak ya..he he he..secara pecinta pedas nih.

Biasanya kalau saya sedang malas membuat sambal yang dimasak, sambal dabu dabu ini bisa menjadi pilihan alternatif sambal yang biasa saya buat. Selain sambal matah tentu saja, hanya saja sambal matah kan tetap agak lebih banyak proses, he he he secara harus menyediakan minyak panas serta menggunakan terasi juga.

Nah aslinya sambal dabu dabu kan biasanya menggunakan jeruk calamansi atau orang Manado bilang lemon cui, nah bisa juga nih menggunakan lemon atau pun jeruk nipis. Hanya saja nih, kalau kesukaan saya, paling enak kalau menggunakan campuran jeruk nipis dan lemon cui. Secara ada manis-manisnya lemon cui dan asam-asam jeruk nipis.

Membuat sambal dabu dabu juga sesuai selera juga ya, kadang saya juga membuatnya tanpa kemangi dan kadang juga saya gunakan cabai rawit merah juga...seperti yang pernah saya posting di ayam goreng praktis bumbu minimalis dan sambal dabu dabu. Ternyata menyantap ayam goreng enak juga dengan sambal dabu dabu, tidak harus dengan sambal terasi...he he he..

Ok deh sekarang lanjut ke resep sambal dabu dabu yang saya buat ya...

Sambal Dabu Dabu

Bahan :
  • 30 butir cabai rawit, iris melintang
  • 1 buah tomat ukuran sedang, potong kotak kecil
  • 3 butir bawang merah, iris sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 1 buah lemon cui/calamansi/jeruk sambal, peras airnya
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 genggam daun kemangi

Cara membuat : di mangkuk campur semua bahan, aduk rata, siap disajikan


Mudah sekali kan membuat sambal dabu dabu ini...silakan mencoba ya..semoga suka.....

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.