Acar Timun Wortel

cara membuat acar timun wortel
acar timun wortel segar
Hari ini ada ide membuat acar timun wortel, secara sudah lama sekali tidak membuatnya. Kalau dipikir-pikir enak nih menyantap nasi goreng, mie goreng ataupun bihun goreng dengan acar timun wortel ini. Apalagi jika ada tambahan bawang merah dan cabai rawit yang cukup banyak..mantap...

Nih kalau ibu saya sukanya membuat acar ini kalau sedang membuat bihun goreng. Tetapi sering juga hanya membuat acar ini lalu disimpan di kulkas, nah kalau ingin makan acar ya tinggal ambil dari kulkas. Jadi ibu saya suka membuat acar timun yang cukup banyak.

Membuat acar timun ini sebenarnya sangat mudah sekali ya, saya yakin nih pasti sudah banyak yang bisa bahkan sering membuatnya sendiri kan. Tetapi bagi yang belum pernah membuatnya ya...semoga saja bisa menjadi inspirasi cara membuat acar timun wortel ini ya.
Ada yang membuat acar ini dengan cara gula dan garam dilarutkan dengan air matang lalu diberi cuka baru kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain, ada juga yang merebus air lalu masukkan gula dan garam sampai larut lalu  diberi cuka dan dituangkan panas-panas ke campuran bahan, ada juga yang merebus air, garam dan gula sampai larut, baru kemudian masukkan bahan-bahan lain dan direbus sejenak.

Pilihan cara kembali kepada selera masing-masing. Kemudian takaran gula, garam serta cuka juga kembali kepada selera juga. Yang saya cantumkan disini sesuai selera saya dan sebagai referensi saja ya..jadi kalau dirasa kurang atau lebih silakan atur-atur sendiri.

Ok..sekarang lanjut ke resepnya ya....

Acar Timun Wortel

Bahan :
  • 1 buah timun ukuran cukup besar kurang lebih 200 gr
  • 1 buah wortel ukuran cukup besar kurang lebih 200 gr
  • 8 butir bawang merah
  • 30 butir cabai rawit
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan cuka
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air

Cara membuat :
  1. Potong-potong timun, sisihkan bijinya, lalu potong kotak sesuai selera
  2. Potong-potong wortel kotak sesuai selera
  3. Iris bawang merah sesuai selera
  4. Di mangkuk campur potongan timun, wortel, bawang merah serta cabai rawit utuh
  5. Rebus air, gula dan garam hingga air mendidih dan gula serta garam larut
  6. Sesaat sebelum diangkat tambahkan cuka, aduk sebentar
  7. Tuangkan ke dalam campuran bahan-bahan, aduk rata
  8. Diamkan selama kurang lebih setengah jam sebelum disantap
  9. Atau masukkan ke dalam kulkas supaya lebih segar

Nah mudah sekali kan membuat acar timun wortel ini, semoga bisa menginspirasi ya..silakan mencoba, semoga sesuai selera...
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.