Bakpao Ayam Wortel

bakpao sayuran ayam
bakpao ayam wortel

Wah sudah lama sekali tidak membuat bakpao, malah sudah lupa resepnya, he he he..makanya kali ini coba buat bakpao lagi, bakpao isi ayam dan wortel. Secara nih ketika blogwalking di blognya mba Endang, lihat posting terbaru, roti pao ala pembaca JTT. Hmmm baca-baca bahan dan cara membuat, untung semua bahan ada stoknya. Lanjut eksekusi resep deh. Tetapi seperti biasa saya buat tidak 1 resep, cukup 1/2 resep saja.

Membuatnya bisa dibilang cukup mudah, tetapi hasilnya bakpao yang empuk lembut. Oh iya ini perbandingan bahan saya terhadap resep asli : untuk tepung sendiri saya gunakan campuran tepung terigu protein sedang dan rendah. Untuk isi saya modifikasi dengan menambahkan wortel. Mentega saya ganti dengan minyak secara bisa juga diganti minyak.

Nah pertama-tama saya menyiapkan bahan roti dulu, lalu sambil menunggu adonan roti mengembang, saya siapkan bahan-bahan untuk isi. Nah lho karena sibuk ini itu ketika waktu proofing sudah 1 jam, ternyata saya lupa kalau saya belum membuat isiannya. Hadeuh..buru-buru deh masaknya. Nah untungnya cuaca di Batam sedikit dingin, setelah beberapa bulan terakhir ini ampun-ampunan panasnya. Jadi walaupun waktu proofing bertambah 1/2 jam, adonan baik-baik saja (tidak over proofing yang menghasilkan roti asam)

Jadi ketika isian roti sudah matang, kipas-kipas sebentar biar tidak terlalu panas. Mulai deh membentuk adonan roti. Membentuk adonan roti cukup mudah, nah karena tadi saya menggunakan 1/2 resep, jadi saya bagi adonan menjadi 8 bagian.

Nah adonan lalu dibulatkan seadanya, pipihkan di meja bertabur tepung tipis, lalu tekan-tekan saja dengan jari tangan hingga melebar membentuk lingkaran.  Tips mba Endang, usahakan bagian tengah lingkaran lebih tebal dari bagian tepi karena setelah diisi adonan maka bagian tepi akan ditarik ke atas menutup isi, jadi jangan sampai bagian bawah menjadi tipis dan bagian atas terlalu tebal.

Setelah menutup adonan yang telah berisi isian, cukup dengan cara mencubit-cubit bagian atas sehingga tertutup, pastikan mencubitnya cukup ya sehingga adonan nanti ketika proofing lagi dan ketika dikukus tidak membuka.

Nah tadi kejadian ketika proofing ada beberapa adonan saya yang tebuka, jadi yang saya lakukan cukup cubit-cubit lagi sehingga sisi yang terbuka merekat kembali. Dan untungnya ketika dikukus tidak ada yang terbuka lagi.

Sebelum membentuk adonan, siapkan terlebih dahulu kertas roti sesuai jumlah bakpao yang dibuat. Ukuran kertas kurang lebih 8cmx8cm. Setelah adonan dibentuk langsung letakkan saja di atas kertas roti. Dan sambil membentuk adonan yang lain, tutup adonan yang sudah jadi dengan serbet bersih (tadi saya tutup saja dengan tisu dapur). Oh iya sambil mengerjakan mengisi isian, bulatan-bulatan adonan sebaiknya ditutup juga ya supaya adonan tidak kering.

Untuk mengukus, gunakan api besar (waktu mengukus cukup 5 menit saja), isi dandang kukusan dengan air secukupnya saja (tidak berlebih sehingga nanti kena ke bagian dasar adonan dan tidak juga kurang sehingga nanti kukusan kehabisan air). Pastikan adonan tidak saling bersentuhan dan juga tidak menyentuh bagian tepi kukusan. Dan yang tidak kalah penting yaitu alasi tutup kukusan dengan kain bersih.

Ok deh sekarang lanjut ke cara membuatnya ya..silakan...

Bakpao Ayam Wortel

Bahan isian :
  • 400 gr fillet dada ayam/paha ayam atau daging ayam cincang + 1/2 sendok teh garam + 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang daun bawang, rajang halus
  • 2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/4 sendok teh jintan bubuk (saya tidak pakai)
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh gula 
  • 1 sendok teh garam
  • 1 buah wortel ukuran kecil, parut kasar (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat :
  1. Siapkan ayam, taburi dengan garam dan merica bubuk, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2. Siapkan teflon datar, beri minyak dan panaskan
  3. Goreng ayam hingga matang, balikkan dan masak sisi baliknya hingga matang, angkat
  4. Suwir-suwir ayam lalu cincang
  5. Dengan minyak sisa menggoreng ayam, tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam dan parutan wortel, tambahkan semua bumbu, aduk rata
  6. Masukkan daun bawang, masak hingga semua matang, 
  7. Cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu, lalu angkat

Bahan adonan roti:
Bahan 1 :
  • 300 ml susu cair hangat
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sachet ragi instan (berat 11 -12 gr), karena 1/2 resep saya gunakan 1 sendok teh 
Bahan 2 :
  • 500 gr tepung terigu protein sedang atau rendah (untuk 1/2 resep saya gunakan 250 gr terdiri dari 1 cup/110 gr tepung protein rendah dan 1 1/4 cup/140 gr tepung terigu protein sedang)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 sendok makan gula pasir yang dihaluskan (saya pakai gula pasir butiran halus saja)
Bahan 3 :
  • 3 sendok makan mentega putih leleh atau minyak (saya gunakan minyak)

Cara membuat :
  1. Siakan mangkuk kecil atau gelas, masukkan bahan 1, aduk rata sehingga ragi larut, diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai berbusa dan tercium bau khas ragi
  2. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur bahan 2 lalu tuangkan bahan 1, aduk dengan spatula atau sendok kayu hingga menjadi gumpalan kasar
  3. Lalu lumuri tangan dengan tepung, uleni hingga adonan lemas, kalis dan tidak lengket di tangan (tadi saya uleni selama kurang lebih 5 menit)
  4. Masukkan mentega leleh atau minyak, uleni kembali hingga tecampur dengan baik dengan adonan (saya uleni kurang lebih 5 menit juga)
  5. Bulatkan adonan, tutup dengan kain bersih atau plastik wrap lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam
  6. Kempiskan adonan, bagi adonan sesuai dengan yang diinginkan (untuk resep ini bagi menjadi 16 bagian), bulatkan masing-masing
  7. Ambil 1 bulatan, pipihkan bulatan menjadi bentuk lingkaran dengan bagian tengah lebih tebal dari bagian tepi, isi dengan bahan isian secukupnya (jangan berlebih nanti susah ditutup, atau jangan terlalu sedikit, nanti dibilang pelit..ha ha ha...)
  8. Rapatkan bagian tepi dengan cara mengumpulkannya dibagian atas menutupi isian, lalu cubit-cubit sehingga semua bagian tepi melekat satu sama lain
  9. Letakkan adonan yang sudah jadi di atas kertas roti, lalukan sampai selesai (jangan lupa menutup adonan yang belum dan sudah jadi ya)
  10. Diamkan lagi selama kurang lebih 15 menit
  11. Kukus kurang lebih selama 5 menit dengan api besar dan dandang kukusan sudah dipanaskan sebelumnya hingga air mendidih
  12. Angkat dan siap dinikmati selagi hangat

Nah semoga resep bakpao isi ayam wortel ini bisa bermanfaat ya..semoga tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah, silakan mencoba...semoga suka....


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.