Donat Santan

cara membuat donat santan
donat santan
Akhirnya..jadi juga donat santan saya..setelah cukup lama menjadi resep yang saya bookmark. Ternyata lembut juga donat santan itu, walaupun tanpa kentang. Dan rasanya enak, menul-menul. Wah bisa buat lagi nih kapan-kapan.

donat tanpa kentang
donat santan menul menul
Resep donat santan ini saya dapatkan dari blog mba Arik, nah tertarik dengan penjelasan mba Arik kalau donat ini lembut hasilnya. Hmmm jadi penasaran kan..akhirnya dengan bahan seadanya saya buat juga nih donat santannya. Resep donat santan yang saya buat ada beberapa modifikasi sedikit disesuaikan dengan stok di dapur saya. Terima kasih resepnya ya mba Arik.

Nah sekarang kalau buat kue, pasti nih Sophie selalu mau ikutan, jadi dia selalu minta mau membuat adonan juga. Jadi saya harus sediakan mangkuk, sediakan tepung, sendok dan gelas berisi air. Jadi dia akan duduk di kursi dia, mangkuk dia letakkan di atas menjanya, lalu mulai deh mengaduk-aduk. Nah seringnya sudah punya inisiatif tambahkan air sendiri, dia akan mengambil air sendiri mengisi gelasnya penuh-penuh. Lalu dia tuang ke mangkuk sampai penuh. Aduk-aduk hingga tumpah-tumpah. 

Ini jadi pekerjaan sampingan saya kalau membuat kue nih, membereskan hasil karyanya..he he he...Nah tadi ketika melihat saya membuat lubang donat, dia juga mau ikutan, ya terpaksa deh satu buah bulatan donat menjadi korbannya. Dia tiru cara saya melubangi bagian tengah donat dengan jari lalu putar-putar sehingga lubangnya membesar. Ha ha ha, karena belum bisa ya jadinya kacau deh...dan akhirnya tuh donat dibulat-bulatkan lagi terus ditekan tekan dan akhirnya jadi tidak karuan. Namanya juga anak-anak..ada saja tingkahnya ya...

Nah sebelum dia meminta satu bulatan lagi cepat-cepat saya selesaikan melubangi donat dan segera menggorengnya. Kalau tidak bakal ada lagi korban dia..he he he...

Ok deh, lanjut ke resepnya saja ya...saya gunakan setengah resep dengan beberapa modifikasi...menghasilkan 8 buah donat ukuran sedang. Nah dengan resep yang saya buat ternyata agak kelembutan, jadi selama mengulen adonan saya harus menaburi tepung sedikit demi sedikit sampai adonan bisa kalis dan tidak lengket di tangan.

Donat Santan

Bahan :
  • 250 gr terigu
  • Santan kara ukuran kecil
  • Fermipan 1/2 sdt 
  • 1 btr telur 
  • 1/2 sdt vanilli
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm mentega 
  • Air secukupnya

Cara membuat :
Campur semua bahan kering masukan telur, santan dan air sedikit sampai bercampur semua terakhir mentega. Uleni sbentarr dan banting2 sampe kalis. Tutup serbet setengah jam..bagi2 sesuai selera dan bentuk bulat2 diamkan 20 menit lubangi diamkan 10 menit dan goreng..

Nah berikut resep donat santan yang saya buat :
Donat Santan

Bahan :
  • 1 cup/ 110 gr tepung terigu protein tinggi/cakra kembar
  • 65 ml santan instan (kemasan kecil)
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan margarin
  • 25 ml air
  • tepung terigu secukupnya untuk taburan  

Cara membuat :
  1.  Di mangkuk ukuran sedang, campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata
  2. Tambahkan telur dan santan serta air, aduk rata dan uleni sebentar sampai rata sambil taburi tepung sedikit demi sedikit (uleni tetap di dalam mangkuk, atau jika suka uleni di meja bertabur tepung)
  3. Jika sudah mulai tidak lengket di tangan, beri margarin, uleni kembali kurang lebih selama 3 menit sambil sesekali adonan dibanting (jika perlu beri tepung sedikit di tangan supaya tidak lengket)
  4. Bulatkan adonan, tutup mangkuk (saya tutup dengan piring saja), catatan : adonan yang dihasilkan lembut, lalu diamkan selama 1 jam
  5. Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian atau sesuai selera, bulatkan masing-masing bagian
  6. Diamkan kembali selama kurang lebih 20 menit
  7. Lubangi bagian tengahnya dan diamkan selama kurang lebih 10 menit (saya tadi tidak diamkan lagi)
  8. Goreng dengan minyak yang telah dipanaskan dengan api sedang
  9. Angkat dan tiriskan
resep donat menul menul
donat santan topping meses
Ketika donat sudah cukup dingin, bisa diberi topping sesuai selera, tadi donatnya saya beri olesan selai kacang coklat lalu saya beri meses coklat..hmmmm maknyuss...

Nah mudah kan membuat donat santan ini, semoga tertarik ya untuk mencobanya sendiri di rumah..semoga sesuai dengan selera ya.... 




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. cakeeeep....menul-menul donatnya mbak Monic, pasti si kecil suka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Arik...menul menul donatnya..enak..
      si kecil suka apalagi yg baru mateng, blm dikasih topping, tiup2 sebentar langsung makan..he he he...
      makasih resepnya ya mba...

      Delete
  2. sepakat ma mba Fachrimada, donatnya cakeeep, menul-menul..
    jd pengen nggigit :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he bisa aja nih mba Oki..
      iya suka deh buat donat kl menul menul begini....
      ternyata donat santan itu jadinya lembut juga..

      Delete
  3. mbak santan kara kecil itu berapa ml ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 65 ml mba, tepatnya sih sun kara mba, karena yang beredar di sini santan kara itu ya sun kara he he he

      kalau santan kara yang kara ukuran kecil saya belum pernah lihat, ada yang ukuran 200 ml yang kotak

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.