Puding Susu Buah Naga

puding susu buah naga
puding susu buah naga
Puding memang jenis makanan yang banyak sekali variasinya ya...buah-buahan paling enak dijadikan puding secara kalau dengan buah ya rasanya kok segar ya, apalagi jika disantap dingin seperti halnya puding susu buah naga kali ini. Nah dengan tambahan vla vanila pasti lebih maknyuss. Ya kalau dengan penambahan vla, sebaiknya puding dibuat jangan terlalu manis.

Nah karena ada buah naga yang masih tersisa, ada ide buat puding saja nih. Saya paling suka dengan buah naga merah begini. Jadi kalau beli buah naga suka tanya dulu, ini yang merah atau putih? Nah kalau merah langsung semangat deh beli.

Kebetulan waktu ke penjual buah lihat buah naga sekilo 20 ribu. Hmmm cukup murah dengan kondisi buah naga yang masih bagus. Nah biasanya buah naga merah begini penjual buah suka bilang kalau buah naga jenis ini asalnya dari barelang. Hmmm selain orang Batam dan Kepulauan Riau pasti masih asing ya dengan barelang. Yang mau tahu sedikit tentang Barelang boleh silakan lihat posting saya jalan-jalan dan wisata kuliner barelang ya..

Jadi nih di antara jembatan 1 dan jembatan 2 ada perkebunan buah naga yang lumayan luas, ada juga di pinggir-pinggir jalan penjual buah naga. Ya kalau lagi musim cukup banyak buah naga di penjual buah. Enaknya buah naga itu, walaupun kulitnya aga sedikit lunak, tetapi bagian dalamnya masih bagus saja. Hanya nih pernah sekali lihat di penjual buah kok buah naganya pada merah kekuning-kuningan serta malah ada yang seperti terbakar kulitnya.Tetapi isinya bagus-bagus saja.

Yang saya suka dari buah naga itu ada kres kres ketika mengunyah biji-bijinya...he he he...oh iya nih di Batam sampai ada oleh-oleh kek buah naga (cake), yang cukup terkenal, dimana cake dengan bahan dasar buah naga dengan berbagai variant topping. Bahkan ada juga stik buah naga yang cukup terkenal di Batam ini.

Nah kali ini buah naga ini saya jadikan puding susu, dengan resep andalan saya, secara sangat mudah mengingat resep ini, jadi tinggal divariasikan saja sesuai bahan tambahannya. Takaran gula, susu, serta air sudah pas menurut selera saya. Nah bagi yang mau mencoba membuat puding resep saya, silakan disesuaikan sendiri ya takaran gulanya. Karena manis kita belum tentu sama.

Ok, berikut resepnya ya...

Puding Susu Buah Naga
Bahan :
  • 1 bungkus agar-agar plain (7gr)
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 cup/480 ml air
  • 1 cup/240 ml susu cair
  • 1 buah buah naga (kurang lebih 200gr)

Cara membuat :
  1. Blender buah naga dengan 1 cup susu cair
  2. Di panci, campur agar-agar, air dan gula pasir, aduk hingga agar-agar larut
  3. Masak hingga panas
  4. Tuangkan campuran buah naga dan susu, aduk rata dan masak hingga mendidih
  5. Tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi dengan air matang
  6. Dinginkan hingga mengeras
  7. Lebih enak dimasukkan ke dalam kulkas
  8. Nikmati dalam keadaan dingin

Jika suka dengan tambahan vla, berikut resep vla :

Vla Vanila

Bahan :
  • 1 cup susu cair
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh pasta vanila

Cara membuat :
  1. Larutkan  tepung maizena dengan susu, tambahkan pasta vanila dan gula pasir
  2. Panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mengental dan meletup
  3. Matikan api dan dinginkan

Nah mudah kan membuat puding susu buah naga ini, semoga bisa menginspirasi ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...


NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. aku udah pernah ke Jembatan Barelang mbak Monic....tp sayangnya waktu itu hujan deres bgt, jd cm liat dari atas mobil aja sambil makan jagung bakar....hehehee...
    waktu itu ngunjungi eyang selama 1 minggu di daerah Otorita mbak, sempet jalan2 ke P Karimun juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya mba..sempat ke barelang ya..wah sayang ya pas hujan..kl ga hujan bagus pemandangan dari atas jembatan, malah kl lanjut terus bisa mampir ke pantai2 ya...
      oh waktu di batam di otorita ya...
      wah sempat ke karimun jg...sy malah belum pernah ke p. Karimun mba...cm pernah ke p.bintan aja..walaupun sdh 10thn di batam..he he he
      ayo mba Arik..kpn maen lg ke batam...

      Delete
  2. th depan Insya Allah mbak....soalnya th ini cutinya udah habis....hihiiii....
    rumah eyangku di Bengkong mbak...jauh ya sama rmh mb Monic

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku di batu aji mba Arik, lumayan jauh dari bengkong
      sip2, nanti ke batam kabari ya..he he he...biar kenalan kita ya....

      Delete
  3. pudingnya jadi terlihat sangat menarik...menambah selera untuk memakanny :)

    ReplyDelete
  4. So simple ya mbak monic..jadi pengen bikin untuk anak saya biar mau makan buah naga...thanks a lot ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba mudah buat pudingnya, kalau takaran gula sesuaikan dengan selera ya mba, hi hi hi buat anak-anak soalnya takut kurang manis...
      semoga anak mba suka ya makan pudingnya...
      thanks sudah mampir ke sini ya mba...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.