Resep Gangan Ikan Khas Belitung

sup ikan kuning gangan khas belitung
gangan ikan (sup kuning ikan) khas belitung
Masakan Belitung yang sudah beberapa bulan ini saya ingin buat, gangan ikan (sup kuning ikan) khas Belitung. Kalau diperhatikan mirip ya dengan masakan khas Bangka lempah kuning nanas. Ya karena masih tetanggaan pulau kali ya...

Gangan ini sendiri saya baru tahunya ya ketika membaca buku travel di pesawat citilink dalam penerbangan Batam - Surabaya. Di sana dibahas wisata di pulau Belitung. Termasuk kulinernya tentu saja. Nah waktu baca-baca memang selintas mirip dengan lempah kuning, hanya gangan ini tidak menggunakan serai. Nah gangan ada menggunakan kemiri dimana tidak pada lempah kuning nanas. Mengenai rasa..saya rasa mirip-miriplah ya...

Yang suka dengan sup ikan, bisa mencoba membuat gangan ikan ini, rasanya ya gurih ikan bercampur dengan asam manis nanas. Bisa dibayangkan rasanya. Untuk ikan sepertinya bebas-bebas saja ya menggunakan ikan apa saja seperti halnya lempah kuning nanas. Lebih enak mungkin kalau menggunakan ikan berdaging putih.

Hanya karena saya penggemar ikan tongkol, tetap kali ini saya gunakan ikan tongkol lagi..he he he...rasanya ya maknyuss. Apalagi nih saya gunakan cabai rawit merah...wuih mantap asam pedas manis, rasanya nano nano.

Untuk resep sendiri saya waktu itu hanya membaca, jadi tidak ingat bumbunya apa saja, yang jelas menggunakan kunyit..ya iyalah secara ya..kuning..he he he..jadi saya mengandalkan resep yang beredar di internet. Saya menjatuhkan pilihan pada gangan ikan mba Sash, ransel hitam. Ah senangnya ketemu dengan blog mba Sash ini. 

Kenapa dari sekian banyak saya menjatuhkan pada resep yang ditulis mba Sash? karena resep ini mba Sash dapatkan langsung dari orang Belitung asli ketika mba Sash berpetualang ke Belitung. Terima kasih mba Sash...tanpa harus ke Belitung bisa juga membuat gangan ikan ini.

Nah berikut resep gangan ikan yang saya buat ya...

Resep Gangan Ikan Khas Belitung

Bahan :
  • 800 gr ikan tongkol ukuran kecil (tanpa kepala dan ekor), potong 2
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah nanas ukuran kecil, potong sesuai selera (buang tengahnya)
  • 800 - 1000 ml air (sesuai selera)

Bumbu halus :
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 10 butir cabai rawit merah (sesuaikan selera)
  • 1 sachet terasi (5gr)
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya (saya gunakan 1 sendok teh)

Cara membuat :
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas
  2. Panaskan air, masukkan bumbu halus dan potongan ikan
  3. Masak hingga air mendidih, tambahkan potongan nanas
  4. Masak hingga matang
  5. Siap dihidangkan dengan sepiring nasi hangat

Jadi bagaimana dengan resep gangan ikan khas Belitung ini? tertarik tidak untuk mencoba membuatnya? nah kalau tertarik silakan ya dicoba resepnya..semoga sesuai selera ya...

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Terimakasih infonya akan saya coba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Shinta...semoga cocok dengan selera ya...
      terima kasih sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.