Resep Sambal Honje (Kecombrang / Kincung / Bunga Kantan)

sambal kincung bunga kantan
sambal honje
Kesampaian juga akhirnya saya membuat sambal honje yang sudah lama ingin saya buat. Idenya membuat sambal ini ketika melihat satu posting di fb, ada member yang posting resep sambal honje. Nah kala itu belum ngeh kalau kecombrang atau kincung atau bunga kantan itu ya sama saja dengan honje ya.

Akhirnya ketika googling oalah..honje itu ya kecombrang..tepok jidat. Kalau di Batam sendiri kenalnya nama ini yaitu kincung. Itu pun tahunya dari penjual di pasar. Dan memang ternyata kecombrang ini cukup mahal harganya. Ketika saya membuat asam pedas ayam menggunakan kincung ini harganya 25 ribu rupiah per kilo. Nah lho kali ini harganya 40 ribu rupiah per kilo. Tetapi tetap beli juga walaupun hanya 2 buah dengan total berat 200 gr.

Rasa kecombrang ini bagaimana ya, sengau-sengau asam begitu, unik sekali rasanya. Nah ternyata ketika dibuat sambal ya enak juga. Tetapi dengan catatan ya..bagi yang suka dengan rasa bunga kantan ini.  Apalagi jika dibuat sambal cabai rawit begini, pedasnya mantap berpadu dengan rasa asam sengau honje. Resepnya sambal kali ini saya buat sama saja dengan resep sambal cabai rawit biasa hanya tambahkan irisan honje.

Nah enaknya menyantap sambal honje ini dengan ikan/ayam bakar atau goreng. Dengan tempe dan tahu goreng pun tetap nikmat. Bagi yang tertarik untuk mencoba membuat sambal kecombrang ini, berikut resepnya ya..silakan...

Resep Sambal Honje

Bahan :
  • 100 gr cabai rawit
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1 buah honje berat kurang lebih 100 gr
  • 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 1/4 sendok teh garam atau sesuai selera
  • 1/2 sendok makan saus tiram (atau skip jika tidak suka atau malah jika suka ganti dengan kaldu bubuk sesuai selera)
  • gula pasir jika suka (saya tidak pakai) 
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis (tambahkan jika dirasa kurang)

Cara membuat :
  1. Belah memanjang honje, lalu iris sesuai selera
  2. Potong-potong tomat ukuran cukup kecil
  3. Haluskan cabai rawit serta bawang merah dan bawang putih
  4. Tumis tomat dan honje hingga harum dan tomat mulai sedikit layu, beri daun jeruk
  5. Masukkan cabai dan bawang halus, masak hingga matang dan kering
  6. Tambahkan garam dan saus tiram, aduk rata
  7. Cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  8. Angkat dan siap dihidangkan

Nah semoga resep sambal honje atau kecombrang ini bisa menginspirasi untuk membuat aneka jenis sambal ya...silakan mencoba dan semoga sesuai selera ya...


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.