Brambang Asem Kangkung Tauge

resep brambang asem
brambang asem

Mungkin ini menyalahi aturan nama makanan kali ya....seharusnya yang namanya brambang asem ini menggunakan daun ubi jalar. He he he....bagaimana ya..secara di Batam..di pasar mana ada yang jual daun ubi jalar. Nah lagi ingin sekali menyantap makanan yang namanya brambang asem ini. Tidak ada daun ubi jalar, kangkung dan tauge pun jadi. Jadinya mirip juga dengan plecing kangkung ya..hanya rasa berbeda.

Lihat posting mba Rina Dapur Manis beberapa hari lalu, brambang asemnya kelihatan segar dan menggugah selera. Akhirnya mencoba buat juga. Dan membuatnya sangat mudah, dengan bahan-bahan simple dan tidak banyak. Jadilah brambang asem kangkung tauge ini.

Nah mba Rina bilang brambang asem ini termasuk cemilan, dan memang tadinya mikir apa makan pakai nasi ya..ha ha ha..secara gitu lho..apa-apa disandingkan dengan nasi. Tetapi kok ya mikir lagi kalau disantap dengan nasi ya tidak bakal segar lagi donk rasanya. Akhirnya dimakan begitu saja..dan ternyata segar, enak dengan rasa asam, manis dan super pedas...(karena saya tambahkan juga cabai rawit merah)

Mengenai takaran bumbu seberapa banyak sepertinya sesuai selera ya...secara saya juga buatnya suka-suka saya, yang cocok dengan lidah saya. Dan ternyata dari segi penampakan...bumbu yang saya buat lebih merah..he he he...kalau orang yang tahu dengan brambang asem bisa protes nih... (piiss ah..) Mungkin juga karena gula merah yang saya gunakan tidak terlalu gelap warnanya ya...jadinya kemerahan begitu sambalnya.

Nah yang penasaran dengan resepnya ini dia ya...silakan...

Brambang Asem
ala Dapur Manis dengan modifikasi oleh saya

Bahan :
  • 2 ikat daun ubi jalar (saya gunakan 1 ikat kangkung + 2 genggam tauge)

Bahan sambal/saus :
  • 3 butir bawang merah (saya gunakan 5 butir)
  • 4 buah cabai merha keriting (saya gunakan 5 buah)
  • 10 butir cabai rawit merah (saya tambahkan sendiri)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gr gula merah (saya gunakan 2 sendok gula merah sisir)
  • 3 -4 sendok makan air (saya tidak tambahkan lagi)
  • 1 sendok teh asam jawa (saya gunakan 1/2 sendok makan langsung dicairkan dengan 4 sendok makan air matang)

Cara membuat :
  1. Kukus daun ubi jalar selama kurang lebih 5-7 menit (saya rebus kangkung dan seduh tauge dengan air panas), setelah matang, langsung masukkan ke dalam air es, rendam sampai dingin lalu angkat dan tiriskan
  2. Uleg bawang merah, cabai dan garam lalu tambahkan gula merah, uleg lagi kemudian tambahkan air asam jawa sesendok demi sesendok sampai kekentalan yang diinginkan
  3. Koreksi rasa, harus terasa manis, asam dan pedas
  4. Siap disiramkan ke atas daun ubi jalar (atau kangkung dan tauge) yang telah ditata di atas piring

resep brambang asem
brambang asem kangkung tauge

Nah mudah sekali kan resep brambang asem kangkung tauge ini, semoga tetap bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga suka ya....



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. uhui pedesnya pasti nampol. Itu yang bikin ketagihan berat hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nampol mba pedesnya...sampai keluar air mata makannya..ha ha ha..
      enak mba..seger..jadi ketagihan..he he he.. makasih resepnya ya mba...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.