Roti Manis Labu Kuning

roti manis labu kuning
roti manis labu kuning
Buat roti lagi, sekarang giliran mencoba roti manis labu kuning. Sudah lama juga sih tidak pernah membeli labu kuning. Ketika lihat ada labu kuning yang dijual perpotong, langsung saja dibeli, secara kalau beli utuh suka bingung kebanyakan.

Walaupun sudah kemasan potongan tetap juga banyak, sudah ambil yang paling ringan, dan ternyata yang paling ringan juga beratnya 500 gr. Hmmm lumayan deh... Dipakai buat roti sedikit saja..sisanya belum diolah...waduh..

Nih ide buat roti karena ngiler lihat rotinya mama Aisyah neh...jadinya latah buat juga. Akhirnya setelah dipikir-pikir buat setengah resep saja deh soalnya kalau mau buat satu resep dengan tepung sampai 500 gr, bakalan kewalahan nguleni secara sampai saat  ini kalau ngulen roti ya manual.

Jadinya kalau ngulen saya tidak bisa mencapai yang namanya kalis elastis...hu hu hu...bisa-bisa gempor tangan kalau sampai elastis. Dan hasilnya memang kalau tidak begitu elastis akan berbeda struktur rotinya. Terbukti dari roti yang saya buat, walaupun lembut tetapi masih agak padat.

membuat roti labu kuning
roti manis labu kuning
Nah resepnya langsung saja ya..copas dari resep mama Aisyah...thanks resepnya ya mba Oki...rotinya cantik kekuningan...walaupun bentuk seadanya.

Roti Manis Labu Kuning

Bahan :
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi (bread flour)
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instan
  • 100 gr gula pasir
  • 200 gr labu kuning tanpa kulit, timbang, kukus, haluskan
  • 4 kuning telur
  • 100 ml air dingin atau susu cair
  • 1/4 sdt garam
  • 75 gr mentega atau margarin

Olesan:
  • 1 kuning telur
  • 2 sdm susu cair (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Campur rata tepung, susu bubuk, ragi dan gula pasir
  2. Tambahkan labu kuning, kuning telur kemudian uleni sambil dituangi susu sedikit demi sedikit hingga rata dan setengah kalis
  3. Tambahkan garam dan mentega/margarin, terus ulenin hingga kalis dan elastis (saya uleni tidak sampai elastis, kurang lebih hanya selama 15 menit)
  4. Tutup dengan serbet basah atau plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai cukup waktu fermentasi (test tusuk dengan jari yang sudah dilumuri tepung, jika adonan ditusuk lubangnya tidak balik menutup tandanya sudah cukup waktu fermentasi)
  5. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera
  6. Bulatkan masing-masing bagian, istirahatkan lagi 15 menit
  7. Bentuk adonan sesuai selera, isi dengan bahan-bahan sesuai selera juga, istirahatkan kembali selama 15 menit
  8. Oles dengan bahan olesan, panggang di oven suhu 190 derajat celcius selama kurang lebih 15 -20 menit 
  9. Keluarkan dari oven dan olesi dengan butter atau margarin

membuat roti manis labu kuning
roti manis labu kuning

Semoga resep roti manis labu kuning ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga suka...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. cantik mbaa..itu gimana mbentuk roti yang di gambar paling atas & paling bawah?
    aku kalo mbikin landak kok duri landaknya ga bisa rapi gitu ya, durinya meliuk-liuk kesana kemari :D -.-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bentuk asal aja sih...dipipihkan oval terus diisi, gulung, potong 2 putus nah yg 2 buah itu dipotong ga putus, tinggal ditimpa aja tuh...nyilang...lupa2 juga buatnya sih..seharusnya bisa lebih bagus..kok ya jadinya begitu..ha ha ha...
      ini buat duri landaknya biar rapi ya ikutin pola aja, jadi gunting berikutnya di bagian sela2 duri yang sebelumnya, jadi rapi berpola...hi hi hi..ini juga kategori ga rapi durinya..btw..thanks lagi yak resepnya....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.