Asam Pedas Daging Sapi & Telur

resep asam pedas daging sapi telur
asam pedas daging sapi & telur
Entah sudah berapa kali masak asam pedas, kali ini asam pedas daging sapi dengan tambahan telur. Secara masakan asam pedas memang favorit saya. Mulai dari asam pedas ikan tongkol, asam pedas ayam bahkan asam pedas daging sapi.

Kali ini mau coba asam pedas telur. Nah karena saya tuh merasa kalau tidak ada campuran daging-dagingan, baik itu ikan, ayam, ataupun daging sapi, bahkan udang, maka rasanya kurang nendang. Kalau istilahnya kurang umami. Rasa gurih yang menurut saya tidak begitu pas kalau hanya diganti dengan gula.

Akhirnya tetap campur daging sapi juga, dan pastinya rasanya jadi lebih gurih. Apalagi dengan tambahan tomat juga, makin mantap deh rasanya. Menurut saya lho ya...sebagai penggemar asam pedas.

Asam pedas ini sih bumbunya sama saja dengan asam pedas yang pernah saya buat, hanya cabainya yang beda, itu kenapa warnanya bisa ngejreng begitu kan... apa yang membuat beda? he he he cabai yang saya gunakan adalah cabai merah giling yang beli di pasar di penjual bumbu...lho kok....apa karena cabai mahal bu? tidak juga ya...harga cabai sudah mulai turun kok...

Tentu yang tidak mau menggunakan cabai giling ya gunakan saja cabai segar ya...seperti resep sebelumnya, rasanya malah lebih ok dengan cabai segar, secara kalau cabai giling kan cenderung asin, jadi walaupun sudah tambahkan air cukup banyak ya masih asin juga. Kalau kebanyakan tambah air malah aneh donk ya rasanya.

Nah berikut resepnya kalau mau mencoba ya..silakan...

Asam Pedas Daging Sapi & Telur

Bahan :
  • 200 gr daging sapi, potong sesuai selera
  • 6 butir telur rebus
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit, sobek-sobek
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 5 buah asam kandis
  • 2 buah tomat ukuran sedang, belah 6 atau 8 memanjang
  • 1 sendok teh garam jika menggunakan cabai segar (saya tidak pakai garam lagi)
  • 500 - 750  ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sendok makan cabai merah giling (atau bisa gunakan 10 buah cabai merah keriting + 10 butir cabai rawit merah)
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk, daun kunyit serta serai, aduk rata
  2. Masukkan potongan daging, aduk rata, masukkan asam kandis dan tomat, aduk hingga daging berubah warna
  3. Tambahkan air, lalu beri garam, masak hingga daging empuk dan kuah sedikit mengental
  4. Masukkan telur rebus, masak lagi sebentar
  5. Jika kuah dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan air
  6. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika perlu
  7. Angkat dan siap disajikan
Nah semoga resep asam pedas daging sapi & telur ini bermanfaat ya...silakan mencoba dan semoga suka ya... 






NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. aduh, aku bingung kalo udah maen kesini, semua pengeeen >.<
    apalagi kalo browsingnya pas lagi laper, qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi....sama donk..aku juga kalau mampir ke dapur mama Aisyah suka ngiler...
      seperti kubilang...enaknya mba Oki tinggal sebelah rumah..he he he
      tuh kayaknya muffin yang barusan diposting yummy banget..bilang kakak Aisyah minta 3 biji ya..boleh ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.