Diet Rendah Garam #17 : Samosa Panggang



resep samosa panggang

Walaupun diet rendah garam, tetap bisa menikamati snack kan, nah samosa panggang ini bisa jadi alternatif. Selain rendah garam samosa ini adalah snack yang rendah kalori pastinya. Dan ternyata membuatnya sama sekali tidak susah. Ai..ai..saya baru tahu kalau membuat samosa ini gampang.

Untuk membuat kulitnya juga sangat mudah, dan ternyata membentuknya juga tidak serumit yang saya kira. Nah untuk isiannya sendiri, saya ambil yang praktis saja...campuran daging ayam dan kentang tumbuk serta wortel yang dipotong dadu yang dimasak dengan bumbu kari. 

Jadi pada dasarnya isinya ya sama saja dengan isi curry puff/epok epok ataupun karipap pusing. Hanya di sini sarden saya ganti dengan daging ayam. Hmmm jadinya bisa dibuat rendah garam deh, jadi cukup puas dengah hasilnya.

Nah Ms. Muna bilang kalau samosa sendiri itu sebenarnya ada beberapa versi, yang vegetarian, non vegetarian bahkan ada juga samosa yang manis. Selain itu membuat samosa ya selain digoreng ya bisa juga dipanggang, dan karena ini versi rendah kalori jadinya dipanggang. Resep samosa ini saya gunakan resep baked aloo samosa-low calorie milik Muna-Munaty Cooking.



Resep asli hanya menghasilkan 8 buah samosa, hmmm karena saya mau jadinya agak banyak maka saya dua kalikan resepnya..he he he...dan tidak menyesal deh membuat lebih banyak...enak....enak...dan tidak ada rasa takut makan samosa ini...hi hi hi..ini yang penting, beda jika menyantap cake ataupun brownies ataupun gorengan....

Berikut resepnya ya..silakan...

Samosa Panggang
untuk 16 buah samosa

Bahan kulit :
  • 2 cup tepung terigu serbaguna (saya gunakan terigu segitiga biru)
  • 2 sendok teh minyak zaitun/olive oil
  • 1/2 cup air hangat (saya gunakan sekitar 200 ml air hangat)
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan isian :
  • 200 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, cincang
  • 2 buah kentang ukuran besar, kupas, masing-masing bagi 8 bagian lalu rebus, kemudian haluskan dengan sendok ataupun garpu (tidak perlu sampai halus benar)
  • 1 buah wortel ukuran besar, kupas, bagi 4 lalu rebus bersamaan dengan kentang, lalu potong dadu ukuran kecil
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran kecil
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 3 butir bawang merah, iris
  • 3 sendok makan bubuk kari
  • 200 ml air (saya gunakan air sisa rebusan kentang dan wortel)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis (saya gunakan minyak canola atau bisa minyak zaitun)

Bahan olesan :
  • minyak zaitun/olive oil
  • atau 1 buah telur kocok lepas + 1/2 sendok teh madu (saya gunakan yang ini)

Cara membuat :
  1. Untuk kulit : Di mangkuk, campur tepung terigu, garam dan minyak, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni perlahan sampai didapatkan adonan yang lembut tetapi tidak lengket. Stop penambahan air jika sudah didapat adonan yang lembut.
  2. Bagi adonan menjadi 8 bagian, bulatkan masing-masing, kemudian tutup bulatan dengan plastik wrap, diamkan di suhu ruang selama kurang lebih 10 menit (saya diamkan hampir 20 menit)
  3. Untuk isian : Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu kari, aduk rata, tambahkan ayam, masak hingga berubah warna. Masukkan air, masak hingga ayam matang. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan serta wortel, masak hingga mengental, beri garam, aduk rata, cicipi rasanya, angkat, dinginkan sejenak.
  4. Penyelesaian : Siapkan loyang, olesi dengan minyak tipis saja, alasi dengan kertas roti. 
  5. Ambil 1 buah bulatan adonan kulit, gilas membentuk lingkaran hingga setebal kurang lebih 2mm. Bagi menjadi 2 bagian menggunakan pisau. 
  6. Ambil satu bagian, bentuk kerucut, rekatkan sambungannya dengan cara sedikit ditekan
  7. Kemudian letakkan di antara ibu jari dan telunjuk, lalu isi dengan 1 sendok makan bahan isian
  8. Tekan-tekan isinya sehingga masuk ke bagian kulit dengan rata, kemudian tutup dengan cara menekan sisi-sisinya (perhatikan supaya benar-benar dirapatkan dan sedikit ditekan supaya tidak membuka ketika dioven)
    pembuatan samosa panggang
    step by step samosa
  9. Letakkan di loyang, lakukan sampai semua adonan kulit habis
  10. Sementara itu kita bisa mulai memanaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  11. Olesi permukaan samosa dengan bahan olesan
    cara membuat samosa panggang
    samosa
  12. Panggang selama kurang lebih 20-30 menit sampai permukaan kecoklatan (lamanya memanggang tergantung oven masing-masing)

Nah semoga resep samosa panggang yang rendah kalori ini bisa menginspirasi ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Makasih mba Monic saran resepnya. Saya sudah baca resepnya, mba. Sedikit ribet karena dibentuk seperti itu. Lebih gampang bikin pizza, mba. Tinggal ganti topping aja biar gak bosan. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... iya kalau dibanding pizza yang ini lebih ribet ya... eits tapi enak loh..
      tapi gpp selagi belum bosan sama pizza ganti topping aja..sippp

      Delete
  2. Mba Monic, mau tanya. Itukan tidak pakai ragi tapi didiamkan adonannya. Apa fungsinya? Apakah untuk membuat adonan mengembang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu didiamkan supaya adonannya lembut menyatu begitu mba, supaya nanti enak dibentuknya, lembut adonannya..ga membuat adonnanya mengembang

      Delete
  3. Ada yang ketinggalan, mba.
    Mengapa wortelnya tidak dipotong dadu dulu baru direbus? Maaf ya, mba. Saya banyak nanya. Soalnya belum pernah buat Samosa. Ada juga di sini yang bentuknya sama, tapi isinya ikan, mba. Namanya Sambusa'

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he kalau itu sih terserah mba, mau dipotong dadu dulu baru direbus juga tidak masalah
      oh ada ya yang namanya sambusa' di sana.. isi ikan ya... wah jadi pengen buat juga.. kalau setahu saya sih mba, sambusa itu memang mirip samosa, tapi khasnya makanan somalia, kenya, yaman begitu.. tapi isinya daging sapi atau domba
      ternyata ada juga sambusa di sana.. edisi baru tahu

      Delete
  4. Makasih mba Monic penjelasanya. Tapi Sambusa' di sini digoreng tidak pernah dipanggang. Tadi habis googling Samosa dan Sambusa ternyata memang mirip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip kan ya sambusa dan samosa... kalau samosa bisa dipanggang bisa digoreng, saya pernah buat versi goreng juga mba, enak semua, tapi lebih ringan yang versi panggang, sedikit minyaknya he he he..
      sambusa pastinya bisa dipanggang juga ya.. resep isian sambusa apa aja mba? pakai ikan apa? apa mirip isi panada ya mba?

      Delete
  5. Ikannya ikan bakar apa aja, mba. Di sini, ikan yang banyak di pasar ikan Tongkol, Cakalang, dan Layang. Ikannya ditumbuk dan dicampur bumbu. Kulitnya garing dan renyah seperti Jalangkote'. Saya belum pernah bikin sendiri, mba. Tidak terlalu doyan. Jadi kurang tahu juga isinya apa saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu.. wah kayaknya saya bakal doyan itu mba he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.