Resep Eggless Low Fat Mayonnaise

low fat eggless mayonnaise
eggless mayonnaise
Baru tahu kalau ada eggless low fat mayonnaise ketika blogwalking di blognya Aarthi- Yummy Tumy ketemu  eggless low fat mayonnaise recipe. Nah kenapa tidak dicoba kan...secara sekarang agak mikir kalau buat mayonnaise homemade dengan kuning telur mentah.

Dulu sih pernah buat dengan kuning telur mentah, hanya sekedar penasaran.  Tetapi kemudian belum pernah buat lagi. Sekarang saatnya coba membuat mayonnaise yang tanpa telur dan sekalian mayonnaise yang rendah lemak. Dan ternyata membuatnya mudah sekali.

Jadi ternyata hanya menggunakan susu rendah lemak dan tepung maizena dan tentunya menggunakan mustard. Itu yang memberi rasa khas mayonnaise. Nah kali ini saya coba setengah resep di bawah, karena masih belum tahu rasanya seperti apa. Kalau pas rasanya tentu tinggal buat lagi kan. Dan ternyata rasanya enak juga, ini bisa dijadikan resep andalan nih.

Nah berikut resepnya ya..silakan...

Resep Homemade Eggless Low Fat Mayonnaise

Bahan :
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 1 cup / 240 ml susu cair rendah lemak
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula
  • 2 sendok teh saus mustard
  • 1 sendok teh merica hitam bubuk (saya gunakan merica putih)
  • 2- 3 sendok teh cuka (atau bisa ganti dengan jus lemon atau air jeruk nipis)
  • 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, larutkan tepung maizena dengan 1/2 cup susu sampai tepung larut
  2. Menggunakan panci, panaskan dengan api kecil 1/2 cup susu tersisa sampai panas saja, tambahkan gula dan garam, masak hingga larut
  3. Tuangkan larutan susu dan maizena, aduk dengan whisk sampai kental (perhatikan untuk terus mengaduk jangan sampai bergumpal)
  4. Angkat, aduk lagi sebentar kemudian masukkan merica bubuk dan mustard, aduk rata kembali
  5. Masukkan cuka dan terakhir masukkan minyak, aduk hingga rata
  6. Mayonnaise siap digunakan

low fat mayonnaise
homemade mayonnaise
Catatan : jika tidak langsung digunakan masukkan dalam wadah kedap udara kemudian masukkan ke dalam kulkas, bisa bertahan sampai dengan 10 hari dan jika akan digunakan bisa cairkan dengan sedikit susu sambil diaduk hingga rata (bisa gunakan mixer atau whisk)

Nah semoga resep homemade eggless low fat mayonnaise ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera...

NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. aku kalo bikin selad solo, mayonisenya juga nggak pake kuning telur. Tepung yang dipake tepung terigu. Cara masaknya juga mirip gini. Hasilnya kayak vla tapi manis, gurih asem, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Rina...
      oh jadi mba Rina juga buat yang eggless begini ya...he he he...aku kok dari dulu ya kok ga cari ya resep begini...ini juga dapetnya pas lihat2 masakan india..eh ketemu deh...
      iya mba mirip vla cuma rasanya campur aduk..enaknya itu ya ada rasa mustard2 itu ya mba...

      Delete
  2. Kayaknya enak ya. Eh mba kalo mayones yg dijual di supermarket itu kuning telornya mentah jg gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini enak juga mba walaupun tanpa telur..
      kalau yang dijual di supermarket itu juga pakai telur mentah mba cuma telurnya melalui proses pasteurisasi, jadi cuma dipanaskan tetapi telurnya tidak sampai matang, jadi bisa bebas dari bakteri salmonela
      kalau buat sendiri kan susah juga jamin kalau telur yang kita pakai benar2 bersih dan bebas bakteri

      Delete
  3. saus mustard bisa diganti apa ya mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bingung tuh mba jawabnya...kalau diganti apa malah semakin sulit cari bahannya, baca2 bisa ganti dengan wasabi ataupun humus, tetapi kayaknya kalau tidak ada bisa diskip saja mba, hanya warnanya pastinya jauh lebih pucat karena cuma menggunakan olive oil, dan rasanya sedikit berbeda...

      Delete
  4. kalau boleh tau fungsi tepung maizena nya sebagai apa yah mba?kalau diganti ,bsa pake apa lagi yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bang Ery,
      fungsi tepung maizena ini untuk mengentalkan mayonnaise ini, kalau mau diganti coba pakai tepung terigu atau tapioka, hanya saya tidak yakin dengan teksturnya, kalau mau diganti, coba takarannya dikurangi dari 4sdm jadi 2sdm, perhatikan apakah kekentalannya sudah pas, semoga membantu ya..
      terima kasih sudah mampir

      Delete
  5. ass, resepx bagus banget, baru aja sy membuat sendiri mayonaise yg gak pakai mustard, tidak terlalu berpengaruh tanpa mustard ,tp saya pakai telur,sy gak sk telur mentah ya jd telur yg dikocok di masak sebentar aja sampai mengental usahakan jgn sampai gosong bagian bawah ya, setelah kental lalu angkat trus masukan bahan bahan lain trus di blender sebentar,sdh itu sdh siap mayonaisenya,moga bermanfaat selamat mencoba



    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih ya mba sudah mau berbagi..iya mungkin karena pakai telur tanpa mustard pun tidak berpengaruh rasanya, kalau tanpa telur dan diskip mustardnya, selain warnanya akan putih saja dan mungkin hanya berasa tepung saja, he he he...
      okey deh, kapan-kapan saya coba resepnya, secara memang kuatir juga kalau pakai telur mentah
      terima kasih lagi ya sudah mau berbagi tipsnya, semoga bermanfaat juga buat pembaca Monic's Simply Kitchen

      Delete
  6. Maaf bukan maksud merasa saya pintar,tp resep diatas lebih menyerupai Vla hanya diberi sedikit minyak,Mayonise adalah pembentukan krim dr minyak disinilah tingkat kesulitanya,penambahan Mustard fungsinya utk meningkatkan keasaman biasanya masih ditambahkan cuka atau perasan lemon sedangkan kuning telur berfungsi sebagai pengikat/emulsifier sehingga ketika adonan dimixer menjadi mengembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga usaha mba/mas... mau makan mayonnaise tapi ga mau pakai telur ya coba pakai resep ini walaupun memang seperti vla tapi sudah diberi minyak dan mustard serta cuka

      jadi bukannya saya sok pintar juga, saya kan ketemu resep ini nah apa salahnya saya coba dan saya bagikan juga, secara ketika saya coba ya lumayanlah untuk kategori tanpa telur

      kalau bisa dan oke-oke saja makan mayonnaise dengan telur kenapa harus repot-repot membuat yang versi tanpa telur kan..jadi ini hanya solusi buat yang mau saja membuat yang versi begini, yang tidak mau, ya tidak masalah kan..

      saya pun pernah membuat yang dengan menggunakan kuning telur, tapi yang versi mentah dan saya sudah sering melihat cara membuat mayonnaise di tv, ya seperti itulah, di proses akhir kalau tepat proses dan takaran akan didapatkan mayonnaise yang seperti umumnya kental, kekuningan, gurih dan sedikit asam

      pernah juga gagal karena salah takaran yang menghasilkan mayonnaise encer..

      jadi kembali lagi kepada selera ya, kalau mau mencoba yang versi tanpa telur ini silakan, yang mau dengan telur silakan browsing sendiri.. saya hanya berbagi saja..walaupun dikatakan bukan mayonnaise tapi vla ya tidak masalah

      terima kasih ya kunjungannya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.