Resep Homemade Burger Bun Metode Sangjin Ko

homemade burger bun
burger bun
Mayonnaise selain enaknya disantap dengan salad, tentu enak juga disantap dengan burger, nah karena itu kali ini saya buat homemade burger bun. Setelah lihat-lihat resep akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan resep roti tanpa ulen ala Sangjin Ko saja deh.

Memang kalau malas mengulen apalagi nih bagi kita yang belum punya mixer khusus roti, tentu mengulen menjadi suatu pekerjaan yang cukup berat. Halah..itu saya saja kali ya..pembaca bilang..lu aja kali..bukan kita..he he he...

Setelah puas dengan mayonnaise tanpa telur yang saya buat, maka saatnya eksekusi burger bun. Tinggal siap-siap bahan. Nah karena kehabisan telur eh buru-buru ke pasar. Dan ternyata setelah baca resep lagi ternyata resep ini tanpa telur..he he he..lupa..

Ah tapi untung juga ke pasar beli telur, secara untuk olesan roti kan butuh telur juga, walaupun bisa sih menggunakan susu cair saja, hanya saya lebih suka kalau mengoles roti dengan kuning telur dicampur madu dan sedikit air ataupun susu cair.

Oh iya, untuk roti tanpa ulen ini kan ketika melarutkan ragi hanya menggunakan susu cair dan air dengan suhu ruang. Nah karena di dapur cukup dingin makanya sedikit lebih lama menunggu ragi mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Kalau begini mungkin lain kali saya coba dengan susu atau air hangat saja.

Okey..berikut resepnya ya..silakan....

Resep Homemade Burger Bun

Bahan :
  • 120 ml susu cair
  • 100 ml air
  • 4 gr garam (1/4 sendok teh)
  • 30 gr / 2 sendok makan gula pasir butiran halus
  • 6 gr ragi instan (1 1/2 sendok teh)
  • 260 gr / 2 1/3 cup tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
  • 40 gr / 1/3 cup tepung terigu protein rendah (kunci biru)
  • 30 gr / 2 sendok makan mentega/margarin, lelehkan

Bahan olesan dan taburan :
  • 1 kuning telur + 1/2 sendok makan susu cair + 1/4 sendok teh madu
  • wijen secukupnya

 Cara membuat :
  1. Di mangkuk cukup besar, campur air dan susu, beri gula dan garam, aduk sampai gula dan garam larut
  2. Taburkan ragi instant, tunggu sampai ragi instant larut kurang lebih 5 menit, lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata (kalau saya diamkan dulu lagi kurang lebih 5 - 10 menit sampai mucul gelembung-gelembung di permukaan yang menandakan ragi masih aktif)
  3. Masukkan terigu yang sudah diayak (kali ini saya ayak) ke dalam larutan ragi instan, aduk hingga membentuk adonan yang kenyal (saya gunakan sendok kayu)
  4. Beri mentega/margarin cair, aduk kembali dengan sendok kayu sebentar, lalu supaya rata saya aduk dengan tangan (mirip menguleni hanya tetap di dalam mangkuk dan hanya sampai tercampur rata, kira-kira selama kurang dari 1 menit saja)
  5. Bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap (saya tutup dengan piring plastik saja), diamkan selama kurang lebih 20 menit
  6. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan dengan cara menarik bagian atas ke bawah sehingga membentuk bola. Lalu fermentasikan lagi selama 20 menit. Lakukan sampai 3 x proses ini.
  7. Setelah proses 3x fermentasi, kempiskan adonan, bagi menjadi 10 bagian, bulatkan masing-masing, kemudian sedikit pipihkan 
  8. Letakkan di dalam loyang bersemir margarin, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga mengembang
  9. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  10. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, taburi dengan wijen
  11. Panggang selama kurang lebih 15- 20 menit atau sampai permukaan roti kecoklatan
  12. Angkat dan dinginkan, siap digunakan untuk membuat burger kesukaan

burger bun sangjin ko
burger bun homemade

Nah semoga resep homemade burger bun metode Sangjin Ko ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera....
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.