Spaghetti Aglio e Olio with Chicken & Carrot

spaghetti with garlic & oil
spaghetti aglio e olio with chicken & carrot
Beberapa kali ketika blogwalking sering menemui yang namanya spaghetti aglio e olio. Cukup tenar memang resep ini di kalangan food blogger. Dengan berbagai tambahan bahan, mulai dari udang, bacon, ham, ataupun ayam. Dan kali ini saya ikutan buat juga.

Pada dasarnya spaghetti aglio e olio ini hanyalah spaghetti dengan bahan utama bawang putih (aglio) dan minyak zaitun (olio) dengan tambahan cabai merah kering flakes dan cincangan parsley serta tambahan keju.

Nah kali ini saya buat spaghetti aglio e olio ini dengan tambahan daging ayam, wortel dan irisan cabai rawit. Dan beri sedikit paprika bubuk supaya agak cerah warnanya. Mengenai rasa? hmmm tentu saja enak, tetapi tidak berlebihan. Yang tidak suka masakan terlalu kaya bumbu maka spaghetti ini bisa jadi alternatif masakan.

spaghetti aglio e olio recipe
spaghetti aglio e olio
Tadi buatkan juga Sophie, tentu saja tanpa cabai rawit, dan dia suka juga ternyata, dan hanya memang dia tidak begitu suka ayamnya secara mungkin sudah bosan kali ya makan ayam...nah kalau dengan bumbu sederhana begini dia suka.

Nah walaupun mudah tetapi tetap saya pakai resep acuan karena memang resep begini tidak serta merta datang begitu saja dan saya bisa begitu saja buat tanpa saya lihat resep orang lain. Jadi kali ini saya mengambil referensi dari resep spaghetti with garlic & oil - teaspoon of spice milik Serena dan Deanna yang tentu saja saya modifikasi.

Okey yang mau resepnya..ini dia ya..silakan...

Spaghetti Aglio e Olio

Bahan :
  • 2 porsi spaghetti, masak sesuai petunjuk kemasan sampai aldente
  • 100 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, iris tipis dan kecil
  • 1 buah wortel ukuran kecil, rebus lalu potong dadu
  • 10 butir cabai rawit, iris
  • 3 sendok makan minyak zaitun/olive oil
  • 5 siung bawang putih, memarkan lalu cincang
  • 1/4 sendok teh paprika bubuk atau cabai bubuk
  • 1/2 sendok teh parsley kering, atau gunakan cincangan daun seledri
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan air
  • keju cheddar untuk taburan secukupnya, parut

Cara membuat :
  1. Masak spaghetti dan sekaligus rebus wortel dalam wadah yang sama, masak hingga matang dan aldente, kurang lebih 10 -15 menit, sesuai petunjuk kemasan
  2. Tumis bawang putih cukup lama sekitar 5 menit tetapi bawang putih tidak gosong, aduk sesering mungkin
  3. Masukkan potongan daging ayam dan potongan wortel, masak hingga daging ayam matang
  4. Tambahkan air, aduk rata, masak sebentar
  5. Masukkan spaghetti, beri garam, merica, paprika bubuk serta parsley kering, aduk rata sampai spaghetti tercampur rata dengan bumbu
  6. Angkat dan siap dihidangkan
  7. Beri taburan keju parut dan parleys kering

Nah ternyata mudah sekali kan membuat spaghetti aglio e olio ini, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Udah lama gak makan spaghetty yummmiiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atuh teh buat lagi...yummi plus cepat buatnya ga pakai ribet

      Delete
  2. Nah kalo yg ini aku sering masak sendiri mbak..gampil soalnya..tinggal variasi di proteinnya aja. Sampe smoked duck jg pernah kucova masak ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Vari..memang gampil banget nih buat kayak gini...udah gitu enak lagi yak...
      tinggal gonta ganti protein...

      Delete
  3. Masak spaghetty dari dulu , rasanya selalu beda sama yang asli :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Kelly,
      beda dari yang asli Italia sono ya mba...
      wah berhubung belum pernah nyobain versi asli, jadi ga bisa bandingin neh mba, he he he
      terima kasih sudah mampir ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.