Sup Ayam Jamur

resep sup ayam jamur
sup ayam jamur
Memasak yang cepat dan mudah saja deh, sup ayam jamur. Nah ini sup memang khusus dimasak untuk Sophie, jadi saya masukkan kategori makanan anak juga, walaupun orang dewasa juga tentu sah-sah saja makan beginian.

Kita beli teh yuk...begitu saya bilang ke Sophie...secara Batam memang lagi panas-panasnya beberapa lama ini, lalu saya bilang besok buat sup ya...terus dia bilang..no sup..teh aja...iya teh juga sup juga ya...teh aja..he hehe begitu jawabnya.

Biasa memang kalau ada dua yang beginian dia suka pilih salah satu, padahal ya beda ya sup dan teh..nah begitu juga kalau sudah beli sesuatu misalnya beli cookies...misalnya ada 2 rasa..dia akan pilih salah satu, walaupun kita bilang tidak apa-apa, ambil saja dua-duanya. Dan dia selalu menolak, dia akan tetap pilih satu, ya sudah..tanpa sepengetahuan dia, satu laginya kita masukkan juga ke keranjang belanja.

Hal ini berlaku juga dengan mainan, jika ada mainan sama bentuk tetapi warna berbeda, dia akan pilih salah satu..sambil mikir..lama dia timbang-timbang sebelum dia bilang..yellow aja...ataupun pink aja...kalau berubah pikiran, dia akan letakkan yang dia pilih tadi ke tempat semula dan dia akan ambil yang dia mau..bolak-balik kita bilang ambil saja dua..pink dan yellow...boleh kok...tetap dia ngotot..satu aja..
Nah memang bahasa Sophie campur aduk sekarang, secara dia suka nonton let's go pocoyo, mister maker, elmo, dll, hmmm...anak sekarang ya...

Ahai..kembali lagi ke resep sup ini ya..nah sup ini supaya gurih saya tambahkan juga tulang ayam, kan biasa kalau beli ayam bagian dadanya saja di pasar, maka jika tulangnya tidak saya masak juga maka saya simpan di freezer, suatu saat butuh bisa digunakan untuk kaldu.

Kalau di pasar hanya ada satu penjual yang menjual khusus dada ayam, itu juga saya baru tahu dan namanya adalah ayam sate. Jadi kalau kita bilang ayam sate ada? tentu langsung diberi potongan dada ayam tanpa sayap, tetapi memang masih ada tulang dan kulit, dan biasanya harganya lebih mahal daripada ayam bagian dada plus sayap dan leher.

Sup ini saya tambahkan rempah juga ke dalamnya, seperti kapulaga, pekak, kayu manis dan pala serta cengkeh. Jadi mirip sup di rumah makan padang. Walaupun memang rasanya tidak segurih sup padang. 

Oh iya..ini supnya Sophie makan dengan pasta makaroni, tetapi pastanya dimasak terpisah, jadi dia tidak makan dengan nasi..mungkin sedang bosan makan nasi...no nasi katanya...halah....

Okey, ini resepnya ya..silakan...

Sup Ayam Jamur

Bahan :
  • 150 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong sesuai selera
  • tulang-tulang ayam (saya gunakan 4 buah tulang dada ayam )
  • 1 buah kentang ukuran besar, potong sesuai selera
  • 1 buah wortel ukuran besar, potong melintang setebal kurang lebih 1/2 cm
  • 12 butir jamur kancing, bagi 2
  • 1 batang daun bawang, potong ukuran 2-3cm
  • 3 batang daun seledri, potong ukuran 2-3 cm
  • 1 buah tomat ukuran besar, bagi 8 memanjang
  • 750 ml air
  • 3 sendok makan kecap ikan (jika dirasa kurang asin, tambahkan atau tambahkan garam)
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah, iris tebal lalu goreng
  • 4 siung bawang putih, iris tebal lalu goreng 

Bumbu lainnya :
  • 5 butir cengkeh
  • 3 butir kapulaga
  • 1 buah kembang lawang/pekak
  • 3 batang kayu manis @3cm
  • 1/4 butir pala, memarkan

Cara membuat :
  1. Siapkan panci, isi air, masukkan daging ayam, tulang ayam, kentang, wortel, daun bawang dan daun seledri, masak hingga semua matang...kentang dan wortel cukup lunak
  2. Tambahkan bumbu halus dan bumbu lainnya, masukkan juga merica bubuk serta kecap ikan dan sekalian jamur kancing
  3. Masak lagi hingga tomat hancur dan bumbu meresap
  4. Cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  5. Angkat

Nah semoga resep makanan anak sup ayam jamur ini bisa menginspirasi ya.silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera...







NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. enak banget ini mba kalo lagi batuk pilek kaya gini..kita sekeluarga lagi kena batpil ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau batuk pilek gitu memang enak makan yang hangat-hangat ya mba...makan sup memang mantap...semoga mba sekeluarga cepat sembuh ya...

      Delete
  2. Baru ngeh mbaa, klo tampilan blognya ganti
    suka..suka..suka.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba ganti tampilan..ternyata bosan juga dengan tampilan lama..biar sedikit lebih segar lihat yang baru...
      tengkyu..tengkyu...tengkyu...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.