Cheese Roll

cheese roll puff pastry instan
resep cheese roll
Ahai...masih edisi pastry-pastry-an, satu lagi pastry yang saya buat..cheese roll. Nah dari namanya tahu kan kalau ini adalah keju yang digulung dengan kulit pasrty. Kalau sering beli-beli di Kartika Sari ataupun di bakery-bakery lain, cheese roll ini pasti tidak asing lagi.

Selain pisang bolennya, saya suka sekali makan cheese roll ini, ya memang sih rasanya jadi gurih sekali, pastry gurih ditambah keju saja. Hmmm jenis makanan ini yang Sophie suka. Jadi ketika saya buat dia sudah excited sekali, dia mengikuti setiap prosesnya. Wah bisa-bisa nanti dia hobi masak juga nih.

Kalau buat telur dadar dia yang mengocok telurnya, masukkan bahan tambahan dan mengocoknya kembali. Jadi dia suka bilang pipi mix egg...jadi kalau saya sudah memecahkan telur, dan dia melihatnya dia akan teriak..pipi mix..pipi mix...(dia menyebut dirinya pipi-nama panggilannya)...nah kalau ditanya orang siapa namanya? pipi..kemudian saya suka membetulkan...Sophie...langsung protes..no Sophie..Pipi...

Karena suka makanan gurih begini, jadi begitu matang, dia sudah tidak sabar lagi deh menyantap cheese roll ini, dinginkan sebentar, beri dia 2 potong dan ternyata habis 2 potong. Tetapi setelah itu tidak mau lagi.

Nah sama seperti pasrty yang lain, seperti tuna puff yang saya posting sebelumnya, masih sama, kulitnya menggunakan kulit puff pastry instan merk Edo. Kali ini saya gunakan 1 lembar saja ukuran 20cmx20cm. Kemudian 1 lembar ini dibagi lagi menjadi 12 bagian. Jadi supaya mudah, letakkan kulit pasrty di meja bertabur tepung tipis, iris bagian tengahnya dengan pisau tajam, kemudian masing-masing bagian iris lagi menjadi 2 di bagian tengahnya sehingga didapatkan 4 bagian, kemudian masing-masing bagian dibagi lagi menjadi 3 bagian. Sehingga total menjadi 12 bagian.

Nah untuk kejunya gunakan keju cheddar kemasan 180gr. Keju dibagi 6 dulu memanjang, kemudian maisng-masing bagian dibagi 2, jadi terdapat 12 bagian keju panjang. Untuk taburan gunakan sekitar 30gr keju parut saja.

Wuah..daripada saya menulis ngalor ngidul lagi, langsung ke resep ya...silakan....

Cheese Roll

Bahan :
  • 1 lembar kulit pastry ukuran 20cmx20cm, ikuti petunjuk kemasan untuk proses thawing
  • 180 gr keju cheddar (1 kotak)
  • 30 gr keju parut untuk taburan

Bahan olesan : campur jadi satu
  • 1 kuning telur
  • 1/4 sendok teh madu

Cara membuat :
  1. Potong-potong keju menjadi 12 bagian memanjang (bagi 6 dulu memanjang kemudian baru dibagi 2 tiap-tiap bagian sehingga didapatkan 12 bagian)
  2. Letakkan kulit pastry di meja bertabur tepung tipis, bagi menjadi 12 bagian
  3. Siapkan loyang beroles minyak/margarin/butter, alasi dengan kertas roti
  4. Ambil satu bagian kulit pasrty, angkat dan agak ditarik sedikit hingga menjadi lebih panjang menjadi kira-kira hampir 2x panjang semula (tentu lebarnya semakin berkurang)
  5. Ambil satu batang keju, lilitkan kulit pastry di sepanjang keju, rapikan ujung-ujungnya
  6. Letakkan di loyang, lakukan sampai semua habis
  7. Olesi dengan campuran telur dan madu, beri taburan keju parut
  8. Panggang di oven suhu 180 derajat celcius (sudah dipanaskan sebelumnya) kurang lebih selama 20 menit sampai permukaan kuning keemasan, keju garing dan terlihat lapisan kulit pastry.
  9. Keluarkan dari oven dan dinginkan, siap disajikan

Nah semoga resep cheese roll dari kulit puff pastry instan ini bermanfaat ya...silakan mencoba, semoga sukses dan semoga suka pastinya...




NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. nyam nyam aduh sedep bgt inih.. aku kok kok irit bgt ya gak pernah beli kulit pastry siap pakai ahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi hi..kalau bisa buat mah kulitnya ya mending buat teh...cuma hadeuh rasanya malas sekali tuh buat sendiri, lipat gilas, lipat gilas..he he..
      ini juga kulitnya diirit irit, 1 lembar kalo bisa jadi 1 jenis pastry..biar nyobainnya banyak jenis

      Delete
  2. I want it so bad...

    Blm prnah maenan pastry nich mba... boro2 nyampe pastry... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali kali cobain mba...mudah kalau buat olahan pastry pakai kulit pastry instan...eits..tapi tunggu dedek lahir dan besar dulu...he he he..

      Delete
  3. yummmy...ngilerrr...keju..I love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Kania..ini ngeju banget deh...

      Delete
  4. Aku kalo ini beli aja di kartika sari bandung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak mas bisa dgn mudahnya beli di kartika sari bandung, kalau saya mah jauh mau ke sana..he he he...dulu tuh yg di kebon kawung ks favorit...dekat stasion soalnya...he he he...

      Delete
  5. mb, aku buat pastry ini menggunakan pastry instant tp tdk bisa pecah, hsilx spt molen gitu basah...
    Info dong klo tdk menggunakan oven tp menggunakan panci serba guna untuk memanggang bisa ngga ya?? (Apa pengaruh dgn media panggangan ya mb???)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Arie,
      hasilnya tidak pecah mungkin karena belum pas mb suhunya dan waktu memanggangnya, pastry instan ini akan terlihat lapisan dan garing kalau sudah cukup waktu panggangnya, nah tanda dia sudah matang dengan terlihat lapisan dan terlihat sudah garing mb...kalau belum coba tambahkan lagi waktu panggangnya..
      selama ini saya belum pernah coba pakai panci serba guna mb, kalau misalnya mb coba memanggang cake dengan panci serbaguna hasilnya oke tentu tidak masalah sih kalau menurut saya, hanya saja harus mengira dan melihat sendiri hasilnya, perlu tambah waktu atau tidak, begitu sih mb menurut saya,
      semoga membantu ya mb jawaban saya...terima kasih sudah mampir...

      Delete
  6. Replies
    1. Silakan mba Sriwulan, semoga cocok ya.... terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  7. Nuhun pisan resepnyaa.. udah nyoba bikin, gampil dan enak..
    Nyari resep tuna puff-nya di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Yulia, sama-sama mba, terima kasih sudah coba resep ini ya.. oh iya tuna puffnya sudah saya update linknya di atas mba..

      untuk resep2 puff lainnya bisa juga lihat di label kategori pastry mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.