Tuna Puff

resep tuna puff
tuna puff with mix vegetables
Sudah cukup lama stok kulit pastry instan mendekam di freezer, saatnya diolah dan....kali ini diolah menjadi tuna puff dengan campuran sayuran. Membuatnya sangat mudah kalau menggunakan kulit pastry siap pakai ini, hanya mengolah isinya sebentar, kemudian proses dan panggang.

Sudah beberapa kali beli tuna puff, jadi ingin buat sendiri. Tetapi ini saya gunakan tuna kaleng untuk sandwich yang memang idenya membuat sandwich menggunakan baguette yang ternyata baguette-nya saya olah menjadi french toast dengan vla jeruk.

Memang kadang kalau saya sudah menyiapkan suatu bahan, nah ketika malas melanda atau ada saja halangan, maka tadinya mau masak ini eh jadi masak itu...hmmm sepertinya bukan saya saja ya yang begini..betul?

Untuk kulit puff pastrynya saya tetap gunakan merk yang sama, yaitu merk Edo, bisa lihat di cheese stick dengan puff pastry instan ya...kali ini saya hanya gunakan 2 lembar ukuran 20cmx20cm. Nah kalau kulit pastry ini kan lembaran panjang yang dilipat ukuran 20cmx20cm, tinggal potong-potong saja ya di lipatannya.

Untuk isi sendiri, selain tuna saya gunakan juga sayuran beku campur yang terdiri dari jagung, kacang polong dan wortel. Hanya ditumis dengan bawang bombay dan bawang putih, setelah matang baru dicampur dengan tuna kaleng yang sudah bebentuk halus berbumbu mayonnaise. Jika membeli tuna kaleng yang chunk, bisa dihancurkan sedikit supaya tidak besar-besar daging tunanya.

Olesan permukaan puff saya gunakan kuning telur dan madu, ternyata jadi sangat gelap sekali warnanya, soalnya menambahkannya pakai kira-kira sih..he he he...kalau tidak mau terlalu gelap gunakan saja kuning telur dicampur susu cair sedikit kira-kira 1/2 sendok makan. Atau gunakan 1 butir telur saja.

Okey deh..lanjut ke resep ya....
Inspirasi resep dari buku olahan pastry oleh Deni Mulia

Tuna Puff

Bahan :
  • 2 lembar kulit pastry ukuran 20cmx20cm, ikuti petunjuk kemasan untuk proses thawing

Bahan isian :
  • 1 kaleng tuna dengan mayonnaise berat 185gr
  • 150 gr sayuran beku campur
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, belah 2 membujur lalu iris tipis
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 4 butir telur rebus, bagi 4 masing-masing

Bahan olesan : campur rata
  • 1 buah kuning telur
  • 1/4 sendok teh madu

Cara membuat :
  1. Bahan isian : tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan sayuran campur, masak hingga matang, dinginkan sejenak lalu campur dengan tuna kaleng, sisihkan
  2. Untuk kulit : ambil 1 lembar kulit, bagi menjadi 4 bagian sama besar menjadi ukuran bujur sangkar ukuran 10cmx10cm, lakukan hal yang sama sehingga mendapat 8 bagian
  3. Ambil satu lembar, letakkan di meja atau alas bertabur tepung tipis, gilas hingga melebar dengan ketebalan kurang lebih 1.5mm
  4. Isi dengan bahan isian di bagian tengah, tambahkan telur rebus, susun telur di atas isian, lalu lipat kulit pastry, bisa berbentuk segitiga ataupun persegi panjang (saya melakukan dua-duanya)
  5. Tekan-tekan bagian tepinya, kemudian rapatkan dengan cara menekannya dengan garpu
  6. Letakkan di loyang yang sudah dioles minyak/butter/margarin dan dialas kertas roti
  7. Lakukan hingga semua habis
  8. Sementara itu melakukan proses di atas, panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  9. Olesi permukaan puff dengan campuran kuning telur dan madu, kerat bagian permukaan puff 
  10. Panggang selama kurang lebih 20 menit sampai permukaan kuning keemasan dan puff mengembang dan terlihat lapisannya
  11. Keluarkan dari oven dan dinginkan


tuna puff sayuran
tuna puff
Nah semoga resep tuna puff dari puff pastry instan ini bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. kulit pastry udah ada yg jadi ya mba? baru tauu. bisa juga dong diisi yg lain ya kaya pisang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ada kulit pastry siap pakai, bisa banget mba diisi apa saja, saya pernah buat banana roll juga, enak mba...kulit pastry renyah gurih, isian pisang dan coklat, wuih pas deh mba...

      Delete
  2. disini adanya kulit pastrinya kecil, kayanya 15cm gt.. biasanya bikin ala pisang molen kartika sari bandung.. kayanya diisi tuna gini enak.. gurih.. makannya pake saos sambel.. nyam..nyam.. anak2 sepertinya jg bakal suka, coz kalo diisi piscok ju anak2 malah ga suka.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ukuran 15cm gitu mantap mba Maya, ga perlu potong-potong lagi bisa buat yang ukuran besar tapi ga kebesaran banget..he he he...iya mba pakai tuna gini jadi gurih...cocol saus sambal enak...wah anak2 ga suka ya piscok...ayo buat yg gurih2 kalau gitu...

      Delete
  3. Ini doyang banget, enak di cocol pake saos sambel :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas..cocol saus sambel enak ini mas....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.