Pisang Goreng Pasir

pisang goreng pasir
pisang goreng pasir
Ahai saatnya pisang goreng pasir ditampilkan....resep yang menurut saya mudah, sama halnya dengan membuat pisang goreng biasa hanya ditambahkan tepung roti. Dan hasilnya seperti berpasir karena tepung rotinya.

Pisang goreng memang cemilan yang sangat mudah dibuat kan, nah dari jaman kecil sudah sering sekali makan pisang goreng ini. Apalagi di bagian samping dan belakang rumah banyak pohon pisang kepok. Kalau matang pisangnya ya kalau tidak digoreng, dibuat pepes pisang ketan atau juga dibuat kolak pisang dan dibuat godok pisang.

Tetapi ibu saya belum pernah yang namanya buat cake pisang..he he he....Nah biasa kalau buat pisang goreng ibu saya hanya menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras, diberi sedikit gula dan garam. Jadi sampai sekarang ya buat pisang goreng hanya seperti itu.

Kalau pisang kepok di rumah, buahnya besar-besar dan manis, sayangnya ketika pulang ke Palembang selalu saja pisangnya pas kebetulan belum matang. Jadi biasanya kalau sudah matang dan sudah dibuat pisang goreng, bisa suka dibentuk kipas dan biasanya adik saya hanya share gambarnya saja...hmmm sudah lama memang tidak makan pisang goreng hasil buatan ibu saya.

Nah kalau di Batam, sedang marak-maraknya pisang keju, jadi dimana-mana banyak sekali yang jual pisang keju. Dari beberapa tempat, ada satu tempat favorit kami, pisang kejunya menggunakan pisang goreng pasir. Jadi setelah digoreng baru deh diberi susu kental manis dan diberi parutan keju. Alamak kalau tidak mengingat badan yang semakin mengembang bisa tiap hari ke sana...he he he...

Kalau saya menjadi pelanggan, biasanya saya dan penjual suka mengobrol, nah saya tanya-tanya pisangnya beli di mana kok bisa bagus, jenis pisangnya apa saja dan ibu penjual ini bercerita kalau untuk mendapatkan pisang yang bagus agak susah, jadi dia harus benar-benar memilih pisangnya. Dan memang sih terbukti rasa pisang kejunya lebih enak dibanding yang lain.

Nah sering juga saya tungguin si ibu membuat pisang kejunya karena pelanggannya cukup banyak jadi kadang saya ke sana sudah urutan keberapa. Jadi ya terpaksa menunggu deh, sambil melihat si ibu mengerjakan pisang kejunya. Pisangnya hanya dibagi 2 atau 3 bagian membujur, kemudian dicelup larutan tepung, lapisi dengan tepung terigu, celupkan lagi ke larutan tepung kemudian gulingkan ke tepung panir yang banyak, setelah itu baru deh digoreng. Setelah matang, panas-panas dikemas, beri susu kental manis dan diberi parutan keju. Jika ada yang pesan bisa juga ditambahkan meses.

Karena ketika ke pasar pas lewat penjual pisang, mata tertuju ke deretan pisang kepok, dan ketika bertanya harganya, hmm cukup murah 1kg 8 ribu rupiah. Langsung beli 1 sisir dan ternyata pas 1 kg deh...langsung cobain pisang goreng pasir ini. Tadinya mau buat pisang keju tetapi batal karena tidak ada susu kental manisnya. Hmmm lain kali deh...

Okey, berikut resep mudahnya ya.....

Pisang Goreng Pasir

Bahan :
  • 1 sisir pisang kepok setengah matang
  • 3/4 cup tepung terigu protein sedang/serbaguna
  • 1 cup air
  • 1/4 cup tepung terigu protein sedang/serbaguna
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • tepung panir/tepung roti kasar oranye secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Kupas pisang, iris tanpa putus dan bentuk kipas, sisihkan
  2. Siapkan 3 tempat masing-masing isi dengan larutan terigu, tepung terigu dan tepung panir
  3. Larutan terigu yang terdiri dari 1/4 cup tepung terigu dicampur air, garam dan gula, aduk rata
  4. Panaskan minyak dengan api sedang
  5. Ambil satu buah pisang, celupkan ke dalam larutan terigu, gulingkan ke tepung terigu, celupkan lagi ke larutan terigu, kemudian gulingkan ke tepung panir, tekan-tekan sedikit hingga tepung panir menempel
  6. Lakukan untuk beberapa buah pisang sesuai dengan kapasitas penggorengan
  7. Goreng hingga matang dan garing, angkat dan tiriskan
  8. Lakukan proses di atas sampai pisang habis

Jika ingin membuat pisang keju, potong pisang memanjang menjadi 2 atau 3 bagian, lakukan proses yang sama, kemudian jika sudah matang beri susu kental manis, beri taburan keju parut.

Nah mudah kan resep pisang goreng pasir kipas ini, semoga bermanfaat ya...silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Replies
    1. He eh teh...makanan sederhana tapi enak ya..duh apalagi kucuri skm trus taburi keju parut..enak deh..

      Delete
  2. wuihh, ini ga usah pake macem2 juga udah enak mba Mon
    dimaem anget-anget sambil nyruput teh..syedaaap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh...pisang goreng mah enak aja ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.