Popcorn Chicken Krispi

popcorn chicken
popcorn chicken krispi
Tadinya bingung mau diberi judul apa masakan satu ini, akhirnya beri nama popcorn chicken krispi saja deh. Secara bahan dan cara membuat sama dengan resep ayam goreng tepung krispi yang pernah saya posting sebelumnya. Hanya ini versi kecil dan tanpa tulang.

Tadinya dada ayamnya saya potong kotak, nah karena saya terlalu semangat meremas-remas ayamnya di tepung, dengan maksud supaya tepungnya menempel dan jadinya semakin keriting, ealah malah jadinya pipih ya...dan seperti tepung biasa tanpa ada isian daging ayamnya.

Nah kalau buat yang begini, biasanya ketika di goreng suka menimbulkan aroma harum menggoda selera..jiah..bahasanya...Belum matang saja Sophie langsung minta ayam brown katanya...hmmm jadi batch pertama goreng sudah pasti milik Sophie. Jadi biasa cepat-cepat dinginkan, soalnya tuan putri sudah tidak sabar lagi.

Membuat makanan seperti ini memang cukup lama tetapi untuk menghabiskannya sungguh tidak butuh waktu yang lama...sekejap...he he he..apalagi kalau dicemal-cemil begitu saja, bukan dijadikan lauk, cocol saus sambal dan saus tomat sudah enak.

Penggunaan bawang putih yang cukup banyak memang membuat popcorn chicken krispi ini lebih berasa bumbunya. Jadi tanpa tambahan penyedap sudah cukup, tetapi yang terbiasa dengan menambahkan penyedap bisa saja ditambahkan, tentu rasanya lebih afdol. Semua kembali kepada selera masing-masing ya.

Nah seperti pernah saya bahas di resep ayam goreng krispi, supaya ayamnya keriting maka gunakan tepung yang cukup banyak, pastikan tangan yang melumuri tepung tidak basah, jadi tepung tidak bantat. Goreng dengan minyak yang cukup banyak sehingga semua bagian ayam terendam. Nah kalau menggoreng bentuk yang kecil-kecil begini tentu lebih irit minyak.

Untuk pengembang hanya gunakan air es, potongan ayam yang sudah dilumuri tepung dicelup sebentar saja di air es asal basah, baru kemudian dimasukkan lagi ke dalam tepung sambil diremas-remas perlahan supaya tepung menempel dan tepung jadi keriting.

Okeh, berikut resep popcorn chicken ini ya..silakan...
(catatan : untuk penggunaan garam sebaiknya disesuaikan dengan selera ya, kadang-kadang jenis garam juga berbeda, sebaiknya untuk memastikan sudah sesuai belum keasinannya sebaiknya diberi garam secukupnya dulu, kemudian tes rasa dengan cara menggorengnya sedikit, baru diatur mau ditambah atau tidak)

Popcorn Chicken Krispi

Bahan :
  • 300 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong kotak kecil sesuai selera
  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 300 ml air es
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu rendaman : (semua bahan dicampur rata)
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 3 butir kemiri, haluskan
  • 1 ruas jari kunyit atau seujung kuku kunyit bubuk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh cabai bubuk (optional)
  • 1 butir telur ukuran sedang

Cara membuat :
  1. Rendam potongan ayam dengan bumbu rendaman selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam hingga bumbu meresap
  2. Siapkan tepung di dalam mangkuk, beri garam dan merica bubuk, aduk rata
  3. Ambil potongan ayam, masukkan ke dalam tepung, cubit-cubit perlahan hingga tepung menempel, celupkan ke dalam air es asal basah, kemudian masukkan kembali ke dalam tepung, cubit-cubit perlahan kembali hingga tepung menempel dan kelihatan keriting
  4. Goreng dalam minyak yang cukup banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, gunakan api sedang saja, goreng hingga garing dan matang serta kecoklatan, angkat, tiriskan, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  5. Lakukan proses di atas sampai semua potongan ayam habis
  6. Karena menggunakan potongan ayam, maka saya tidak melakukan proses mencelup-goreng satu persatu, saya lakukan proses melumuri dengan tepung sekaligus sekitar 6-7 potong, lalu satu persatu baru dicelupkan ke dalam air es, baru kemudian masukkan lagi ke tepung, kemudian satu persatu dicubit dengan tepung hingga keriting dan langsung goreng begitu selesai dilumuri tepung.
ayam popcorn krispi
ayam popcorn krispi

Nah mudah kan membuat popcorn chicken krispi ini, semoga bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...
NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. waaah gampil ini, kayaknya aku bisaa..............jalan ke KFC.... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha..iya...tinggal jalan ke KFC....

      Delete
  2. ah gak usah mikirin judul yang penting endeeuss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh juga ya teh...teu penting judul mah...

      Delete
  3. haloo mbak,, pas banget tadi beli ayam fillet :D kalo air es gunanya biar apa sih mbak? apa boleh diganti air biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata yang punya resep sih (bisa lihat di ayam goreng tepung krispi di blog saya juga mba) buat pengembang alami mba Santi...jadi tepungnya bisa keriting gitu, belum pernah coba sih pakai air biasa, mungkin bisa ya...hanya belum pernah coba sih mba pakai air biasa..orang baru 2 kali coba resep yang krispi begini..he he he... kalau mau coba aja mba pakai air biasa nah nanti kasih tahu ya mba hasilnya...he he he..
      lain kali saya coba juga deh pakai air biasa kalau hasilnya sama saja...atau malah lebih bagus...(kok enak..ha ha ha..)

      Delete
  4. Enak buat cemil2 sambil nonton tipi trus ngak sadar makin gendut hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha..iya mas Cumi...bahaya ini ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.