Diet Rendah Garam #21 Pepes Ikan Bumbu Kuning

pepes ikan bumbu kuning
pepes ikan benggol bumbu kuning
Beberapa hari ini masak menu diet rendah garam saja nih...jadi jarang posting...nah kali ini yang saya posting pepes ikan bumbu kuning. Ikan yang saya gunakan adalah ikan benggol kalau sebutannya di Batam. Kalau di Palembang disebut ikan sarden, ada juga yang menyebutnya ikan layang, dan ada juga yang menyebutnya ikan peda.

Ketika ke pasar lihat ada ikan benggol ukuran cukup besar, langsung beli 1kg, hanya dapat 3 ekor ikan. Hmmm karena masih masak-masakn menu diet rendah garam, maka coba buat pepes ikan saja. Nah supaya Sophie bisa makan juga akhirnya dibuat tidak pedas saja. Buat sambal saja untuk pendamping pepes ini.

Dan ternyata kucing di rumah (Bedul namanya), suka juga dengan pepes ikan ini. Secara sebelum dia sakit kencing batu, ikan benggol adalah ikan favorit dia. Dulu mana mau makan ikan benggol selain yang digoreng, nah ini malah mau makan yang dipepes..he he he... Jadi karena sudah lama sekali makan makanan khusus untuk penyakit kencing batu, jadi begitu mencium aroma ikan langsung deh mencari-cari perhatian, minta jatah juga.

Ahai ternyata memang enak sekali ikan benggol dipepes, jadi wajar saja Bedul suka dengan ikan benggol pepes ini. Dagingnya gurih sekali, juicy karena dikukus juga kali ya. Nah tadinya saya malas yang namanya membuat pepes ikan, karena masih suka bau amis. Tetapi saya coba gunakan lebih banyak jeruk nipis untuk melumuri ikannya. Hmmm akhirnya sama sekali tidak amis lagi ketika matang.

Nah menu diet rendah garam berupa pepes ikan bumbu kuning ini memang cocok untuk diet lho, sama sekali tidak menggunakan minyak, sedikit garam dan pastinya rendah lemak. Malah pas juga untuk diet rendah kalori. Bahan-bahan yang digunakan semua alami, jadi tanpa tambahan bahan-bahan yang berpengawet.

Kalau dipikir-pikir masakan Indonesia itu ya sehat-sehat kok ya, jadi kalau mau diet ya mudah saja memasak masakan yang begini. Tanpa minyak yang hanya dikukus atau dimasak langsung. Dengan bumbu-bumbu alami yang banyak tersedia dan dengan mudah kita dapatkan.

pepes ikan bumbu kuning
pepes ikan
Asal mau sedikit repot saja sih....jadi masakan begini tanpa saus-sausan, bisa dikurangi takaran garamnya yang akan tertutupi rasanya dengan penggunaan bumbu-bumbunya. Memang kalau belum biasa menyantap masakan begini akan terasa hambar. Tetapi lama-lama lidah akan terbiasa sendiri. Malah jika sudah terbiasa makan masakan yang hambar, ketika makan makanan yang sedikit asin akan terasa sangat asin sekali. Itu bagus kan untuk sensor makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Yang diet rendah kalori, seperti biasa saran saya, santap pepes ini dengan nasi merah ataupun oatmeal ya, dan rasakan perubahannya. Wuih..itu bagi yang sedang berdiet lho ya...jadi tanpa asupan makanan lain yang tinggi kalori. Kalau masih cemal-cemil gorengan ya lain lagi cerita ..he he he...

Okey deh..kepanjangan lagi deh...ini resepnya ya...hampir sama dengan resep pepes ayam tahu menu diet rendah garam juga.

Pepes Ikan Bumbu Kuning

Bahan :
  • 1 kg ikan benggol, bersihkan
  • 2 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, iris serong
  • 8 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 250 gr kemangi, petiki
  • 3 buah tomat ukuran sedang, bagi 6 memanjang
  • 3 buah tomat hijau ukuran sedang, bagi 6 memanjang
  • daun pisang secukupnya untuk membungkus, bersihkan
  • tusuk gigi secukupnya

Bumbu halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1/4-1/2 sendok teh garam (atau skip sama sekali)

Cara membuat :
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, bilas
  2. Lumuri ikan dengan bumbu halus, diamkan selama kurang lebih 10 menit
  3. Ambil 1 lembar daun pisang, letakkan daun kemangi, letakkan ikan, beri daun jeruk, tomat, irisan serai, kemudian beri lagi dengan daun kemangi
  4. Bungkus ikan dan semat dengan tusuk gigi, lakukan hingga habis
  5. Sementara itu panaskan kukusan, masukkan pepes ke kukusan, masak hingga matang kurang lebih selama 20-30 menit
  6. Matikan api, jika suka bakar pepesnya, atau jika suka santap langsung

Nah semoga resep diet rendah garam berupa pepes ikan bumbu kuning ini bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera....
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. ikan benggol mba? baru denger :) dari daerah manaikan sejenis itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Batam bilangnya ikan benggol mba...he he he..ya sama sih dengan ikan layang...nama ikan ini banyak deh hanya saya lupa semua namanya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.