Marmer Butter Cake (Jenis Bolu Jadul)

marmer butter cake
marmer butter cake
Jenis bolu jadul yang saya suka dari kecil, yup namanya marmer butter cake. Dulu sih saya tidak tahu bedanya butter cake dengan sponge cake, dulu sebutannya tetap bolu. Nah ibu saya tidak pernah buat marmer butter cake ini, dulu biasanya kami suka diberi oleh salah satu kenalan keluarga kami.

Bolu dari kenalan keluarga kami itu ya rasanya seperti butter cake ini. Dan beberapa kali sih setelah saya sudah suka baking dan cooking saya pernah coba buat marmer butter cake ini. Nah beberapa kali saya coba hanya saya lupa saya pakai resep siapa saja.

Nah masih dalam rangka mixer yang sudah dikeluarkan dari tempat penyimpanan ketika membuat bolu jerman yang fenomenal di grup memasak fb, maka tidak ada salahnya saya coba bolu jadul - marmer butter cake ini. Sebenarnya sudah cukup lama ada resep marmer butter cake yang saya bookmark, resep butter cake jadul - no zat aditif dari blog Omah Nastari milik mba Rita. Makasih mba resep cakenya.

Jadi resep cake ini tanpa emulsifier (sp/tbm/ovalet) dan tanpa baking powder (bp) ataupun baking soda (bs). Walaupun begitu, tetap saja tidak bantat ya cakenya. Hanya memang karena ini jenis butter cake maka cake ini sedikit lebih padat dan lebih lembab daripada sponge cake. 

Untuk motif marmernya bisa gunakan pasta coklat ataupun pasta blackforest atau bisa juga dengan coklat bubuk, kembali kepada selera dan ketersediaan bahan. Nah karena menurut saya lebih mudah jika saya menggunakan takaran cup, maka takaran bahan saya konversi dengan cup. Yang tidak terbiasa dengan takaran cup silakan gunakan resep asli ya.

Okey deh langsung ke resep ya, silakan.

Marmer Butter Cake

Bahan :
  • 200 gr margarin/butter (saya gunakan margarin)
  • 180 gr gula pasir (3/4 cup)
  • 4 butir telur ukuran sedang
  • 1/2 sendok teh vanili (saya gunakan pasta vanila)
  • 175 gr tepung terigu (1 1/2 cup tepung terigu protein sedang/segitiga biru)
  • 15 gr maizena (1/4 cup maizena karena saya skip susu bubuk)
  • 15 gr susu bubuk (saya skip)
  • 1 sendok teh pasta coklat/pasta black forest (atau bisa gunakan 1 sendok makan coklat bubuk)

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban diameter 20cm atau 22cm, olesi dengan margarin/butter, taburi tepung tipis, sisihkan
  2. Panaskan oven, set di suhu 175 derajat celcius
  3. Ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan
  4. Kocok margarin dan gula pasir sampai lembut, berwarna pucat dan mengembang dengan mixer kecepatan tinggi kurang lebih selama 5-10 menit tergantung mixer masing-masing
  5. Masukkan telur satu persatu, sambil terus dikocok, setelah semua telur masuk, teruskan mengocok hingga berwarna pucat kurang lebih selama 5 menit
  6. Kurangi kecepatan mixer, masukkan campuran tepung, kocok sebentar hingga rata
  7. Ambil sekitar 2-3 sendok sayur adonan, campurkan dengan pasta coklat, aduk rata
  8. Tuangkan adonan putih ke loyang, ratakan, masukkan adonan ke sekeliling adonan, tekan-tekan dengan sendok
  9. Hentakkan perlahan loyang, panggang selama kurang lebih 30-35 menit sampai matang
  10. Test tusuk adonan, jika sudah matang keluarkan dari oven untuk menghindari overbaked
  11. Dinginkan, keluarkan dari loyang, potong-potong, hidangkan

bolu jadul marmer butter cake
butter cake marmer
Nah semoga resep marmer butter cake (bolu jadul) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.