Nasi Goreng Kencur

nasi goreng kencur pedas
Sudah lama tidak masak nasi goreng, jadilah hari ini masak nasi goreng kencur saja. Tadinya sih rencana mau buat sambal cibiuk saja, kemarin sudah belanja bahan-bahan sambal cibiuk. Eh tetapi lupa beli kemangi. Sambal cibiuk sendiri sih asalnya dari Garut, hmmm khas hidangan Jawa Barat, pakai kencur, sebut saja karedok, seblak.. kencur yang berasa segar.

Hari ini ke pasar lagi cari kemangi, tetapi sudah kariling ke penjual sayur di pasar kok tidak ketemu dengan kemangi. Mungkin kemarin memang tidak ada kemangi makanya tidak lihat jadi saya lupa deh beli. Biasanya kalau lihat bendanya, suka reflek beli.

Nah dari beberapa sambal, sambal cibiuk adalah salah satu sambal favorit saya juga, jadi beberapa kali dan cukup sering malah buat sambal cibiuk ini. Duh apalagi kalau dibuat pedas, perbanyak cabai rawit merahnya, makin mantap rasanya. Hanya saja kalau terlalu pedas, bapaknya Sophie suka protes, dia bilang perutnya sudah mulai susah diajak kompromi kalau makan sambal yang terlalu pedas. 

Kalau menurut saya, sambal yang tidak pedas itu kurang gigit, jadi ya mulai sekarang agak dikurangi pedas deh kalau masak-masak. Nah kadang juga solusinya adalah kalau masak suka cemplung cabai rawit utuh atau juga tambahkan irisan cabai rawit sendiri.

Begitu juga dengan nasi goreng kencur ini, tadinya saya sudah mau buat pedas nih, sudah petik tangkai cabe sebanyak 10 butir. Hmm tetapi daripada diprotes, akhirnya saya kurangi saja jadi 3 butir, duh kebayang deh kurang gigitnya nasi goreng kencur ini nantinya.

Hmmm benar deh, begitu nasi goreng sudah matang, bapaknya Sophie langsung bertanya, pedas tidak nih nasi gorengnya? Wah untung tadi sudah saya kurangi cabai rawitnya. Tetapi menurut saya pedasnya sedang, ada rasa pedas di akhir. Tetapi buat saya kurang donk, akhirnya saya tambahkan lagi cabai rawit iris di piring saya.

Untuk bumbunya sendiri sih pada dasarnya sama dengan sambal cibiuk, hanya tanpa kemangi tentu saja. Beri tambahan teri goreng, tahu goreng dan kacang goreng. Jadi menurut saya cukup sederhana ya nasi goreng kencur ini, tetapi tetap maknyuss.

Okey deh yang mau lihat resepnya, ini dia ya, silakan

Nasi Goreng Kencur

Bahan :
  • 2 porsi nasi dingin
  • 100 gr teri goreng garing, sisakan sedikit untuk taburan
  • 3 buah tahu putih, potong kecil, goreng garing
  • 50 gr kacang tanah, goreng
  • 2 buah tomat hijau, potong dadu kecil
  • 1 batang daun bawang, iris, sisakan sedikit untuk taburan
  • 1/2 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok makan saus tiram (optional)
  • garam (sesuaikan dengan pemakaian kecap asin, tadi saya tidak pakai lagi) 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 3 butir cabai rawit merah (tambahkan jika suka pedas)
  • 3 sachet terasi
  • 6 cm kencur 

Cara membuat :
  1. Dengan api besar, tumis bumbu halus hingga harum dan kering, masukkan tomat hijau dan daun bawang, aduk rata, masukkan nasi, aduk rata
  2. Tambahkan kecap asin, saus tiram, aduk rata dan masak hingga nasi benar-benar panas
  3. Sesaat sebelum diangkat, masukkan teri dan tahu goreng, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan garam jika dirasa perlu
  4. Angkat dan siap dihidangkan
  5. Taburi nasi dengan kacang tanah goreng dan irisan daun bawang serta teri goreng
nasi goreng kencur dengan teri
nasi goreng kencur

Nah semoga resep nasi goreng kencur ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Waaah penasaran rasanya nih, besok buat aah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Lys, maaf ya baru sempat dipublish komennya....baru bisa buka laptop skrg..
      jadi coba nasgornya mba?
      he he baru perhatikan kalau mangkok soto banyumas mba Lys n piring nasgor ini sama motif ya..he eh mba, piring ini jadul deh...dulu saya dapet dari teman kos yang mau pulang kampung jadi beberapa barangnya dijual ke saya...termasuk piring ini. (dengan sedikit maksa dianya ha ha ha)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.