Bakpao Green Tea Isi Keju

resep bakpao green tea mudah

Kalau bicara tentang makanan olahan green tea yang saya buat, warnanya tidaklah hijau cantik, hijau butek keabu-abuan, karena memang green tea yang saya gunakan tidak hijau sekali. Tetapi tidak masalah, rasa dan aroma sudah ada walaupun samar juga, ha ha ha... seperti kali ini membuat bakpao green tea isi keju dan selai coklat kacang.

Resep bakpao ini sama saja dengan resep bakpao andalan, jadi sekarang setiap buat bakpao pakai resep itu, secara mudah dan rotinya enak, tinggal modifikasi di bahan dan rotinya tentu saja seperti halnya green tea bakpao ini.

Hasil rotinya empuk, apalagi kalau baru keluar dari kukusan, dan memang begitu ya karakter bakpao, empuk lembut ketika keluar kukusan dan masih akan empuk lembut menul-menul ketika masih hangat, tetapi agak padat ketika sudah mulai dingin, walaupun tidak keras sih.

Oh iya melenceng sedikit nih, di Palembang, Jambi dan Sumatera umumnya, termasuk Batam nih sedang heboh kabut asap kan. Duh rasanya kok parah kali ini, di Batam sendiri sampai bau asap terasa sekali, pernapasan mulai terganggu. Nah sudah lama sekali penyakit bengek saya tidak kambuh, kali ini kambuh, jadi tiap malam mulai deh ngik-ngik, harus pakai obat semprot.

Kejadian kabut asap ini kok tidak pernah berakhir ya, dulu ingat parah sekali tahun 1997, jadi sekolah harus pakai masker (waktu itu masih di Palembang), jarak pandang hanya beberapa meter saja. Nah kali ini berulang deh. Kenapa orang-orang pada tidak sadar ya..duh kalau begini menyengsarakan orang lain kan. Berapa banyak orang terkena ISPA, duh sudah terbayang yang tinggal di daerah Sumatera Selatan dan Jambi, betapa parahnya kan.

Saya tanya adik saya dan ibu saya serta big bro saya yang kebetulan datang ke Palembang, parah sekali keadaan di sana. Adik saya sampai kambuh juga asmanya. Big bro saya bilang kalau penerbangan juga banyak yang cancel di sana, nah untung penerbangannya ke Palembang tidak ada kendala, hanya sedikit masalah di proses landing karena terbatasnya jarak pandang.

Teman saya yang berada di Singapura bilang kalau di sana juga parah, semua orang pakai masker, mata terasa perih karena asap. Dan tayangan televisi sana membahas tentang kabut asap dan pengaruhnya buat mereka. Coba, malu tidak sih...duh... Apalagi dulu tahun 1997 itu, parah sekali akibatnya, sampai mereka ada liputan khusus tentang musibah kabut asap ini.

Kita yang berada di Indonesia dan sebagai orang Indonesia saja merasa kesal dan marah kan terhadap oknum yang membakar hutan ini. Bukannya hutan dipelihara, malah dibakar hanya untuk mempermudah membuka lahan baru. 

Nah big bro saya cerita kalau di Palembang itu ada keluarga temannya yang anggota TNI yang ditugaskan untuk memadamkan sumber api di sana, sampai-sampai semua yang bertugas memadamkan api keracunan asap. Duh kan..bagaimana tindakan para oknum ini menyengsarakan semua orang. 

Hujan tentu sangat diharapkan sekali nih sekarang, selain mata perih, pernapasan tergangu, panas sekali rasanya, gerah-gerah lengket, jadi benar-benar tidak nyaman. Hmmm semoga cepat hujan deh sehingga bisa mematikan sumber api.

Okey deh kembali ke resep bakpao green tea ini, ada sedikit kesalahan, biasa deh kadang karena sudah merasa hafal dengan resep ini, maka saya mengandalkan ingatan saja. Nah saya kan pakai resep bakpao ayam pedas, kali ini saya mau buat 1/2 resep saja, otomatis resep tersebut dibagi dua kan. Nah ketika bagian takaran tepung terigu protein sedang, harusnya kan 1/2 resep dari 2 1/2 cup adalah 1 1/4 cup, kenapa saya buat jadi 1 1/2 cup ya, error, baru sadar sudah di proofing adonannya.

Pantas waktu menguleni kok berasa keras tidak seperti biasanya, lebih ringan, waduh....tinggal H2C saja bakpaonya tidak bantat. Ternyata tidak bantat hanya ketika matang memang tidak selembut bakpao ayam, walaupun kategori bakpao masih termasuk bakpao lembut.

Yang mau mencoba resep ini saya tuliskan resep yang benar, bukan resep kesalahan takaran tepung yang saya gunakan, he he he...siapa tahu mau mencoba, dan kalau ketemu dengan bubuk green tea yang bagus yang berwarna hijau bagus tidak hijau butek seperti yang saya punya, tentu lebih cantik bakpaonya.

Berikut resepnya ya, silakan...

Bakpao Green Tea

Bahan roti :
  • 100 ml susu cair hangat (pastikan tidak panas kalau panas ragi akan mati)
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir butiran halus
  • 1 sendok teh ragi instan (saya pakai saf instan)
  • 50 ml air hangat
  • 2 sendok teh bubuk green tea
  • 2 1/4 cup tepung terigu (terdiri dari 1 1/4 tepung terigu protein sedang dan 1 cup tepung terigu protein rendah)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir butiran halus
  • 1 1/2 sendok makan minyak goreng

Bahan isi :
  • keju parut dan keju potongan
  • selai coklat kacang

Cara membuat :
  1. Buat adonan roti terlebih dahulu : di mangkuk ukuran sedang, larutkan gula dengan susu hangat, tambahkan ragi, aduk rata, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit sampai berbuih
  2. Di mangkuk yang lain, larutkan bubuk green tea dengan air hangat
  3. Di mangkuk ukuran sedang lainnya, campur tepung, garam dan gula, aduk rata dengan sendok atau balloon whisk
  4. Tuangkan campuran ragi, susu dan gula, serta larutan green tea, aduk asal rata, beri minyak, aduk lagi dengan sendok, kemudian uleni dengan tangan hingga kalis dan adonan menyatu dengan baik, uleni selama kurang lebih 5 menit
  5. Bentuk bulat adonan tutup dengan plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih satu jam sampai adonan mengembang kurang lebih 2x
  6. Penyelesaian : setelah 1 jam, kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian, bulatkan masing-masing adonan, letakkan di tempat beralas tepung tipis, tutup kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit lagi
  7. Siapkan paper cup
  8. Ambil satu adonan, gilas hingga diameter kurang lebih 12-14cm, beri isian secukupnya, tutup lalu bulatkan, atau kalau mau tutup adonan kemudian lipat atasnya atau cubit-cubit saja bagian atasnya seperti halnya membuat bakpao ayam
  9. Letakkan di atas paper cup, lakukan hingga semua selesai
  10. Diamkan kembali sebentar kurang lebih 5-10 menit, sementara itu panaskan kukusan, alasi tutup dengan serbet bersih
  11. Masukkan bakpao secukupnya ke dalam kukusan, jangan sampai bersentuhan dan beri jarak karena bakpao akan mengembang
  12. Kukus dengan api besar selama kurang lebih 5-8 menit
  13. Angkat dan siap dihidangkan

resep bakpao green tea isi keju
bakpao green tea isi keju dan selai kacang coklat

Nah semoga resep bakpao green tea isi keju dan selai coklat kacang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.