Tahu Isi Sayuran

resep tahu isi sayuran

Tahu isi namanya secara umum, tahu berontak, tahu bunting, gehu, tahu susur, hmmm apalagi ya nama lainnya? Sama namun istilah berbeda. Tahu yang menjadi favorit banyak orang kan ya, menjadi salah satu gorengan best seller, he he he...

Kalau di Palembang, orang kenalnya tahu ini dengan nama tahu bunting, agak saru memang ya, he he he, tapi begitulah namanya. 

Di penjual gorengan, apa ada yang tidak menjual tahu isi ini. Tahu isi bisa bermacam-macam isinya, mulai isi sayuran yang macam-macam juga isinya, ada kol, wortel, tauge, buncis. Kemudian paduan ayam dan sayuran, paduan daging dan sayuran, isi bihun, isi bihun sayuran, isi sayuran dengan ebi, duh banyak ya isinya. 

Nih di penjual kue pagi hari, tahu isi ini banyak dijual, bentuknya ya sama, hanya isinya beda-beda. Tetapi dari dulu saya kurang suka dengan tahu isi bihun, paling suka isi paduan daging atau ayam dengan sayuran atau hanya sayuran saja.

Di Batam sudah sejak lama booming tahu pedas atau kadang malah kalau penjualnya orang Sunda nih biasa di etalasenya langsung saja ditulis gehu pedas. Dan rasanya memang nampol pedasnya, jadi kalau makan gehu pedas, suerr tidak butuh saos ataupun cabai rawit lagi. Kalau mau membuat gehu pedas ya tinggal haluskan saja cabai rawit dan campur dengan bahan isi.

Sebenarnya mudah sekali membuat tahu isi ini, apalagi kalau menggunakan tahunya tahu pong atau tahu yang sudah digoreng siap pakai dan cenderung kopong tahunya. Tinggal buat isinya saja, adonan pencelup dan jadi deh tinggal goreng. Paling praktis lagi kalau pakai tepung bumbu instan, tinggal campur tepung bumbu dengan air, jadi deh adonan pencelup. 

Nah biasanya saya membuat tahu isi dengan adonan pencelup dari tepung instan yang dicampur dengan tepung terigu dan tepung beras lagi, untuk mengurangi rasa asin tepung. Yang mau melihat resepnya ini dia ya... tahu isi sayuran praktis

Kali ini berhubung sudah lama tidak pernah menggunakan tepung bumbu instan, jadinya pakai adonan pencelup racik sendiri, hanya tepung terigu, tepung beras, garam dan merica bubuk serta air, dan rasanya tidak kalah enak dengan memakai tepung instan.

Okeh..okeh..lanjut ke resep saja ya sekarang, ini dia...silakan...

resep gehu sayuran

Tahu Isi Sayuran

Bahan :
  • 20 buah tahu pong atau tahu goreng ( belah 2 tidak putus, keluarkan bagian tengahnya dengan tangan, sisihkan untuk bahan isi )
  • minyak untuk menggoreng

Bahan isi :
  • 200 gr tauge
  • 1 buah wortel ukuran sedang, parut kasar
  • 100 gr dada ayam cincang 
  • bagian isi tahu pong
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong dadu kecil
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan pencelup : campur jadi satu dan aduk hingga menjadi adonan mulus
  • 1/2 cup tepung terigu serbaguna
  • 1/2 cup tepung beras
  • 1 1/2 cup air
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Untuk isi : Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, tumis hingga transparan
  2. Tambahkan ayam cincang, aduk rata dan masak hingga berubah warna
  3. Masukkan wortel serut, isian tahu pong dan tauge, aduk rata, masak hingga layu, tambahkan garam, merica bubuk, saus tiram, aduk rata, cicipi rasanya, angkat, sisihkan dan dinginkan sejenak
  4. Ambil tahu, isi dengan bahan isian secukupnya sambil sedikit ditekan hingga adonan terkumpul di dalam tahu, lakukan hingga selesai
  5. Panaskan minyak cukup banyak dengan api sedang, ambil satu buah tahu, celupkan ke adonan pencelup secara merata, goreng, lakukan untuk beberapa tahu sesuai dengan kapasitas penggorengan
  6. Goreng hingga kuning kecoklatan, balik dan goreng hingga matang, angkat dan tiriskan
resep tahu bunting

Nah walaupun mudah dan praktis ya membuat tahu isi sayuran ini, semoga resep ini tetap bermanfaat ya, semoga bisa membuat tahu berontak / gehu / tahu bunting / tahu susur ini sendiri di rumah ya, silakan mencoba semoga sesuai dengan selera ya...

Selamat memasak....


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. hahahaaa...tahu bunting. Iya sih, kalo buat orang jawa denger gitu emang rada saru hihi....tapi si bunting ini tetep enak dinikmati yah, hihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...kok bisa gitu ya memilihkan nama buat tahu ini tahu bunting ya, he he he...
      agak saru tapi tetap aja enak ya...
      dulu mah biasa aja dengan istilah tahu bunting, setelah tidak tinggal di palembang kok mikir ulang..rada saru, ha ha ha...

      Delete
  2. Ooo ada yang kasih nama tahu bunting juga ya ? di tempatku cuma tahu berontak aja hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he, iya mba..ternyata sangar juga ya namanya...
      kayaknya ada lagi deh nama tahu ini di tempat lain, hanya saya tidak tahu...he he he banyak namanya ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.