Resep Es Krim Mangga Homemade



es krim mangga homemade

Musim hujan begini bukan berarti tidak sama sekali menikmati es krim, walaupun musim hujan lanjut deh buat es krim mangga homemade ini. Secara harga mangga cukup murah, ada yang jual sampai harganya 15 ribu rupiah. Jarang-jarang sekali mangga murah, walaupun musim mangga, mangga banyak di pasaran, tetap harganya tidak murah. Mangga di pasar saja masih berkisar harga 20 ribu-an, yang harga 15 ribu belinya di swalayan, lagi diskon.

Sudah beberapa hari yang lalu lihat postingan es krim mangga di blognya mba Sashy - Sashy Little Kitchen. Jadi berhubung ada sisa whipped cream waktu membuat black forest cake, ada mangga, dan masih ada susu kental manis, lanjut deh, akhirnya bisa buat es krim sendiri. Terima kasih resepnya mba Sashy, enak deh. Apalagi ada potongan mangganya di es krim, wah makin maknyuss deh...

Nah walaupun musim hujan juga di Batam, tetap ya kalau panas ya panas saja, jadi ketika saya ambil foto es krim ini berpacu dengan waktu juga, supaya es krim tidak keburu meleleh, dan benar deh setelah beberapa kali jepret, meleleh deh es krimnya. Tapi tidak masalah, malah kelihatan menggiurkan lelehannya, ha ha ha....

Kenapa juga ya saya menunda-nunda membuat es krim sendiri, padahal bahannya mudah dan cara buatnya juga mudah. Hanya memang kendalanya di si whipped cream ini, saya malas sekali kalau beli-beli yang namanya cream-cream-an, padahal sih, whipped cream ini harganya tidak terlalu mahal juga, di TBK saya beli harga whipped cream ini 26 ribu rupiah yang kemasan 200gr. Dan jadinya banyak.

Apalagi kalau dibuat es krim, saya pakai setengah resep saja jadinya banyak, wah-wah...enak kan...tinggal variasikan saja jus buahnya...lain kali saya akan buat lagi tetapi dengan buah yang berbeda, sudah tidak sabar lagi, he he he...

Untuk mendapatkan tekstur es krim yang lembut, sebaiknya lakukan pengocokan-pembekuan 3 kali, tapi berhubung saya malas, jadinya hanya 2 kali saja, tetapi menurut saya sudah cukup lembut. Nah mangganya sendiri saya gunakan mangga harum manis. Kalau mangga harum manis ini memang harus gunakan yang benar-benar matang, kalau masih yang mengkal suka berasa sedikit asam.

Tapi memang untuk mendapatkan mangga yang manis matang di Batam agak susah, jadi percuma deh cium-cium si mangga buat mendapatkan keharumannya, tidak akan berasa baunya, he he he... kalau bapaknya Sophie bilang mangga-mangga di Batam karbitan semua.

Lha kalau tidak karbitan, busuk duluan donk ya sampai Batam, busuk di kapal penyeberangan, he he he, jadi salah satu caranya memang mangga karbitan. Tetapi kalau beruntung ada juga kok mangga karbitan yang manis, teliti saja membeli. Kalau saya sih memilih mangga bukan dari baunya lagi, tentu saja, tetapi dari warnanya saja dan kondisi mangganya itu sendiri donk. Jadi biasanya butuh waktu yang cukup lama kalau memilih mangga.

Beruntung penjual-penjual mangga ya sabar menunggu pembeli memilih buah-buahnya. Itulah enaknya di Batam, he he he, buah dan sayur ataupun telur boleh milih lama-lama. Penjual tidak akan protes, dengan sabar penjual menunggu. Memang sih sambil mengerjakan yang lain, tidak hanya menunggu pembeli memilih. 

Jiahhhh kepanjangan lagi deh curcolnya, berikut resep es krim mangga yang saya buat ya.....

Es Krim Mangga

Bahan :
  • 2 buah mangga harum manis yang matang sekali, ukuran sedang, blender tanpa air
  • 100 gr whipped bubuk + 200 ml air es
  • 1/4 cup (60ml) susu kental manis
  • 1 buah mangga matang sedang, potong kotak sesuai selera

Cara membuat :
  1. Siapkan whipped cream, tuangkan whipped bubuk ke dalam mangkuk, tuangkan air es lalu aduk asal rata dengan sendok
  2. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 3-4 menit sampai kaku dan terasa berat, matikan mixer
  3. Di mangkuk yang lain campur susu kental manis dan puree mangga, aduk rata 
  4. Lalu campur whipped cream dengan campuran mangga dan susu kental manis, aduk rata dengan sendok atau spatula saja
  5. Letakkan campuran tadi ke dalam wadah yang diinginkan, atau gunakan saja mangkuk yang tadi digunakan untuk mencampur semua bahan, tutup dengan plastik wrap, bekukan sampai setengah beku
  6. Keluarkan dari freezer, kocok dengan mixer hingga kembali lembut, lalu bekukan kembali selama kurang lebih 2-3 jam
  7. Keluarkan lagai dari freezer, kocok kembali dengan mixer, bekukan kembali, ulangi sekali lagi proses ini
  8. Pada pengocokan ketiga kali, setelah selesai dikocok masukkan potongan mangga, aduk rata dan bekukan kembali sampai akan disantap

resep es krim homemade


Nah semoga resep es krim mangga homemade ini bisa bermanfaat, silakan mencoba, selagi musim mangga nih....semoga suka....

Selamat mencoba......


NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. duh mba Foto es krimnya bikin saya ngiler, disini masih musim panas loh mba belum ujan-ujan. Sampe heran temen-temen pada bilang ujan deres tapi dirumah masih kering kerontang. Oh ya bener juga ya mba nyari mangga itu susah2 gampang meski murah kadang dapetnya masak karena layu jadi asem ngk manis kayak masak di pohon. Btw terimakasih banyak sudah mention ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sashy,
      Wah di sana belum hujan juga ya mba, kalau di sini sudah hujan dan kalau hujan ya deras dan biasanya lama mba....
      Terima kasih juga sudah share resep es krim mangga ini ya mba, duh senangnya sudah nyobain hasil nyontek dari mba Sashy, he he he...
      Terima kasih juga sudah mampir ke sini ya mba....

      Delete
  2. Sama...di Dumai mangga juga 15 rb/kg.
    Fotonya keren mbak. Saya kalo moto es krim suka galau. Secara di Dumai puanas banget. Blom apa2 sudah meleleh esnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalau moto es krim mesti cepat-cepat, duh panasnya ya jadinya suka meleleh kalau ga cepat...
      toss ah yang sama-sama tinggal di daerah panas..

      Delete
  3. Gampang banget bikin nya, mau nyobain ah buat siang2 enak seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Cumi, gampang banget buatnya, monggo mas Cumi, dibuat...

      Delete
  4. Bubuk whipped Beli dimano sis, bs diganti maizena dak,tnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bubuk whipped bs dibeli di swalayan besar seperti hypermart, carrefour, diamond, giant atau di toko bahan kue mas Dodon..
      kalau ganti maizena dak bs..

      Delete
  5. Hai mba' Monic😊...
    Mau curcol2 juga nih😅 kebetulan sy sering bikin ice cream nih untk ponakan2. Tapi untk yg rasa buah biasanya sy pake bubuk minuman yg aneka rasa itu😂. Belum pernah coba pake buah asli, soalny di Merauke buah2an mahal😂 kalo Mangga alhamdulillah murah kalo lagi musim😂. Kira2,selain mangga buah apa lagi yah yg bisa dn pasti enak buat ice cream? Soalnya sekarang lagi ga musim mangga di tempat sy😭. Makasih mba'🙋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Uki, wah enak kalau banyak ponakan ya.. bisa sering2 buat makanan n minuman trus ada yang bantuin ngabisin he he he..
      yang enak buat es krim biasanya selain mangga, strawberry, buah naga, jeruk trus kiwi kali ya mba he he he...
      kalau buah naga sih saya pernah coba juga mba, enak juga...

      Delete
  6. Makasih mba monic udah dijwab.. Hehehe
    Yah strawberry dan kiwi di sini ga ada mba'😩. Disini yg banyak pisang sama kelapa😂. Buah naga boleh deh kapan2 di coba😊.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he...ga ada ya kiwi sama strawberry di sana, kalau es krim pisang belum pernah coba, kayaknya es krim kelapa muda enak mba Uki.. sippp kapan2 boleh coba yang buah naga..
      (maaf loh ya kelamaan jawab..baru bisa online neh mba...)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.