Resep Mie Tom Yam Seafood



resep mie tom yam seafood

Sudah beberapa hari yang lalu ingin makan mie tom yam seafood ini, nah pas juga waktu ke pasar beli daun ketumbar, hmmmm pas deh jadinya kalau masak tom yam lagi. Jadi ketika ke swalayan, ingat beli bumbu tom yam atau pasta tom yam atau perencah tom yam.

Tom yam ini memang rasanya menyegarkan, asam pedas dan gurih dari seafood, walaupun tanpa seafood juga enak sih. Seringnya sih saya buat tom yam isian ayam, seperti pernah saya posting sup tom yam non seafood. Yang versi ayam juga enak, nah malah saya pernah buat yang versi jamur, eh enak juga lho. Jadi semua enak menurut saya.

Kalau sup tom yam seafood, standar ya seafoodnya, ada udang, ikan daging putih dan pastinya cumi-cumi. Nah kalau bakso ikan sepertinya pelengkap saja. Oh iya untuk sayurannya bisa gunakan wortel, kembang kol dan juga jagung muda/putren. Tadinya mau pakai putren juga, tetapi lihat di penjual langganan di pasar tidak jual, jadi kali ini tanpa jagung muda.

Untuk membuat mie tom yam mudah saja, kalau mau buat banyak sekalian, ketika sup tom yam sudah matang, silakan masukkan mienya, rebus sejenak sampai empuk sesuai selera. Angkat dan siap dihidangkan, 

Kalau saya sih, buatnya tidak begitu, karena saya juga mau nantinya sup ini dimakan dengan nasi juga, jadi tidak mau semua dibuat mie tom yam. Nah yang saya lakukan, ambil secukupnya kuah tom yam yang sudah matang, rebus mie telur kering dengan kuah tom yam sampai empuk, lalu tuangkan ke dalam mangkuk saji, baru deh isian sup dicampur di mangkuk. Jadi buatnya sesuai kebutuhan saja, sisa sup bisa dimakan dengan nasi kemudian.

Okey deh tanpa lama-lama lagi, berikut resepnya ya, sudah bingung tidak ada ide mau menulis apalagi, sedang pecah konsentrasi lihat aksi Serena Williams di final Australia Open. He he he ceritanya sedang suka-sukanya lihat kehebatan wanita satu ini, belum pernah lihat dia bertanding sebelumnya dengan detail sih. Tahunya Serena ini pemain tenis jawara, dan ternyata doi memang jagoan...sampai-sampai Sophie bilang nanti dia mau main tenis kalau sudah besar, ha ha ha...bisa saja nih anak kecil.

Ahai tapi sayang, ternyata kalah deh oleh lawannya dari Jerman, Angelique Kerber. Wah keren juga nih doi, katanya umurnya yang sudah 28 tahun, baru sekali ini masuk final dan ternyata doi menang tanding Serena Williams, selamat kakak.....

Uppsss balik ke resep ya....silakan.... oh iya untuk pasta tom yam saya gunakan merk mak nyonya, silakan klik link di atas, sup tom yam non seafood untuk melihat kemasannya... atau bisa gunakan merk lain yang bisa ditemui di swalayan terdekat, misalnya merk bamboe, merk fina, dll...

mie tom yum seafood

Mie Tom Yam Seafood

Bahan :
  • 200 gr mie telur kering
  • 150 gr udang, buang kulit dan kepala, sisakan bagian ekor dan buang kotoran di punggung
  • 100 gr cumi-cumi, buang kepala, buang bagian dalam dan tulang beningnya, potong-potong ukuran kurang lebih 1.5cm
  • 15 butir bakso ikan, potong 2 bagian
  • 200 gr ikan kakap, ambil dagingnya saja, potong-potong sesuai selera
  • 3 buah jeruk limau ukuran sedang atau 2 buah jeruk nipis (untuk menghilangkan amis seafood)
  • 2 buah wortel ukuran sedang, potong melintang kurang lebih 0.5cm
  • 100 gr kembang kol, potong-potong
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, iris serong tipis
  • 5 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 2 buah tomat ukuran besar, masing-masing potong 8 bagian memanjang
  • 20 butir cabai rawit hijau
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 3 batang daun ketumbar, potong-potong
  • 4 sendok makan kecap ikan
  • 2 buah jeruk nipis, potong-potong, untuk dikucuri ke mangkuk saji jika suka
  • 1500 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 bungkus pasta tomyam, kemasan 100 gr 
Uppsss bahannya kok kelihatan banyak ya, tenang saja, walaupun banyak mudah kok membuatnya...

Cara membuat :
  1. Lumuri seafood dengan air jeruk limau atau jeruk calamansi, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, bilas, sisihkan
  2. Tumis pasta tom yam sampai harum, masukkan daun jeruk, dan serai, aduk rata dan masak hingga daun jeruk berubah warna, lalu tambahkan air
  3. Masukkan wortel, cabai rawit, masak hingga wortel mulai empuk, tambahkan ikan, masukkan kembang kol dan tomat, masak hingga kuah mendidih, kembang kol matang tetapi tidak terlalu empuk
  4. Tambahkan kecap ikan, aduk rata, cicipi rasanya
  5. Masukkan udang dan cumi-cumi, masak hingga matang sebentar saja, sesaat sebelum diangkat masukkan daun ketumbar
  6. Angkat dan siap dihidangkan jika akan menyantapnya dengan nasi

Untuk membuat mie tom yam :
Ambil secukupnya kuah tom yam, didihkan dan masukkan mie telur kering, masak hingga empuk, hidangkan di mangkuk saji, tambahkan bahan-bahan sup tom yam yang sudah matang tadi, siap dihidangkan, kucuri dengan air jeruk nipis jika suka.

resep membuat mie tomyam

Nah semoga resep mie tom yam seafood ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera.....

Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Aku belum pernah lho mbak makan kayak beginian,,, Sini minta mbak, di kirim ke Kota Gudeg, hehehe. Eh ternyata Serena Williams juga bisa kalah ya? hehehe. Pizzzz,,, ini bahas tenis apa masakan sieh? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantep ini mas rasanya, pedes asem dan gurih, pas banget buat yang suka pedes, okeh kirim gambarnya saja ya, he he he....
      he eh mas, kalah euy ternyata Serena Williams....

      Delete
  2. Gigit selimut pagi-pagi liat menu mbak Monic yang ini hehehe.mau atuh,mbak.nyodorin mangkuk;-))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha....mba Yuyu bisa aja....ini mba gambarnya saja...
      silakan coba mba buat, enak euy...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.