Sambal Hijau Teri Leunca



resep sambal hijau teri leunca

Beberapa hari yang lalu buat sambal hijau teri leunca ini. Secara sejak makan ulukutek leunca di salah satu resto sunda, wah jadi ingin lagi merasakan sensasi menggigit leunca yang kletus-kletus di mulut, haiyaaa...

Jadi dulu itu pernah lihat kalau di pasar yang agak jauh dari rumah ada jual leunca selain rimbang tentunya. Ealah ternyata sedang tidak beruntung, habis leuncanya. Hmmm sedikit kecewa, padahal sedang ingin makan leunca dan memang berniat juga membuat ulukutek leunca sendiri. Ya sudah deh penonton kecewa...

Bedanya apa leunca dan rimbang, yang mau tahu bisa lihat yang saya tulis di gulai ikan tauco ya, di resep ini saya gunakan rimbang juga di dalam gulainya. Dan rasanya kalau gulai pakai rimbang atau tekokak itu enak juga lho.

Ealah senangnya ketika malamnya ke hypermart, ternyata ada leunca di sana, duh jadi kalap deh, langsung beli 2 kemasan, dimana satu kemasan beratnya 250gr. Wuih sudah terbayang membuat ulukutek leunca. Harganya per kemasan 8 ribu rupiah, hmmm menurut saya cukup murah, entahlah ya kalau di tempat lain.

Nah untuk membuat ulukutek leunca butuh oncom, jadi keesokan harinya berburu dulu oncom ke pasar, untung ada deh oncomnya, jadi langsung beli 2 papan, dan harganya cukup murah, 1 kotak 5.000 rupiah saja. Hmmm jadi deh bisa mengeksekusi ulukutek leunca. Tapi mau buat nasi tutug oncom juga, wah jadi semangat neh makan oncom-oncoman.

Oh iya, oncom yang ada di pasar di Batam ini adalah oncom dari ampas tahu deh sepertinya, jadi teksturnya mirip tempe gembus teksturnya. Jadi bukan seperti oncom Bandung yang terbuat dari kacang tanah. 

Okey deh lanjut ke resep sambal hijau teri leunca ini ya, di resep ini saya tambahkan juga kencur karena menurut saya leunca itu pas disandingkan dengan kencur. Yang tidak suka kencur, silakan tidak pakai, bebas-bebas saja.

Berikut resepnya, silakan...

Sambal Hijau Teri Leunca

Bahan :
  • 250 gr leunca, petiki dari tangkainya, cuci bersih, tiriskan
  • 100 gr teri, goreng garing
  • 3 buah tomat hijau, iris tipis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis, gunakan minyak bekas menggoreng teri jika suka

Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 15 buah cabai hijau keriting
  • 10 butir cabai rawit
  • 4 ruas kencur
  • 2 sachet terasi 

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum dan mulai mengering, masukkan irisan tomat, masak kembali sampai benar-benar matang dan tidak langu
  2. Masukkan leunca, masak hingga leunca mulai berubah warna, masukkan teri, aduk rata, kemudian tambahkan garam jika dirasa perlu, cicipi rasanya lagi (catatan : jangan memasak leunca terlalu matang, nanti sensasi kletus-kletusnya tidak begitu berasa lagi)
  3. Angkat dan siap dihidangkan

resep sambal terasi leunca teri


Nah semoga resep sambal hijau teri leunca yang saya buat ini bisa memberikan inspirasi salah satu olahan leunca ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. wah enak nih kayaknya, izin pinjem resepnya untuk menu makan siang ini mbak. salam kenal ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga...
      Silakan dipakai resepnya, semoga cocok dengan selera ya...terima kasih sudah berkunjung...

      Delete
  2. Wah, tahu nggak mbak Monica kalau sayur seperti inilah favorit saya lo mbak,,, misal aku pulang ke kampung halaman pasti ibu saya tak mintakan untuk menyayur ini loh mbak. Wuenak banget soale. Duh lihat postingan ini jadi ngeces. eh Leunca ini kalau di daerah saya namanya cempokak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah doyan juga ya yang beginian...he he he..
      eh tapi cempokak itu sama dengan takokak atau rimbang ya mas...kalau itu beda tipis sama leunca mas, serupa tapi tak sama...dulu juga tak kira sama, ealah beda ternyata... tapi memang takokak dan leunca itu enak...

      Delete
  3. makasih resepnya mba, coba ah kapan 2 biasanya leunca saya masak sama oncom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Kania, sama-sama..
      leunca memang enak dimasak pakai oncom mba, duh itu yang namanya ulukutek leunca itu kok enak ya menurut saya...paduan oncom dan leunca yang pas di lidah saya, he he he..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.