Gulai Tauco Ikan Khas Minang

resep gulai tauco ikan khas minang
Gulai ikan tauco dengan tahu dan pelengkap lainnya khas Minang/Padang ini kalau boleh saya bilang memang rasanya khas. Dan gulai begini tidak semua rumah makan padang yang jual, hmmm sudah pernah buat gulai buncis tempe tauco yang pada dasarnya sama bumbunya, jadi tinggal gunakan resep yang sama saja.

Ketika ke pasar tadi ya kok kebetulan lihat ada rimbang atau takokak atau terong kecil bulat ini, wah kebetulan deh, pas sekali nih gulai ikan tauco yang saya buat akan cukup lengkap. Padahal tadi sudah sempat lupa beli pete, secara gulai tauco buncis sebelumnya minus pete jadi diprotes bapaknya Sophie, kurang pete deh gulainya.

Oh iya, saya sebelumnya sempat bingung deh bedanya takokak/rimbang dengan leunca. Selama ini saya pikir sama saja, he he he...Ternyata takokak dan leunca ini memang masih satu genus tetapi beda jenis. Dan ternyata, ada juga bedanya di kulitnya, kalau leunca kulitnya agak lebih tipis daripada takokak/rimbang ini. Hmmm daunnya juga berbeda, kalau daun rimbang, lebih besar daripada daun leunca. Nah ternyata saya baru menyadari kalau tanaman terong bulat kecil di rumah di Palembang adalah tekokak bukan leunca, he he he.

Oh iya perbedaan yang cukup jelas bisa dilihat di batangnya, kalau batang leunca tidak berduri, batang rimbang berduri, lumayan juga kalau memanen rimbang. Dulu pernah pulang ke Palembang, lihat banyak sekali buahnya, duh ingat teman orang Padang yang suka sekali masak gulai tauco dengan rimbang ini. Jadi dengan semangat saya panen itu rimbang, bawa ke Batam. Lumayan juga deh tangan terkena duri halusnya.

Gulai tauco khasnya masakan padang ini, memang pada dasarnya cukup mudah untuk dibuat, jadi daripada beli lebih baik buat kan. Nah karena masih ada stok tauco, yang sebelumnya saya buat sambal tahu tauco khas Medan yang rasanya mantap kali pun. Maka beralih ke masakan padang yang rasanya mantap bana iko. 

Untuk ikannya sendiri ya bebas-bebas saja ya, kalau di rumah makan padang di sini, biasanya pakai ikan benggol atau bisa juga ikan kembung, ataupun ikan tongkol, biasanya memang jenis ikan laut ya. Belum pernah lihat gulai ikan tauco ini pakai ikan air tawar. 

Okey deh yang mau catat resepnya, ini dia ya..silakan

Gulai Tauco Ikan Khas Minang

Bahan :
  • 800 gr ikan laut (saya gunakan ikan benggol, lihat bentuk ikan benggol di pempek kulit )
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • garam secukupnya untuk membumbui ikan (saya tidak pakai)
  • 2 papan petai
  • 100 gr rimbang/tekokak
  • 200 gr buncis, iris serong
  • 6 buah tahu putih, potong kotak, goreng
  • 5 buah cabai hijau, iris serong
  • 5 buah cabai merah, iris serong
  • 10 butir cabai rawit merah, biarkan utuh
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 sendok makan tauco, haluskan dengan sedikit air menggunakan blender
  • 200 ml santan (saya gunakan santan instan 65ml+air)
  • 600 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 cm lengkuas

Cara membuat :
  1. Bersihkan ikan, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2. Goreng hingga garing, sisihkan 
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk dan serai, aduk rata, tumis hingga bumbu matang
  4. Masukkan rimbang/tekokak, aduk rata, masak hingga berubah warna, masukkan tauco halus, aduk rata lalu tambahkan air, masak hingga kuah mendidih dan rimbang matang
  5. Masukkan santan, aduk rata
  6. Tambahkan tahu, pete, cabai hijau, cabai merah, cabai rawit merah dan buncis serta ikan, masak hingga buncis matang dan kuah mendidih
  7. Cicipi rasanya, matikan api, siap disajikan

resep gulai ikan tauco padang
gulai tauco ikan

Nah semoga resep gulai tauco ikan dengan buncis, pete, tahu dan rimbang khas Minang/Padang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Aku kurang begitu suka rasa tauco, kayak nya aneh gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku suka banget mas rasa tauco...selera kita beda ya...he he he...

      Delete
  2. terimakasih share resepnya, sy brouwsing krn dulu ibu sering bikin disaat lebaran, krn kangen cari di google.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo uda (eh bener ga neh uda panggilnya..urang awak bukan neh? he he he)
      terima kasih kembali..semoga cocok dengan resep yang saya share ya..

      Delete
  3. Mba Monic salam kenal nama sy indri.. slama ini jd silent reader n udah bnyk resep yg sy coba kyk puding lumut..gulai ayam n bakarnya, piza n dll..asli enak n anak2 sukaa...n skrg blog mba jd referensi sy masak didapur.jadi pede deh..makasi ya mba smg sehat terus n bs sharing resep terus hehe..sy jg mau coba resep gulai tauconya cm dikulkas adanya stok ikan mujair..tp kok encess liat resep gulai tauconya ya hehe...

    Salam,
    Indri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Indri, salam kenal juga, aih aih saya jadi terharu neh baca komentar mba Indri, tidak menyangka.. terima kasih ya sudah mau meninggalkan komentar di sini..
      dan saya senang sekali kalau mba Indri cocok dengan resep yang saya tampilkan di dapur maya saya yang sangat sederhana ini
      terima kasih doanya mba, amin..semoga mba Indri juga sehat dan sukses selalu ya..
      hmmm belum pernah sih ketemu gulai tauco pakai ikan mujair, tapi kayaknya sih enak-enak saja mba...

      terima kasih mba Indri, semoga cocok dengan resep ini walaupun dengan ikan mujair juga

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.