Orange (Ponkam Jumbo) Squash



resep orange squash

Yang segar mau lewat dulu ya, minuman yang melegakan tenggorokan kala cuaca panas begini, orange squash menggunakan jeruk ponkam jumbo. Wuih sungguh segar, yang mau ikutan buat, bisa kok, caranya sangat mudah dan jeruk apa saja bisa, bisa jeruk nipis jadinya lime squash, lemon jadinya lemon squash bahkan pakai jeruk calamansi juga enak.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu beli jeruk ponkam jumbo ini di swalayan. Lihat jeruk besar-besar cukup membuat ngiler, nah baru lihat sih ada ponkam jumbo ini di salah satu swalayan di Batam. Mungkin karena mau mendekati Imlek juga kali ya, makanya ada jeruk ini. Nah masih dengan tangkai dan daunnya, maka bapaknya Sophie tidak tahan untuk tidak membelinya. 

Dia sendiri yang berinisiatif membeli jeruk ini, hmmm mungkin harapannya jeruk ini bakalan manis rasanya, jeruk manis ukuran jumbo, siapa sih yang tidak tergoda. Ealah ketika dicoba di rumah, asamnya bukan kepalang. Akhirnya saya bilang sudah nanti kita olah jadi orange squash saja, kan segar tuh, tinggal beli air sodanya saja.


jeruk ponkam jumbo

Nah akhirnya, ketika air soda sudah dibeli, air soda kalengan kemasan 330ml. Air soda ini bisa dengan mudah didapatkan di swalayan ya, jadi kandungan air soda ini hanya air dan gas CO2, tanpa tambahan apa-apa lagi. Cocok dicampur dalam minuman jenis apa saja, sebut saja minuman yang sampai sekarang tidak terlupakan oleh saya, soda gembira. Hmmmm ini minuman segar sekali deh, dulu itu kalau makan bakso di Surabaya, minumnya mesti soda gembira.

Eh tapi selama di Batam saya belum pernah minum soda gembira lagi lho, secara minuman ini tidak lazim di sini. Suatu saat ingin buat sendiri soda gembira ini. Nah yang lazim di Batam apalagi kalau bukan teh o-beng atau teh-o, he he he.  Dulu pertama kali ke Batam, sempat bingung, ada yang namanya teh o-beng, haiya teh yang bagaimana tuh? ealah ternyata hanya es teh manis, sedangkan teh-o itu adalah teh panas. Jadi di sini kalau kita pesan es teh manis, biasanya yang terima pesanan suka bingung, begitu bilang teh o-beng baru deh mengerti. 

Kembali ke orange squash ini, bahan-bahan membuatnya hanya terdiri dari jeruk ponkam, sirup gula (simple syrup), es batu dan air soda. Tidak banyak kan bahan-bahannya? Nah untuk takaran semua bahan sesuai selera ya...

Untuk sirup gulanya, saya gunakan yang jenis thick simple syrup, sirup gula yang cocok digunakan untuk membuat minuman dingin. Jadi hanya membuat sirup dengan campuran air dan gula dengan perbandingan 1 : 1 yang kemudian dididihkan hingga gula larut dan cairan bening. Untuk keterangan lain tentang sirup gula, silakan klik link simple syrup ya....

Okey deh, lanjut ke resep ya...silakan... (ini resep yang saya gunakan, silakan atur-atur sendiri takaran dan bahan jeruk yang digunakan, sesuaikan takaran simple syrup dengan tingkat keasaman jeruk)

Orange (ponkam jumbo) squash
untuk 3 gelas ukuran @450ml

Bahan :
  • 1 buah jeruk ponkam, peras airnya, jika suka bisa ambil butiran jeruknya juga
  • 2 kaleng air soda @ 330ml
  • es batu secukupnya
  • sirup gula (saya buat campuran 1/3 cup gula dicampur dengan 1/3 cup air lalu didihkan hingga gula larut, angkat diamkan hingga dingin)

Cara membuat :
  1. Di mangkuk ataupun jar, campur jus jeruk, butiran jeruk jika pakai dan air soda, sedikit demi sedikit tambahkan sirup gula sambil dicicipi sampai didapatkan rasa manis yang pas.
  2. Tambahkan es batu secukupnya, siap dihidangkan

resep ponkam jumbo squash


Nah semoga resep orange (ponkam jumbo) squash ini bisa bermanfaat ya, silakan berkreasi dengan jenis jeruk apa saja. Silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. O teh o mbak? Nah ini untungnya bapaknya sohie punya isteri yang bisa memasak segala hal, salah beli saja bisa di sulap sesuai dengan selera. Keren deh mbak,,, tapi aku bacanya pertamanya ikut merasakan asamnya mbak, asam banget :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas Anis, asem banget deh jeruknya...tapi suegerr setelah dibuat jadi minuman squash gini...he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.