Resep Bakpia Basah (Roti Pia)



resep bakpia basah

Wah entah kenapa neh, kok saya jadi blogging blue, ahai...kelamaan liburan kali ya..tapi sayang juga kalau blog ini dianggurin, jadinya saya tetap posting resep saja deh, resep kali ini adalah resep bakpia basah atau roti pia kacang hijau. Kalahkan rasa malas mengetik, rasa malas mengedit gambar, (walaupun hanya memberi watermark, mengecilkan ukuran gambar, beri sentuhan exposure) dan kalahkan rasa malas klik klik mouse, he he he... 

Bakpia basah ini saya buat kemarin, nah tadinya memang resep ini termasuk resep yang sudah lama sekali saya bookmark dari blognya mba Rina Audie-Dapur Manis. Selama ini tertunda terus mau buat bakpia basah ini, biasalah ya kalau sudah banyak resep-resep di bookmark list, sukanya ya ngendon saja, jadi resep yang lama-lama kadang terlupakan.

Sampai akhirnya ada yang kirim pesan melalui fb, menanyakan resep bakpia basah ini, nah saya katakan saya belum pernah buat bakpia basah, kalau mau silakan googling, bahkan saya ajukan resep di blognya mba Rina, secara setelah saya baca lagi, resepnya sangat mudah diikuti, bahkan untuk pemula sekalipun. Saya katakan silakan siapkan bahan dan ikuti persis seperti di resep. 

Tapi kurang afdol ya rasanya kalau saya tidak mencoba sendiri, secara memang resep bakpia basah ini sudah lama ingin saya eksekusi. Jadinya karena semua bahan sudah ada di dapur, jadi dengan mudah tinggal saya eksekusi. Terima kasih mba Rina manis, resepnya sudah saya eksekusi dan berhasil dengan sukses, bakpia basahnya enak, lembut, kacang ijonya enak, dan tidak berasa, sudah berapa potong bakpia masuk perut hanya dalam waktu beberapa jam saja, ha ha ha...

Oh iya pada dasarnya saya mengikuti resep mba Rina plek, kecuali air rebusan kacang hijau tidak saya saring, secara sedikit sisanya, jadi pakai sekalian airnya supaya lebih mudah memblender kacang hijaunya. Selebihnya sama plek pakai resep bakpia basah mba Rina Audie - Dapur Manis.

Okey deh yang penasaran dengan resep ini, silakan ini dia saya tuliskan kembali, izin share resepnya di sini ya mba Rina....

Oh iya, ada juga neh resep yang mirip bakpia basah ini yang pernah saya buat, hanya isinya kacang merah dan buatnya juga tanpa oven, hanya pakai teflon, yang tertarik ini dia link resepnya : roti gepeng kacang merah.

Bakpia Basah

Bahan isi :
  • 125 gr kacang hijau
  • 500 ml air
  • 50 gr gula merah
  • 25 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk ( atau gunakan 2 lembar daun pandan )
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat :
  1. Cuci kacang hijau, rebus air sampai mendidih, masukkan kacang hijau, matikan api. Biarkan semalam dalam kondisi panci tertutup (saya diamkan selama 12 jam). Keesokan harinya rebus kacang hijau sampai empuk tanpa mengganti airnya, saring dan tiriskan (saya tidak saring karena airnya sisa sedikit)
  2. Blender kacang hijau sampai halus. Tuang ke dalam wajan atau panci. Masukkan gula merah, gula pasir, vanili, dan garam. Masak sampai kering dan kalis. Matikan api.
    cara membuat isi bakpia basah
  3. Masukkan minyak goreng, aduk rata. Biarkan dingin. Setelah dingin bagi menjadi 30 bagian dan bulatkan.
    resep isi roti pia

Bahan Kulit :
  • 250 gr terigu protein sedang (misal merk segitiga biru)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1/2 bungkus ragi instan (kurang lebih 5.5 gr)
  • 125-150 ml air hangat (penggunaan air tergantung kelembaban tepung, saya hanya gunakan 125ml)
  • 2 sendok makan margarin
  • 1/4 sendok teh garam halus

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah mangkuk ukuran cukup besar masukkan terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata, cukup gunakan sendok. Masukkan air sambil diuleni sampai rata dan lembab. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis (tidak lengket ditangan).
  2. Fermentasikan adonan di tempat hangat selama kurang lebih 45 menit. Siapkan loyang beroles margarin.
    cara membuat bakpia basah
  3. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 30 bagian, kalau mau sama besar, timbang adonan besar, hasilnya dibagi 30, maka adonan kecil kurang lebih seberat 15gr. 
  4. Bulatkan adonan asal saja, letakkan di tempat bertabur tepung tipis, lakukan sampai selesai. Ambil satu bulatan yang pertama kali dibulatkan, tipiskan dengan tangan lalu beri bulatan kacang hijau, tutup adonan, bulatkan dan pipihkan. Letakkan di atas loyang. Beri jarak diantaranya karena kue akan sedikit mengembang. Lakukan hingga selesai, diamkan selama 15 menit.
    cara membuat bakpia basah
  5. Sementara itu panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius. Panggang selama 10 menit. Keluarkan dari oven, balik kuenya. Panggang lagi selama 5 menit. Angkat dan dinginkan.
    bakpia basah roti pia

Nah semoga resep bakpia basah atau roti pia kacang hijau ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...

resep mudah bakpia basah

Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Wuih edyan,,,, mbak, sampean bakat banget lho mbak masalah masak - memasak,,,, niru masakan apasaja selalu berhasil,,, lut sa aku mbak, eh maksudnya salut,,, mbok buka toko atau semacamnya gitu mbak, ntar kalau aku ke Batam kan bisa nyipin dan gratis, hahahaha.... siplah mbak,,, mungkin mbak Monic nunggu postingan di blognya sampai 1000 artikel mungkin terus baru buka toko tentang makanan,,,, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha mas Anis bisa aja...lah kalau hobi ya dilakoni mas...jadinya semangat mencoba berbagai macam resep..puas kalau sudah coba buat sendiri..
      he he he...mungkin ya mas, nunggu 1000 artikel baru tergerak mau buka usaha makanan...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.